Green | 4 April 2024

Kaca menolak panas Notre Dome silika alumina titanium oksida hemat AC

Hari-hari yang terlalu panas karena sinar matahari yang masuk melalui jendela, mungkin sudah tidak ada lagi.

Karena ilmuwan menemukan cara untuk membuat jendela tahan panas.

Lapisan jendela khusus yang menghalangi cahaya inframerah dan sinar ultraviolet, namun cahaya yang tidak membawa panas dapat menembus, menurut jurnal Cell Reports Physical Science.

Kaca menolak panas matahari

Tidak perlu menutup seperti tembok, tirai, jendela tetap berfungsi sebagai jendela ruangan.
Solusi ini memungkinkan rumah, kantor, tetap melihat di luar jendela, namun mengurangi panas yang masuk sedemikian rupa sehingga mengurangi biaya pendinginan AC sampai 1/3 ketika cuaca sedang terik.

Lapisan kaca tersebut dapat digunakan dari rumah, kantor sampai kendaraan.

Cahaya masuk ke dalam ruangan, dengan sudut berapa.
Membuat rumah terasa panas, kadang penghuni memasang tirai untuk menghalangi cahaya matahari.


Matahari yang kita lihat adalah cahaya, membaw banyak spektrum cahaya. Dan yang membuat panas adalah spektrum infra-red juga ultraviolet.
Beberapa teknologi mengunakan tabir untuk menghalangi cahaya tegak lurus dan menolak panas di bagian kaca.

Tapi peneliti Notre Dame mengembangkan lapisan yang menolak cahaya yang membuat panas di dalam ruangan, baik dari sudut berapapun.

Para peneliti di Universitas Notre Dame telah mengembangkan lapisan jendela untuk memblokir sinar ultraviolet dan inframerah yang menghasilkan panas dan memungkinkan masuknya cahaya seperti biasa, terlepas dari posisi sudut matahari.

Sudut sinar matahari dan jendela selalu berubah, kata penulis studi Luo, profesor studi energi di Universitas Notre Dame.
Temuan lapisan kami mempertahankan fungsionalitas dan efisiensi apapun posisi matahari di langit.


Dalam makalah tersebut, para peneliti menggambarkan bagaimana mereka sebelumnya menciptakan lapisan jendela tembus pandang dengan menumpuk lapisan silika, alumina, dan titanium oksida yang sangat tipis pada dasar kaca.
Fungsinya untuk memantulkan sinar inframerah dan ultraviolet.

formula kaca penahan panas infrared dan UV

Mereka juga menambahkan lapisan tipis polimer silikon agar meningkatkan lapisan kedap panas.

Mereka kemudian mengaduk lapisan-lapisan tersebut dalam konfigurasi yang paling memungkinkan cahaya tetap masuk melalui pantulan inframerah dan ultraviolet.
Dan mencari tahu kombinasi ideal menggunakan jenis komputasi kuantum yang dikenal sebagai anil kuantum.

Lalu diterapkan komposisi yang sudah diatur dalam eksperimental.

Produk akhir ditemukan memungkinkan semua cahaya tampak masuk tetapi mengurangi suhu di ruang model antara 9,7 dan 13 derajat Fahrenheit.

Seperti kacamata hitam terpolarisasi, lapisan mengurangi intensitas cahaya yang masuk, namun tidak seperti kacamata hitam.
Lapisan kami tetap jernih dan efektif bahkan ketika yang di dalam memiringkansudut yang berbeda, kata Luo.

Menurut makalah tersebut, hal ini dapat mengurangi energi pendinginan ruangan tahunan lebih dari sepertiganya.
Karena skalabilitas struktur planar dan selektivitas spektral sudut lebar, struktur fotonik ini dapat diterapkan secara praktis di dunia nyata.

Sunrise to sunset, new window coating blocks heat
Artikel Lain

Ketika energi terbarukan dengan panel surya digunakan, dan pemerintah memberi insetif. Warga mulai memasang solar cell di rumah, karena lebih hemat biaya listrik. Tetapi hampir 20 tahun, panel surya yang usang harus diganti. Kemana sampah energi hijau tersebut pergi, ini masalah besar di negara maju.

Ketika anoda dan katoda baterai tidak sengaja bersentuhan, atau terkena benturan benda tajam di dalam baterai. Pelarian termal dapat terjadi, dan baterai terbakar bahkan dalam hitungan detik. Dengan bahan SRL, baterai otomatis seperti memiliki sekring pencegah baterai terbakar, tidak terjadi pelarian termal seperti baterai biasa

Warga Uni Emirat Arab / UAE dapat memasang 2 meteran listrik. Membandingkan arus listrik masuk dan keluar ke jaringan listrik nasional. Nanti keduanya dihitung, bila kelebihan listrik maka dapat di kredit ke akun pelanggan selama 1 tahun. Pelanggan akan mendapat potogan tagihan listrik dari energi yang dipakai.

Nissan menguji cat otomotif baru dengan teknologi "Cool Paint". Mobil listrik sangat berdampak dengan pengunaan pendingin ruangan. Membantu interior mobil lebih dingin 5 derajat Celcius, dan di bodi sampai 12 deg.C Lebih hemat baterai, pengujian di Jepang.

Tahun 2024 kembali terjadi. Insentif finansial dan dorongan pemerintah telah membantu China menjadi pabrik panel surya kelas dunia. Menyumbang sekitar 80% dari kapasitas modul surya global. Harga turun 42% dari 2023 ke 2024

Pembangunan energi terbarukan di negara maju terus bertambah. Tiongkok yang terus mengenjot pembangunan turbin pembangkit listrik, dibelakangnya adalah Jerman lebih banyak mengunakan solar cell. Tahun 2024 laporan terbaru, energi terbarukan mencapai lebih dari 30 persen.

Polusi kendaraan bukan lagi fokus penelitian, partikel ban lebih besar disebarkan kendaraan dibanding asap knalpot. Ban mengunakan senyawa 6PPD yang berubah ketika terbang di udara. Penelitian dampak ban terkait dengan kesehatan masyarakat, campuran apa yang dipakai produsen.

Apa yang pilih agar rumah lebih sejuk. Gunakan atap dengan warna putih. Lebih efisien memantulkan panas dari cahaya matahari, bahan cat penolak panas matahari mulai dikembangkan. Tapi tidak salah bila mengunakan warna hijau atau mengunakan tanaman di atap rumah

ColdSNAP, SNAP singkatan dari proses arsitektur nano superhydrophobic, menggabungkan lapisan unik dikembangkan di universitas. Semakin banyak AC digunakan, walau di dalam ruangan pemilik AC menjadi dingin. Tetapi di luar ruangan menjadi panas. Teknologi ColdSNAP hanya membutuhkan power 25% dan air saja.

Kota Los Angeles sekarang melapisi jalan dengan cat abu abu atau disebut CoolSeal. Menjaga trotoar dan jalan lebih dingin. Perubahaan iklim menjadi fakta kehidupan di kota seluruh dunia. Satu kota lagi di uji coba tahun 2021 yang terkenal panas, menurunkan panas jalan sampai 5 d.C.

Profesor Raman telah menemukan cara menolak panas matahari dan mengembalikan gelombang inframerah tertentu. Memantulkan kembali ke ruang angkasa tanpa berdampak dengan udara disekitar. Peneliti banyak memfokus untuk meredam panas atau mengurangi panas dari cahaya matahari dengan efek rumah kaca.

Rancangan kedua penemu tersebut adalah lembaran seperti film. Memantulkan gelombang panjang matahari seperti cahaya inframerah yang membawa panas.MIT membuat jendela transparan dan berubah menjadi buram bila terkena panas menolak cahaya matahari.



Youtube Obengplus


Trend