Error App Not Installed Android TV bila install APK tidak bisa di install


   Software | 22 June 2022


Install APK di Android TV error App Not Installed

Install aplikasi akan muncul App Not Installed, atau aplikasi tidak dapat di install

Bila kita mencoba memodifikasi file, biasanya tidak masalah.
Tiba tiba file yang disimpan, dan aplikasi APK yang ingin di install tidak dapat di install.

Tidak semua aplikasi, hanya aplikasi tertentu, mungkin kita butuh install sendiri.
Kita mungkin bertanya, mengapa aplikasi lain bisa sedangkan aplikasi ini sebelumnya bisa, tapi sekarang tidak bisa di install.
Walau mengunakan beberapa versi sudah dicoba.
Ketika aplikasi dari Play Store di Install, awalnya aplikasi bekerja.

Lucunya, di perangkat Android TV lain, tidak masalah.
Baik di Install dengan APK dari internal memory, serta menginstall dari Play Store Android TV

Awalnya kita sering menyimpulkan Android TV tidak kompatibel, kehilangan fitur hak untuk menayangkan / bekerja di Android TV kita sendiri.

Seperti tampilan dibawah ini, keterangan Error App not Installed

Tidak bisa install APK App Not Installed

Tidak perlu berputar terlalu jauh, kata hematnya.
Bila kita menginstall aplikasi mobile Android ke Android TV. Error diatas bisa saja tampil.
Untuk memperbaiki App not installed hanya memerlukan setting tersendiri.

Setting keamanan dari Android TV atau Google TV

Install di Android TV berbeda dengan Android smartphone

Menginstall APK file yang kita simpan di internal memory membutuhkan 2 setting sederhana untuk membuka ijin install.
Caranya, masuk ke bagian Setting
Lalu ke Security & resctrictions

Agar bisa install APK di Android TV

Android TV memiliki ijin dan pemeriksaan dari Google

Unknown Sources
Artinya kita mengijinkan untuk menginstall aplikasi dari luar Play Store.
Baik dari sumber download APK, atau file yang kita simpan dan di install sendiri.
Setting tersedia di Smarpthone Android dan Android TV.

Verify Apps
Ini bagian kedua, dapat di nonaktifkan sementara.
Fitur ini sebagai pengaman, bila aplikasi yang di install di duga berbahaya.
Verify Apps default aktif, bagian ini yang sering luput dan salah diartikan oleh kita.

Bagian Verify Apps membuat Android TV tidak dapat menginstall (menerima) semua aplikasi di install seperti biasa.
"Bila" sistem keamanan Android TV menditeksi kesalahan, berbeda versi, kapasitas storage tidak cukup atau hal lain.

Smartphone memiliki menu berbeda, berada di menu Check apps from external sources atau terintegrasi dengan Google Play Protect

Untuk install APK tanpa error Error App not Installed
Kedua menu Security & restrictions harus dibuka untuk mendapat ijin penguna Android TV dapat menginstall aplikasi.

2 setting enable dan disable

Setelah setting dibuka, aplikasi di Android TV dapat di install seperti biasa.



Tip lengkap dapat dilihat dalam video dibawah ini
Jadi bukan masalah APK file yang rusak, mungkin setting di Android TV yang lupa kita atur.




Mengapa Android TV atau Google TV juga memberi pengaman

Banyak hal, dari sistem keamanan, perbedaan kemampuan hardware Android TV dan Android Smartphone memerlukan penanganan berbeda.
Walau sistem proteksi baik di smartphone Android dan Android TV sekilas sama.

Google mulai Oktober 2023 memberlakukan pemeriksaan install APK baik dari Play Store atau di install sendiri secara Default.

Aplikasi yang bekerja di Android TV dirancang minimum, tidak mengunakan storage besar, tidak perlu aktif seperti aplikasi smartphone Android sepanjang hari.
Fungsi Android TV untuk menayangkan media hiburan, seperti nonton TV, Streaming video, tapi tidak menyimpan media.

Sebagai contoh, Android TV memiliki storage terbatas sekitar 4GB, 8GB.
Dibanding smartphone Android yang mencapai 64GB atau lebih.
Hal tersebut dapat mencegah penguna Android TV tidak menginstall aplikasi Mobile dan menghabiskan storage internal memory
Tentu saja kita dapat menambah storage dengan microSD atau Flash Drive sebagai ekternal memory.

Android TV umumnya tidak terpasang anti virus, walau kita dapat menginstall sendiri.

Walau kita sudah mengetahui cara install APK ke Android TV
Tetap berhati hati, khususnya aplikasi versi download diluar Google Play Store
Banyak file prorgram Android yang diberikan kelihatannya aman, belum tentu aman.

Saran, selalu memeriksa file APK sebelum diInstall, dengan memeriksa ke situs VirusTotal.com
Cukup sekali memeriksa, bila aman baru kita gunakan atau kita simpan.

Layanan pemeriksaan diberikan gratis.



Hal lain penyebab App Not Installed
Storage tidak tersedia, atau tidak cukup. Bila kita mencoba menginstall aplikasi, ternyata aplikasi mengunakan storage lebih besar.
Versi berbeda, tidak kompatibel dengan Android TV. Salah satu muncul error App Not Installed dan aplikasi tidak dapat di install langsung.
File yang di install rusak atau Corrupt.

Dapat ditambah microSD sebagai internal memory.


Artikel Lain

Google Android TV 14 tahun 2024 dibuat icon melingkar, memuat lebih banyak APp. Google TV 13, 32-128GB internal memory. Perusahaan perangkat dan pengembang diminta membuat berbasis AAB yang lebih kecil. Ada perbedaan antara Android TV vs desain baru Google TV.

Android TV dapat di setting ke Screen Saver sebelum masuk ke Sleep Mode. Tapi default Screen Saver hanya gambar pemandangan. Bagaimana menampilkan foto screen saver untuk perangkat Android TV atau SmartTV berbasis Android.



Amlogic S905X5 membawa teknologi Android TV lebih murah, mungkin lebih tepat Google TV. Tetapi telah mendukung tayangan video AV1 dan H266. Salah satu fitur menarik, bila memiliki TV 4K dapat mengunakan fitur Ai SR untuk upscale gambar.

Windows Defender 1.22 Mei 2024 Windows 10 dan Windows 11 menawarkan perlindungan PC, tetapi itu bukan sesuatu yang diinginkan semua orang. Menonaktifkan sementara Defender, ketika Microsoft Defender memberi peringatan salah, menu sulit di kontrol.

Aplikasi Downloader dikembangkan pertama tahun 2016, tapi tahun 2022 mulai di jegal oleh perusahaan TV. Akhirnya dikeeluarkan Google dari Play Store. Pengembang Downloader adalah Saba mantan dari Fire Stick Amazon, dan mengapa aplikasinya di keluarkan. Buktinya kurang jelas, tapi dia tahu alasannya

Xiaomi TV Box S model 2023 menjadi generasi ke 2. Perbandingan Xiaomi TV Box S Gen1 dan Gen2. Yang baru mengunakan OS Google TV untuk streaming seperti Disney+ atau Apple TV.

Rockchip RK3528 procesor untuk Android TV Box, sebagai perangkat hiburan. Menayangkan gambar sampai 8K 25 fps. Fitur baru mendukung Fast Ethernet dan WIFI 6 dual band. Di perangkat baru Android TV ini telah mendapat OS Android 13.



16 ponsel Xiaomi mendapat upgrade MIUI14. Upgrade pertama diberikan pada bulan Maret 2023. Tambahan fitur di MIUI, Xiaomi menyatukan sistem backup foto dan video dari apliasi MI Galerry ke Google. Penguna ponsel baru Xiaomi 13 mendapat layanan Google One Premium kapasitas 2TB untuk di coba.

Kalau smartphone lambat, bisa disebabkan perangkat yang aktif. Aplikasi Facebook masih bikin boros baterai smartphone. Ini masalahnya, kita tidak menyadari apa yang dilakukan aplikasi, khususnya kita menginstall terlalu banyak aplikasi. Tidak heran paket data, dan baterai smartphone terkuras.

Update Winrar versi 6.23+ agar aman. WinRAR memiliki kompresi file dengan algoritma khusus. Membuat kompresi file lebih kecil dibanding ZIP. FIle RAR dapat dibagi menjadi beberapa bagian untuk memudahkan memindahkan file. Dan mengelola ekstensi file RAR, ZIP, CAB, ARJ, LZH, ACE, TAR, GZip, UUE, ISO, BZIP2, ZST, ZIPX dan 7-Zip

Playstation 5 dirancang untuk gaming konsol. Tapi dapat di install aplikasi Netflix ke PS5. Masalahnya bukan untuk nonton, tapi pemakaian listriknya ngak kuat. Jauh lebih hemat dengan Android TV, Apple TV atau Chromecast. Xbox akan mendapat menu Sleep hemat power

TCL 6 tersedia dari ukuran kecil 55 inci sampai 85 inci. Produsen TCL yang mengambil teknologi Samsung, menawarkan TV dengan resolusi gambar 4K. Tersedia beberapa model dengan OS berbeda, dari Android TV, Fire TV OS dan Roku OS TV.

Google Chromecast 4K update Android 10 ke Android 12. Google Chromecast with Google TV FHD, tanpa mengurangi fitur Google Assistant. Model sebelumnya mendukung 4K HDR. Mengapa Google menurunkan tampilan sampai FHD 1080p. Harga untuk Chromecast with Google TV lebih murah

Memanfaatkan layar LCD TV menjadi monitor, tentu saja bisa. Karena di layar LCD TV terdapat port HDMI yang menghubungkan computer ke layar LCD TV, Android TV Box dan lainnya. Tetapi ada yang perlu di pertimbangkan bila LCD TV anda berukuran 32 inci. Rata rata menyebut HD TV, dengan kerapatan 1366 x 768 pixel. Lebih tinggi resolusi monitor FHD yang ukurannya hanya 24 inci.



Entah ada apa, Google terlihat mengejar pembaruan di perangkat Google TV dan mungkin termasuk Android TV lama. September 2021, Android TV Remote Service kembali di update. Dengan beberapa pembaruan pada perangkat smartphone dan SmartTV. Update tampil setelah Google TV diumumkan mendukung tayangan 30 lebih media termasuk media internasional.

Android TV umumnya hanya memiliki internal storage kecil. Karena dirancang untuk streaming video/gambar tanpa menyimpan. Bagaimana menambah kapasitas storage Android TV, agar bisa mendownload langsung ke memory microSD. Tekniknya seperti smartphone Android Internal Shared Storage

Bagaimana membalik semua tampilan gambar dari aplikasi Android tampil Landscape. Hal sederhana yang tidak terjadi di smarthphone Android. Tapi tidak nyaman di Android TV, STB dengan gambar horizontal. Aplikasi ini memutar semua aplikasi menjadi horizontal di TV



Youtube Obengplus

Trend