Green | 7 August 2024

Mobil cool paint cat putih lebih sejuk hemat AC

Nissan Cool Paint for car EV

Nissan menguji cat otomotif baru dengan teknologi "Cool Paint".
Cat baru ini membantu menjaga mobil tetap dingin, terutama terpapar sinar matahari dalam waktu lama.

Nissan mengklaim teknologi cat otomotif baru

Dampak dengan cat khusus ini, mampu mengurangi suhu permukaan eksterior mobil hingga 12 °C (diluar kendaraan).
Dan suhu sekitar interior hingga 5 °C lebih rendah.

Cat pendingin untuk memantulkan radiasi cahaya matahari bukanlah hal baru (telah digunakan pada bangunan), tetapi cat pendingin kelas otomotif merupakan hal baru.
Mengingat cat kendaraan mengunakan bahan berbeda, lebih tahan gores, cuaca seperti panas dan dingin. Cat harus lebih kuat dibanding cat rumah.

Teknologi utama dalam cat dingin baru ini mengunakan 2 partikel mikrostruktur yang bereaksi terhadap cahaya:

Partikel pertama memantulkan sinar inframerah sinar matahari yang biasanya menyebabkan getaran tingkat molekuler dalam resin cat tradisional sehingga menghasilkan panas.

Partikel kedua menciptakan gelombang elektromagnetik, untuk menangkal sinar matahari, mengalihkan energi yang memapaparkan di kendaraan memantul ke atmosfer.

Jika digabungkan, kedua jenis partikel ini mengurangi perpindahan panas ke permukaan seperti atap, kap mesin, pintu, dan panel.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cat pendingin radiatif bukanlah teknologi baru.
Bahkan, cat ini sudah digunakan pada bangunan dan diaplikasikan melalui rol cat.

Tantangan bagi Nissan membuat cat pendingin dengan mutu otomotif.


Memastikan cat tersebut dapat memiliki lapisan atas yang bening, dapat diaplikasikan melalui semprot.
Juga tidak meninggalkan residu kapur, dan memenuhi standar internal Nissan yang ketat terkait kualitas cat.

Nissan mengembangkan cat bersama Radi-Cool, spesialis produk pendingin.
Proyek ini bagian dari upaya Nissan untuk menciptakan inovasi berbeda dan memberdayakan mobilitas serta membantu menciptakan masyarakat yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Manajer Senior dan Pakar Laboratorium Material dan Pemrosesan Mutakhir Pusat Penelitian Nissan, Dr. Susumu Miura, memimpin pengembangan cat tersebut.
Ia berkata, Mimpi saya adalah menciptakan mobil yang lebih dingin tanpa mengonsumsi energi.
Ini sangat penting di era EV, di mana beban dari AC yang menyala di musim panas berdampak besar pada status pengisian daya.

November 2023, Nissan memulai uji coba kelayakan selama 12 bulan di Terminal Udara Internasional Tokyo di Haneda.
Bekerja sama dengan Japan Airport Terminal Co., Ltd., Radi-Cool Japan, dan layanan bandara All Nippon Airways (ANA).

Cat dingin Nissan telah diaplikasikan pada kendaraan dinas Nissan NV100 yang dioperasikan layanan bandara All Nippon Airways (ANA).


Artikel Lain

Tidak hanya Eropa, negara di Afrika mengambil langkah pasti mengunakan energi terbarukan. Nigeria dengan jumlah penduduk terpadat di Afrika, melakukan subsidi kendaraan listrik dalam negeri, infrastruktur pengisian, pembiayaan yang ringan bagi pemilik kendaraan. Semua aturan menguntungkan dan di kebut untuk dekarbonisasi

Yangwang U9 mobil supercar tenaga listrik, pengujian 375km perjam dalam tes. Harga separuh Ferrari, mengisi baterai 80% hanya 10 menit. Desain cockpit kendaraan disebut smart. Kekuatan 4 motor listrik total 1200hp

Peneliti Fraunhofer Institute for Solar Energy Systems ISE Jerman, mengatakan listrik energi terbarukan jauh lebih murah. Untuk skala sebuah negara, efektif pembangkit listrik dapat dibuat fleksibel. Kebalikannya pembangkit solar dan angin menjadi pembangkit utama dan layak untuk investasi

Panel perovskite solar sel dibuat tandem. Kita sering mendengar panel surya, sebenarnya ada beberapa jenis panel surya yang dijual dan spesifikasi berbeda. Berapa lama usia pakai panel surya, pengujian lewat dari 30 tahun

Lagi India menghadapi gelombang panas. Suhu kota New Delhi mencapai 42 derajat Celcius. Masalah negara dengan sumber emisi terbesar nomor 3 dunia. Pembangkit batu bara, transportasi dan penduduk. Beban listrik untuk pendingin ruangan menjadi rumit di tahun 2024

Dengan formula khusus, rancangan peneliti Notre Dome membuat kaca tembus pandang dan menolak panas infrared serta ultra violet. Aplikasi kaca untuk rumah, kantor bahkan kendaraan tetap sejuk. Hemat biaya AC sampai 1/3 pertahun, menurunkan suhu 9,7 - 13 derajat F,  menolak spektrum cahaya dari segala sudut.

Wereng di anggap hama pertanian. Peneliti Penn State menemukan permukaan badan hama ini memiliki teknologi anti UV. Bentuk brokosom bola kecil ukuran nanometer, membuat serangga kasat mata bagi predator. Di dunia sain, dapat membuat bahan anti panas, anti infrared, bahkan anti UV.

Mobil listrik kecil Mitsubishi Minicab EV kendaraan untuk 4 penumpang, dapat dirubah sebagai kendaraan kargo 2 penumpang. Dengan pengerak 4 roda, mampu menempuh jarak 180km. Pengerak roda terintegrasi dengan inverter.

Apa yang pilih agar rumah lebih sejuk. Gunakan atap dengan warna putih. Lebih efisien memantulkan panas dari cahaya matahari, bahan cat penolak panas matahari mulai dikembangkan. Tapi tidak salah bila mengunakan warna hijau atau mengunakan tanaman di atap rumah

ColdSNAP, SNAP singkatan dari proses arsitektur nano superhydrophobic, menggabungkan lapisan unik dikembangkan di universitas. Semakin banyak AC digunakan, walau di dalam ruangan pemilik AC menjadi dingin. Tetapi di luar ruangan menjadi panas. Teknologi ColdSNAP hanya membutuhkan power 25% dan air saja.

Peneliti mendapatkan formula cat yang memantulkan panas matahari. Membuat suhu di sekitar yang dilapisi cat dapat lebih dingin mengembalikan cahaya infra merah dan ultraviolet 95,5%. Cat untuk atap rumah, jalan akan lebih dingin, pemakaian AC yang mengunakan listrik besar dapat dihemat.

Disebut Kyocera Grows Green Curtain, sebuah rancangan tembok dengan tumbuhan.
Memanfaatkan tumbuhan yang tumbuh disamping tembok gedung , kantor , pabrik atau rumah dapat menahan panas matahari



Youtube Obengplus


Trend