Struktur terbesar di alam semesta Big Ring Giant Arc dan Maggie gas


   Science | 12 January 2024


Big Ring dan Giant Arc 2024
Cincin berukuran 1,3 miliar tahun cahaya yang ditemukan mahasiswa PhD di Lancashire tampaknya menentang asumsi prinsip kosmologis

Big Ring / cincin besar memiliki diameter sekitar 1,3 miliar tahun cahaya, salah satu struktur terbesar yang pernah diamati.

Berjarak lebih dari 9 miliar tahun cahaya dari Bumi, terlalu redup untuk dilihat secara langsung, namun diameternya di langit malam setara dengan 15 bulan purnama.

Dari teori kosmologi saat ini, kami tidak berpikir bahwa struktur sebesar ini mungkin ada, kata Alexia Lopez, mahasiswa PhD di University of Central Lancashire, yang memimpin analisis.

Kedua disebut Giant Arc / busur raksasa, yang muncul tepat di sebelah Cincin Besar dan juga ditemukan oleh Lopez pada tahun 2021. Para ahli kosmologi menghitung batas ukuran teoritis struktur ini 1,2 miliar tahun cahaya, tetapi Cincin Besar dan Busur Raksasa, yang membentang diperkirakan 3,3 miliar tahun cahaya, sudah melanggar batas teori kosmologi.

Menariknya, kedua struktur tersebut berada pada jarak yang sama dari Bumi, dekat konstelasi Boötes the Herdsman.
Perkiraan tersebut mungkin keduanya terkait.

Cincin Besar ditemukan dengan data dari Sloan Digital Sky Survey (SDSS), sebuah katalog quasar jauh.

Objek-objek ini sangat terang sehingga dapat dilihat dari jarak miliaran tahun cahaya layaknya lampu raksasa di kejauhan, menerangi galaksi-galaksi yang dilewati cahayanya dan tidak akan terlihat jika ada struktur tersebut.

Lopez dan rekannya menggunakan beberapa algoritma statistik yang berbeda untuk mengidentifikasi potensi struktur berskala besar dan munculnya Cincin Besar.
Strukturnya tampak seperti cincin yang hampir sempurna di langit, namun analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa bentuknya cenderung seperti kumparan.

Para kosmolog tidak yakin mekanisme apa yang memunculkan struktur tersebut, atau bagaimana dapat terbentuk.
Perkiraan ada sejenis gelombang akustik di alam semesta ketika mulai terbentuk.
Disebut osilasi akustik baryonik, membentuk seperti cangkang berbentuk bola pada susunan galaksi saat ini.
Teori lain menyebut adanya string kosmik, terbentuknya struktur ketika materi mengumpal di sepanjang garis patahan skala besar.
Semakin sulit membayangkan untuk 2 teori pembentukan tersebut.

Big Ring dan Giant Arc 2024

Maggie filamen gas terbesar di galaksi Bima Sakti 2022
Elemen sebagai elemen hidrogen paling berlimpah dan terbanyak di alam semesta. Mungkin sulit untuk menditeksi kumpulan awan gas hidrogen di ruang antar bintang.



Tim astronom Max Planck tahun 2021 memberi laporan setelah melihat sesuatu yang unik.
Menditeksi kumpulan gas hidrogen dalam jumlah amat sangat besar masih ada di sekitar Bima Sakti.


Seperti sebuah struktur atom dan tim menyebut area Maggie.
Letaknya sekitar 55 ribu tahun cahaya dari Bumi.
Tapi disana terlihat seperti salah satu struktur terpanjang yang pernah di amati dari sisi dalam galaksi kita.

Studi yang menjelaskan temuan mereka, yang baru-baru ini dilampirkan dalam jurnal Astronomy & Astrophysics, dipimpin Jonas Syed, seorang Ph.D. mahasiswa di MPIA.

Grup dari universitas Astrofisika Harvard-Smithsonian, Max Planck, Heidelberg, Argelander, Indian Institute, Calgary serta tim Nasa yang dikenal JPL mempelajari bentuk gas yang sangat besar tersebut.

Penelitian mengambil data dari survei kombinasi atau proyek THOR, proyek yang mengandalkan teleskop radio VLA.
Proyek penelitian tersebut mempelajari awan molekuler untuk mencari jawaban apa yang membuat konversi atom menjadi molekul hidrogen,dan penelitian lain dari medan magnet galaksi sampai asal pembentukan bintang.

Mencari jawaban, bagaimana 2 isotop atom hidrogen dapat menciptakan awan padat dan menjadi asal lahirnya sebuah bintang besar.
Atom hidrogen H terdiri dari 1 proton dan elektron, tapi tidak ada neutron.

Elemen tersebut berkumpul sedemikian panjang dan dapat diabadikan dengan teleksop radio.

Maggie Structure

Rata rata awan molekuler terpanjang yang ditemukan 800 tahun cahaya.
Tapi area Maggie mencapai 3.900 tahun cahaya dan lebar 130 tahun cahaya.
Lokasinya berada dibawah garis orbit Bima Sakti.
Kecepatan gerakan elemen tersebut terlihat hampir tidak berbeda, sekitar 54km perdetik.

Sementara peneliti menyimpulkan terbentuknya awan gas tersebut secara bertahap mengembun dan membentuk molekul di sekitarnya dan memanjang mengikuti orbit galaksi.

Dimana garis galaksi yang diabadikan. Pastinya ada di atas langit setiap malam.



Beberapa objek di ruang angkasa dapat kita amati, seperti Orion Nebula adalah kumpulan debu dan gas, disana terbentuk bintang raksasa.


Artikel Lain

Sebuah tata surya baru IRS 23077 telah diamati sejak 2016. Tapi 2 tim peneliti melihat data baru, ini struktur tata surya terbesar yang baru lahir dan pernah diamati. Kesulitan melihat struktur ini, karena kemiringan sudut pengamatan di Bumi.

Teori tata surya terbentuk dari lahir awal lahirnya protoplanet, rata rata membutuhkan waktu sekitar 2 juta tahun untuk membentuk cincin. Penelitian terbaru, ditemukan beberapa beberapa tata surya yang sudah membentuk cincin dengan usia 300 ribu tahun, itu jauh lebih cepat.

Di jantung galaksi Holm 15A terdapat salah satu lubang hitam terbesar yang pernah ditemukan. Memecahkan rekor sebelumnya, bahkan 2x lebih besar yang ditemukan tahun 2016. Belum mengalahkan analisa jejak Quazar dari TON 618 sebagai lubang hitam terbesar dengan perkiraan massa 66 milliar matahari.

Westerlund 2 adalah kelompok bintang yang kompak, saling berdekatan dan jumlahnya mencapai 3000 bintang. Rata rata bintang disana memiliki usia sangat muda, antara 1-2 juta tahun. Sebagian besar adalah bintang dengan cahaya sangat panas, paling terang. sampai paling ukurannya paling masif. WR20a menjadi bintang biner terbesar yang diketahui sampai 2007.

Bila mendapatkan gambar dari teleskop Alma, bentuknya tidak seperti foto teleskop optik. Karena teleskop Alma adalah teleskop radio terbesar di ketinggian 5000 meter. Alma memiliki 66 antena presisi tinggi, terbesar dengan jarak 16km

Tempat dimana terlihat seperti titik cahaya ini  bukan kunang kunang, bahkan bintang. Tapi galaksi yang berkelompok disebut Super Cluter. Diperkirakan ditempat ini terdapat 10 juta x miliar matahari. Supercluster adalah struktur terbesar di alam semesta

Di tahun 2012 teleskop VLT akhirnya terdokumentasi dengan baik. Dan bintang terbesar di galaksi kita yang pernah ditemukan dan diukur adalah bintang UY Scuti.  Mengalahkan rekor ukuran bintang Betelgeuse, VY Canis Majoris dan NML Cygni, yang ukurannya juga sangat besar.

Benda antariksa terbesar berdasarkan kategori. Bumi pernah di tabrak  meteor seukuran 10km dan memusnakan dinosaurus. Bila asteroid Ceres berukuran 1000km nyasar ke bumi. Struktur terbesar dengan nama BOSS memanjang 1 miliar tahun cahaya. Kenyataannya ada yang sangat besar sekali.

Sinar gama adalah senjata terbesar di alam semesta. Diproduksi oleh peristiwa di antariksa seperti cahaya dari bintang meledak, semburan pulsar (bintang besar yang mati memancarkan cahaya radiasi), atau inti galaksi.

Blackhole sampai saat ini masih misteri dalam dunia astronomi, walau bulan April 2019 mulai terungkap. Benda yang besar, hitam, berada ditengah galaksi. Benda Blackhole atau lubang hitam adalah benda terbesar di sebuah galaksi. Terkadang tidak hanya satu tapi ada dua.



Youtube Obengplus


Trend