Blackhole dalam bentuk berbeda


   Science | 7 April 2014

Blackhole sampai saat ini masih misteri dalam dunia astronomi. Benda yang besar, hitam, berada ditengah galaksi.

Benda Blackhole atau lubang hitam adalah benda terbesar di sebuah galaksi.

Terkadang tidak hanya satu tapi ada dua. Bila benda raksasa ini berulah, ceritanya akan repot. Banyak hal menarik yang bisa dilihat dari ulah si Blackhole ini.

Bentuk galaksi M87 menunjukan aliran eletron meluncur seperti semprotan jet di raung angkasa. Kecepatannya setara kecepatan cahaya. Bila bentuk gambar seperti dibawah ini muncul, disamakan ada lubang hitamg sangat besar di titik kuning tersebut.





Mengunakan observasi Chandra, mengambil gambar galaksi M82 Ada 2 cahaya X-ray terlihat. Nasa memperkirakan ada 2 lubang hitam disana sedang mendekat. Satunya yang sangat besar, satu lagi bintang raksasa yang sudah mati. Keduanya saling berdekatan.



Gambar dibawah ini diperkirakan 2 lubang hitam sedang duel atau beradu. Foto dari X-Ray Chandra dengan kombinasi foto Hubble terlihat 2 lubang hitam saling berputar di antara keduanya. Dan masih terjadi sejak 30 tahun di observasi. Bila keduanya sudah mendekat dan bertemu, akan membentuk satu lubang hitam lebih besar lagi.



Yang ini berbeda, menurut Nasa di dalam ruang tanpa gravitasi. Bila satu benda tertarik oleh benda lebih besar. Ada 2 kemungkinan yang terjadi. Pertama benda tersebut akan tertarik gravitasi lalu jatuh ke dalamnya.

Kedua bila jaraknya tidak terlalu dekat, satu benda akan tertarik tapi terlempar seperti efek ketapel. Gambar dibawah ini diperkirakan ada 3 blackhole, satu black hole raksasa dan 2 bintang mati berada disana.



Foto dari teleskop Spitzer dan Hubble. Benda yang membentang ini mencakup 100 ribu tahun cahaya. Cahaya berwarna itu ditimbulkan oleh sebuah lubang hitam. Mungkin masanya sekitar 4 juta dari matahari. Benda tersebut berada di galaksi kita yang disebut Sagittarius A.



Gambar diatas adalah penemuan dari para astronom mengunakan teleskop khusus. Bentuk black hole sebenarnya masih diperdebatkan sampai saat ini.



Beberapa perbedaan dari Blackhole dengan benda lain di alam semesta.
  • Lubang hitam atau Black Hole adalah satu satunya benda di alam semesta yang dapat menangkap cahaya yang lewat melalui gravitasi black hole yang kuat dan tidak keluar lagi.
  • Blackhole dianggap sebagai jangkar atau pusatnya sebuah galaksi.
  • Pada satu titik atau cakrawala dii luar dari black hole terdapat satu jarak yang tidak boleh dilewati. Bila melewati garis yang disebut Point of No Return, maka semua benda tidak dapat lepas dan tertarik oleh kekuatan gravitasi yang luar biasa sampai masuk ke black hole.
  • Black hole tidak menghisap seperti gambaran yang diberikan secara umum. Benda ini hanya benda yang sangat besar, amat sangat padat sekali dan menghasilkan gravitiasi yang sangat kuat. Bila melihat black hole ukuran kecil, ketika menarik isi sebuah bintang raksasa didekatnya. Sebenarnya masa gas dari bintang tersebut terlalu dekat dan sebagian tertarik oleh gravitasi Black Hole. Bila jaraknya agak jauh, bintang akan aman pada posisinya.
  • Black hole bisa dibuat, tapi bagaimana memadatkan benda agar menjadi black hole. Misalnya bumi dipadatkan begitu kuatnya sampai seukuran kacang. Bumi akan berubah menjadi benda Black Hole.
  • Black hole walau disebut benda yang mengerikan dan ekstrem di alam semesta, tapi berjasa dalam membentuk alam semesta lain seperti galaksi dan kehidupan. Walau masih terbatas teori.

Astronom yang berkolaborasi akhirnya dapat menangkap citra dari black hole dan di umumkan April 2019. Walau baru melihat bagian Event Horizon, menjadi satu bukti bahwa lubang hitam memang ada.


Artikel Lain

Tim astronomi MaxPlanck menemukan struktur terbesar di dalam galaksi kita. Maggie memanjang sampai 1.500 tahun cahaya dalam bentuk gas. Big Ring dan Giant Arc lebih besar lagi.

ESA menyiapkan pesawat ruang angkasa Comet Interceptor. Bertugas mempelajari benda asing yang datang dari antar bintang, masuk ke orbit tata surya. Tidak hanya 1 tapi 3 pesawat disiapkan. mengingat Oumuamua asteroid besar dan mungkin masih banyak lagi



Bintang Antares sebagai bintang raksasa merah, memiliki atmosfer bintang yang melebar. Atmofer bintang dapat melbar mencapai radius 2,5x dari ukuran bintang setelah di teliti oleh 2 teleskop, dan angin bintang mencapai suhu seribu derajat ke planet Saturnus

Foto dari artisl Roberto Ziche memberikan gambaran lebih jelas sebesar apa matahari dan planet di tat surya. Ditambah 4 planet kerdil dari Pluto, Huamea, Makemake dan Eris.

Tetapi lubang hitam memainkan peranan penting bagi kehidupan, khususnya manusia. Blackhole akan melemparkan jet. Jet yang terlempar mungkin menghantam galaksi yang berdekatan, dan disana terciptalah bintang. Seperti kejadian di galaksi HE0450-2958 memiliki sebuah quasar

Satu lagi sebuah planet VP113 memiliki lebar 450km, menjadi planet terjauh telah ditemukan. Bahkan planet Sedna yang terakhir ditemukan mengelilingi matahari. Planet Sedna berada dibelakang Pluto, sekarang masih diteliti apakah masuk sebagai planet di tata surya

Matahari adalah bintang, Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya. Disusul nomor 2 planet Saturnus dengan cincin. Uranus dan Neptunus menjadi planet ke 3 dan 4 tidak sampai sepertiga ukuran Saturnus. Bagaimana dengan ukuran bumi.



Youtube Obengplus

Trend