Science | 16 January 2023

Galaksi UGC4211 dengan 2 lubang hitam yang lapar tidak seperti perkiraan ilmuwan


Di pusat sebagian besar galaksi terdapat satu monster: lubang hitam supermasif
Lubang hitam supermasif dengan massa jutaan atau bahkan miliaran kali massa matahari.

Lubang hitam seperti mahluk buas yang kesepian, biasanya duduk tepat di jantung galaksi, tetapi penelitian terbaru menemukan 2 monster ini terletak berdekatan di galaksi UGC4211.

Dua lubang hitam supermasif saling bertemu, dan berasal dari dua galaksi berbeda.
Galaksi UGC4211 yang kini bergabung menjadi satu, sebenarnya terbentuk dari 2 galaksi. Keduanya bertabrakan dan bergabung.
Masing masing galaksi miliki lubang hitam supermasif, dan sekarang kedua inti galaksi sebagai 2 black hole semakin berdekatan.

Galaksi terletak relatif dekat pada jarak 500 juta tahun cahaya dari Bumi dan berada di rasi Cancer.
Kedua black hole biner ini adalah salah satu objek terdekat yang pernah diamati.
Kedua lubang hitam tersebut terus mendekat, dan sekarang diperkirakan hanya berjarak 750 tahun cahaya.
Bila galaksi kita Bima Sakti memiliki lebar 100.000 tahun cahaya, dan tata surya kita, sepeti bumi dan matahari berjarak 26.000 tahun cahaya ke titik tengah galaksi.
Jadi kedua lubang hitam di galaksi UGC4211 sudah amat dekat.

Kiri gambar optik, kanan ilustrasi dari 2 lubang hitam biner yang aktif membentuk akresi dengan piring cakram panas.

Galaksi UGC4211 dengan 2 lubang hitam

Para ilmuwan yang menggunakan Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) untuk melihat lebih dalam ke jantung biner dari penggabungan galaksi UGC 4211.



Menjadi kandidat untuk dipelajari ketika tahap akhir pengabungan 2 galaksi menjadi satu.
Mengunakan teleskop radio ALMA dengan gelombang 1,4mm yang sensitif.
Mendapatkan data lebih lengkap bagaimana di dalam galakasi  tersebut.
Cahaya yang tertangkap terbentuk dari akresi materi di sekitar lubang hitam, seakan keduanya rakus melahap sebagian isi galaksi yang ada di dekatnya.

Ilmuwan mengatakan ini lubang hitam yang lapar, karena pasangan ini bertambah besar.
Itu mengejutkan para ilmuwan, karena mereka kira telah menemukan lubang hitam biner yang lebih tenang.

Simulasi menunjukkan bahwa sebagian besar populasi lubang hitam biner di galaksi terdekat, banyak yang tidak aktif, tapi tidak dengan dua lubang hitam yang terus tumbuh seperti yang kami temukan,” jelas penulis utama Michael Koss.



Bisa saja aktivitas biner lubang hitam yang dekat seperti ini sebenarnya cukup umum di alam semesta.
Penelitian ini juga relevan dengan galaksi kita sendiri, Bima Sakti
Ketika nanti galaksi kita akan menabrak galaksi Andromeda dalam waktu sekitar 4,5 miliar tahun.
Bisa saja penggabungan galaksi UGC4211 memberikan gambaran seperti apa proses yang terjadi juga terjadi di Bima Sakti dan Andromeda.

Pengamatan dengan teleeskop radio ALMA, merupakan rangkaian teleskop berbasis darat yang mengamati panjang gelombang radio.
Para peneliti menggunakan data dari sumber lain seperti teleskop Hubble berbasis ruang angkasa yang mengamati panjang gelombang cahaya tampak, dan sinar-X. instrumen yang memberikan pandangan dengan analisa lain.

Galaksi UGC4211 dengan 2 lubang hitam

Setiap panjang gelombang dari teleskop, memberi informasi berbeda.” kata rekan penulis Ezequiel Treister.
Teleskop optik berbasis darat menunjukkan kepada kita seluruh penggabungan galaksi, Hubble menunjukkan kepada wilayah nuklir resolusi tinggi. Pengamatan sinar-X mengungkapkan bahwa setidaknya ada satu inti galaksi aktif dalam sistem.
Terleskop radio ALMA menunjukkan kepada lokasi yang tepat dari dua lubang hitam supermasif yang tumbuh dan lapar ini.

Gabungan data ini memberi gambaran bagaimana sebuah galaksi bergabung, dan apa yang terjadi di tengah galaksi setelah bergabung.
Termasuk nasib galaksi kita di masa depan.


Artikel Lain

Lubang hitam adalah nama kehancuran, apa yang ada akan ditelan. Kali ini lubang hitam memiliki dampak positif. Ketika sebuah lubang hitam terlempar dari galaksi induknya, tapi menarik gas di kosmos. Apa yang terjadi malah membentuk bintang bintang baru.

Ditemukan kemungkinan lubang hitam terdekat ke Bumi. Lubang hitam Gaia BH-1 dikonfirmasi jarak hanya 1.600 tahun cahaya. Black Hole HR-6819 hanya berjarak 1000 tahun cahaya ke Bumi. Kedua lubang hitam BH2, V616 Mon sistem biner, Cygnus X-1 yang juga sistem biner. Mengapa ada kata biner



Di jantung galaksi Holm 15A terdapat salah satu lubang hitam terbesar yang pernah ditemukan. Memecahkan rekor sebelumnya, bahkan 2x lebih besar yang ditemukan tahun 2016. Belum mengalahkan analisa jejak Quazar dari TON 618 sebagai lubang hitam terbesar dengan perkiraan massa 66 milliar matahari.

Satu kejadian disebut AT2021ehb, astronom menemukan lubang hitam supermasif menghancurkan sebuah bintang tanpa perlu menelan. Gas dari bintang langsung ditarik dan bintang tercabik sampai hancur Kejadian ini membuat astronom bertanya, mengapa tidak muncul jet di kutub lubang hitam. Dan gas dari bintang yang hancur langsung berputar sebagai corona.

Tim astronom sedang mencari Black Hole kelas supermasif kedua terdekata, setelah lubang hitam di inti galaksi kita Sagitari. Kemungkinan satu lagi hanya 800 ribu tahun cahaya. Di galaksi kerdil Leo 1 kemungkinan ada sebuah lubang besar supermasif yang bersembunyi. Sekarang mulai diteliti oleh tim internasional.

Membayangkan kekuatan dan ukuran lubang hitam, kekuatannya sama seperti bumi dipadatkan menjadi seukuran kacang. Sejauh ini ada beberapa lubang hitam terbesar, sebesar apa benda tersebut. Peneliti mengatakan jumlahnya banyak mencapai jutaan lubang hitam di galaksi kita.

Nasa menerjemahkan suara yang berasal dari area gugus galaksi Perseus. Suara lubang hitam tidak dapat didengar langsung, tapi tertangkap oleh teleskop ruang angkasa Chandra X-ray. Asal suara dengan nada rendah tersebut ditingkatkan agar dapat diterjemahkan dan didengar oleh telinga manusia



Radiasi sinar X ditemukan di tengah galaksi Bima Sakti. Sebuah bintang S2 bergerak sangat cepat mengorbit ke lubang hitam. Mencapai 3% kecepatan cahaya. Tahun 2020 ada 2 bintang lain juga bergerak lebih cepat lagi, bintang S6 dan 4714 lolos dari lubang hitam. Tahun 2022 bintang S4716 orbit tercepat mengitari Black Hole

Lubang hitam tidak hanya terkait inti galaksi. Atau bintang raksasa yang meledak dan mati sampai membentuk dirinya menjadi lubang hitam. Peneliti mendapatkan lubang hitam terkecil. Yang massanya setara 3,3 kali lebih besar dari Matahari. Jumlah di galaksi kita sekitar 100 juta lubang hitam.

Mengapa objek di ruang angkasa dapat muncul 2-3 kali di tempat yang sama, objek sama muncul kembali 16 tahun kemudian. Distorsi gravitasi Black Hole, dapat membelokan cahaya. Sekarang diketahui penjelasan matematika, cahaya terbukti tidak hanya berbelok, tapi dapat berputar.

Bintang ketika melintas ke lubang hitam supermasif, apa bernasib sama dan hancur. Simulasi supercomputer menunjukan hal berbeda. Ada faktor yang mempengaruhi sebuah bintang akhirnya total dihancurkan gravitasi lubang hitam, tapi bintang dapat bertahan dan kembali seperti biasa.

Apa yang terlihat ketika sebuah lubang hitam aktif mengkonsumsi sesuatu yang besar. Peneliti mengolah data ketika lubang hitam aktif dan memakan bintang. Yang terlempar dari lubang hitam MAXI J1820 + 070 yang tertangkap. Radiasi sinar X-ray yang kuat, disusul hitungan mili detik muncul plasma keluar dari kutub lubang hitam.Data pertama aktivitas Black Hole yang aktif diolah sebagai gambar visual.

Beberapt tahun ini dibangun beberapa teleskop radio. Tapi bukan mencari sinyal alien, melainkan mendapatkan adanya sinyal frekuensi 21cm. Yang berasal dari sinyal sebelum pembentukan galaksi pertama, sinyal bersumber dari 13 miliar tahun lalu jauhnya dari Bumi. Mendapatkan sinyal dari bintang generasi pertama dimana benda Black Hole sebagai materi padat belum ada di awal alam semesta. Lalu untuk apa



Youtube Obengplus

Trend