Science | 30 March 2023

Lubang hitam terbesar TON 618 masih memegang rekor



Lubang hitam terbesar TON 618
Memiliki massa yang tidak dapat di perkirakan, antara 66 miliar massa matahari, sebelumnya disebut 40 miliar lebih besar dari matahari.
Memiliki radius 1000 AU, atau memiliki akresi seperti piring, dengan lebar 1000x Bumi ke Matahari.
Berada 18,2 miliar tahun cahaya dari Bumi, letak konstelasi bintang Canes Venatici dan Coma Berenices.
Pertama kali di observasi tahun 1957, tapi tim astronom yang mengunakan peralatan observasi Tonantzintla tidak tahu benda tersebut apa.

Penelitian lain mengunakan teleskop radio, dan diketahui disana terdapat quazar lubang hitam TON 618.
Quazar sebuah jejak radiasi yang dikeluarkan sebuah benda supermasif, tapi bendanya sendiri tidak dapat terlihat. Yang pasti itu adalah jejak dari adanya lubang hitam besar.

Tahun 1970 teleskop radio di Bologna menemukan emisi sinyal TON 618.
Mengindikasikan adanya sebuah quazar / kuasar, dengan warna ungu tajam dan masuk dalam daftar nomor 618 katalog Tonantzintla.

Marie Helene Ulrich mendapat spektrum yang mengindikasi spektrum optik TON 618 berasal dari sebuah obnjek yang sangat jauh.
Dan masuk sebagai quazar paling terang.

Quazar TON 618 dipercaya sebagai jejak sebuah cakram akresi atau garis panas di luar sebuah objek yang mengelilingi sebuah lubang hitam supermasif.
Cahaya tersebut berasal dari 10,5 miliar tahun dengan pergeseran Redshift 2,219
Gambara pertama perbandingan massa lubang hitam sendiri TON 618 setara isi total galaksi Triangulum beserta semua bintang.
Gambar kedua dibawah didapat teleskop Sloan Digital Sky Survey, menunjukan sebuah titik berawarna biru sebagai Quazar.



Lubang hitam terbesar TON 618 66 miliar massa matahari



Lubang hitam galaksi Holm 15A

Berada di gugus galaksi Abell 85, sebagai gugus galaksi paling terang bila di amati dari Bumi.
Kelompok galaksi Abell 85 berada di konstelasi Cetus, letaknya di belahan utara dan selatan. Pertama yang mengamati adalah Astronom Swedia Erik Bolmber tahun 1937

Galaksi Holm 15A terlihat luput di teliti lebih lanjut. Baik oleh teleskop Hubble dan teleskop di darat.
Walau jarak galaksi ke Bumi hanya 700 juta tahun cahaya


Apa yang mengejutkan dengan galaksi Holm 15A kata Klanusch Mehrgan dari institusi Max Planck Jerman.
Dari pengamatan, inti galaksi terlihat redup tapi bagian luarnya cerah. Bagaimana bisa terjadi.

Mehrgan bersama rekan meneliti lebih lanjut dari data teleskop VLT dimana ada 4 teleskop dapat bekerja bersamaan.
Mereka ingin mencari jawaban, mengapa bagian tengah galaksi tersebut lebih redup, dan melakukan simulasi.
Sampai dipastikan terbentuknya galaksi Holm 15A, berasal dari 2 tabrakan galaksi muda. Sedangkan bagian yang redup tersebut adalah lubang hitam yang sangat besar, termasuk aktivitas yang memakan bintang bintang di dalam galaksi itu sendiri.

Perkirakan konservatif saja, ukuran lubang hitam di tengah galaksi Holm 15A mencapai massa 40 miliar matahari.
Bandingkan dengan inti galaksi kita yang disebut Sagitarius A hanya 4 juta kali massa matahari.

Yang lebih hemat, inti galaksi disana memecahkan rekor baru, bahkan melompat 2x lebih besar dari penemuan sebelumnya.
Awal tahun 2019, para astronom meneliti ulang dengan 8 teleskop radio. Dan membentuk teleskop seluas bumi.
Lubang hitam yang diteliti menghiasi pemetaan dari teleskop radio sekitar 18 (kurang lebih 3,7) microarcsecond

Gambar dibawah ini mengunakan teleskop Chandra X-ray dan gambar R-Band

Galaksi Holm 15A lagi lubang hitam terbesar ditemukan 2019

Lubang hitam Abell 1201 BCG Maret 2023

Tim astronom Inggris membuat penemuan besar, kali ini menemukan sebuah efek gravitasi lensa dari ruang angkasa, yang disebabkan sebuah lubang hitam raksasa.
Diperkirakan lubang hitam di pusat galaksi Abell 1201 BCG yang berada di gugus galaksi Abell 1201. Jarak ke Bumi 2,7 miliar tahun cahaya.

Tim astronom Durham mengunakan teknik berbeda dengan simulasi perhitungan supercomputer DiRAC Cosma8.
Membuat simulasi ratusan dan ribuan simulasi perjalanan cahaya dan mencocokan dengan model yang ditangkap dari data teleskop Hubble.
Dari hasil perhitungan, lubang hitam Abell 1201 BCG memiliki massa 30 miliar matahari.
Satu satunya batas dari massa lubang hitam terbesar yang ditemukan dengan teknik lensa gravitasi.
Walau belum mengalahkan massa lubang hitam yang 2x lebih besar.

Abell 1201 BCG Maret 2023 lubang hitam terbesar ditemukan 2023





Lubang hitam terbesar di galaksi NGC 4889 - Februari 2016

Di jantung sebuah galaksi NGC 4889 terdapat salah satu lubang hitam terbesar yang pernah ditemukan.

Terlihat ditengah galaksi tersebut seperti bola terang. Foto dari Hubble dari sebuah galaksi dengan nomor NGC 4889 ini cukup mengejutkan

Dimana sebuah bola putih menyala terang dengan latar belakang hitam dari bintang. Galaksi NGC 4889 berada di kelompok galaksi Coma Cluster.

Galaksi tersebut memiliki jarak 300 juta tahun cahaya dari Bumi. Di sekitar wilayah tersebut dapat ditemukan kelompok 10 ribuan galaksi bila di lihat dari Bumi. Membuat area ini memang padat dengan galaksi yang lahir bersama sama di daerah yang sama.

Bentuk galaksi ditandai dengan bola putih dari foto tersebut, sebenarnya bentuk sebuah galaksi raksasa berbentuk elips.

Ditengah galaksi terdapat sebuah lubang hitamg, diperkirakan memiliki ukuran massa 21 miliar kali matahari kita.

Berdasarkan ukuran lubang hitam tersebut, dapat diperkirakan batas horizon atau jarak dari pusat lubang hitam tersebut berada. Tim peneliti Nasa memperkirakan batas garis cakrawala disana memiliki diamter 30 miliar km.

Jarak tersebut sama seperti 15x diamter orbit planet Neptunus ke matahari. Artinya lubang hitam tersebut jauh lebih besar dibanding lubang hitam ditengah galaksi kita sendiri. Black Hole di Bima Sakti diperkirakan memiliki masa 4 juta kali. Bandingkan dengan massa lubang hitam disana mencapai 21 miliar matahari

Black hole tersebut terlihat sudah tertidur atau memasuki masa tangan dan stabil. Terlihat dari keberadaan bintang disekitarnya tampak stabil.

Ketika sebuah lubang hitam aktif, dahulunya pembentukan lubang hitam disana menarik debu dan gas ke tengah galaksi. Begitu kuatnya gravitasi lubang hitam dapat memancarkan panas jutaan derajat, dan melepaskan energi besar. Sekarang proses tersebut terlihat sudah berhenti, tapi bisa saja kembali aktif di masa mendatang.

Foto daerah di sekitar NGC 4889

Galaksi NGC 4889 satu lagi lubang hitam terbesar ditemukan

Dibawah ini update video dari Nasa pada Februari 2016. Letak galaksi dengan lubang hitam terbesar yang pernah ditemukan


Artikel Lain

Peneliti menemukan bintang yang disebut baru. Bintang dapat terlihat kadang lenyap dari pengamatan teleskop. Disebut bintang Old Smoker, diduga bintang tipe raksasa merah / super red giant star mengeluarkan gas dari bintangnya, dan menutup cahayanya.

Tim astronomi MaxPlanck menemukan struktur terbesar di dalam galaksi kita. Maggie memanjang sampai 1.500 tahun cahaya dalam bentuk gas. Big Ring dan Giant Arc lebih besar lagi.



Bintang 8 Ursae Minoris memasuki tahap kehancuran, tapi satu planet Bintang 8 Ursae Minoris b masih tetap ada disana. Mengapa planet tersebut tidak ditelan oleh bintang induknya sendiri. Teori kuat dari astronomi memperkirakan ekpansi bintang berhenti, menjadi pertanyaan kedua mengapa.

Galaksi NGC 5068 memiliki keunikan sebagai galaksi spiral palang. Di dalam galaksi terdapat dua usia bintang berbeda. Dan yang paling muda muncul di bagian lengan melintang. Diperkiraan usia bintang baru di bagian palang tersebut baru 2 miliar tahun, dibanding usia galaksinya sendiri yang jauh lebih tua.

Lubang hitam adalah nama kehancuran, apa yang ada akan ditelan. Kali ini lubang hitam memiliki dampak positif. Ketika sebuah lubang hitam terlempar dari galaksi induknya, tapi menarik gas di kosmos. Apa yang terjadi malah membentuk bintang bintang baru.

Ditemukan kemungkinan lubang hitam terdekat ke Bumi. Lubang hitam Gaia BH-1 dikonfirmasi jarak hanya 1.600 tahun cahaya. Black Hole HR-6819 hanya berjarak 1000 tahun cahaya ke Bumi. Kedua lubang hitam BH2, V616 Mon sistem biner, Cygnus X-1 yang juga sistem biner. Mengapa ada kata biner

2 lubang hitam di galaksi UGC4211 terbentuk dari tabrakan dua galaksi. Umum lubang hitam biner tidak aktif sebelum mencapai tahap akhir untuk bergabung. Tapi di 2 lubang tersebut terlihat aktif. Ilmuwan melihat hal tidak biasa, dengan jarak hanya 750 tahun cahaya di antara keduanya dan masih terus melahap isi galaksi keduanya.



Satu kejadian disebut AT2021ehb, astronom menemukan lubang hitam supermasif menghancurkan sebuah bintang tanpa perlu menelan. Gas dari bintang langsung ditarik dan bintang tercabik sampai hancur Kejadian ini membuat astronom bertanya, mengapa tidak muncul jet di kutub lubang hitam. Dan gas dari bintang yang hancur langsung berputar sebagai corona.

Tim astronom sedang mencari Black Hole kelas supermasif kedua terdekata, setelah lubang hitam di inti galaksi kita Sagitari. Kemungkinan satu lagi hanya 800 ribu tahun cahaya. Di galaksi kerdil Leo 1 kemungkinan ada sebuah lubang besar supermasif yang bersembunyi. Sekarang mulai diteliti oleh tim internasional.

Membayangkan kekuatan dan ukuran lubang hitam, kekuatannya sama seperti bumi dipadatkan menjadi seukuran kacang. Sejauh ini ada beberapa lubang hitam terbesar, sebesar apa benda tersebut. Peneliti mengatakan jumlahnya banyak mencapai jutaan lubang hitam di galaksi kita.

Nasa menerjemahkan suara yang berasal dari area gugus galaksi Perseus. Suara lubang hitam tidak dapat didengar langsung, tapi tertangkap oleh teleskop ruang angkasa Chandra X-ray. Asal suara dengan nada rendah tersebut ditingkatkan agar dapat diterjemahkan dan didengar oleh telinga manusia

Radiasi sinar X ditemukan di tengah galaksi Bima Sakti. Sebuah bintang S2 bergerak sangat cepat mengorbit ke lubang hitam. Mencapai 3% kecepatan cahaya. Tahun 2020 ada 2 bintang lain juga bergerak lebih cepat lagi, bintang S6 dan 4714 lolos dari lubang hitam. Tahun 2022 bintang S4716 orbit tercepat mengitari Black Hole

Lubang hitam tidak hanya terkait inti galaksi. Atau bintang raksasa yang meledak dan mati sampai membentuk dirinya menjadi lubang hitam. Peneliti mendapatkan lubang hitam terkecil. Yang massanya setara 3,3 kali lebih besar dari Matahari. Jumlah di galaksi kita sekitar 100 juta lubang hitam.

Mengapa objek di ruang angkasa dapat muncul 2-3 kali di tempat yang sama, objek sama muncul kembali 16 tahun kemudian. Distorsi gravitasi Black Hole, dapat membelokan cahaya. Sekarang diketahui penjelasan matematika, cahaya terbukti tidak hanya berbelok, tapi dapat berputar.



Apa yang terlihat ketika sebuah lubang hitam aktif mengkonsumsi sesuatu yang besar. Peneliti mengolah data ketika lubang hitam aktif dan memakan bintang. Yang terlempar dari lubang hitam MAXI J1820 + 070 yang tertangkap. Radiasi sinar X-ray yang kuat, disusul hitungan mili detik muncul plasma keluar dari kutub lubang hitam.Data pertama aktivitas Black Hole yang aktif diolah sebagai gambar visual.



Youtube Obengplus

Trend