India gelombang panas apa benar 40 derajat lebih terjadi setiap Mei dan Juni


   Shortstory | 10 June 2024


India suhu 42 deg.C 10 Juni 2024
Tahun 2024, India kembali menghadapi gelompang panas terpanjang kata ahli cuaca pemerintah India Senin 10 Juni 2024.
Suhu melonjak mencapai 45 deg.C di bulan Mei 2024.
Periode terlama selama 24 hari di berbagai wilayah. India negara ke 3 terbesar penghasil gas kaca dunia, komitmen menghapus emisi 0 tahun 2070. 20 tahun setelah komitmen negara Eropa.
India masih bergantung dengan batu bara untuk pembangkit listrik.
Aktivitas manusia, populasi, industri, dan mekanisme transportasi menyebabkan peningkatan konsentrasi gas CO.

Panas di New Delhi mencapai rekor tertinggi 49,2 deg.C seperti tahun 2022.
Dan beban listrik melonjak untuk pendingin mencapai 8.302MW.
29 Mei 2024, stasiun cuaca di Delhi mencatat suhu tertinggi 49 deg.

Dari Wheather dan Google Temp, New Delhi pada jam 5 sore mencapai 42 deg.C tertanggal Senin 10 Juni 2024


Kota terpanas di India Juni 2024


India New Delhi 11 Juni 2014
Di negara India suhu panas lebih ekstrim.  Bukan China saja terkena udara panas menyengat.
Bulan Juni 2024, India mendapat sengatan panas matahari. Jalan di Delhi biasanya padat, tapi mendadak tidak terlalu ramai karena udara disana terlalu panas bagi orang berpergian. Suhunya mencapai 46 deg.C, semua penduduk kabur berlindung pada hari Minggu.

Suhu 46 deg.C di Delhi mencapai rekor tertinggi selama 63 tahun terakhir. Rekor udara panas di kota tersebut pernah mencapai 47,8 deg.C. Amar Luthra seorang profesional muda mengatakan setiap hari panasnya semakin intens dan tidak tertahankan lagi. Saya mengambil cuti selama seminggu ujarnya kepada media NDTV.

Kota terpanas di India Juni 2014
Foto - AP

Bukan masalah panas saja, listrik disana juga mati dan berdampak kepada 22 juta penduduk Pemerintah melakukan penurunan beban di pusat perbelanjaan, dan mematikan lampu jalan. Di bagian utara India, Uttar Pradesh cuaca terik membuat beban listrik meningkat. Dari kapasitas 8 ribu MW dan naik 11 ribu MW dan jaringan listrik blep. Urusannya jadi kacau, masyarakat yang merasa dirugikan merusak gardu listrik dan menyandera karyawan perusahaan listrik.

Tidak hanya India dan China mengalami udara panas.
Di Berlin sudah naik suhunya mencapai 32 deg.C atau setara suhu negara tropis.
Padahal biasanya kota Berlin hanya mengalami suhu normal 21 deg.C saja. Via Weather

Kejadian yang sama di Jepang, setidaknya 4 orang meninggal karena udara panas. Dan 1.637 orang dirawat ke rumah sakit. Suhu disana mencapai 37 deg.C. Kebanyakan yang dibawa ke rumah sakit adalah kalangan manula yang rentan terhadap udara panas ekstrim.

India mencoba mempertahankan panas rumah dengan memantulkan cahaya matahari
Beberapa atap rumah di cat putih, untuk memantulkan cahaya matahari

Artikel Lain

Gas nitrogen atau N2Odari pupuk ternyata berkontribusi dengan pemanasan global. Sejak ditemukan, bahan ini membantu pertanian. Tapi dampak setelah 100 tahun berbeda, gas N2O berada di atmosfer, energi tersebut 300 kali lebih kuat untuk menghangatkan bumi dibandingkan gas CO2

Perusahaan Coca-cola terbesar, dan nama Indonesia masuk nomor 1 penghasil sampah plastik global. Berapa banyak sampah plastik digunakan manusia. 44,8% digunakan untuk kemasan, termasuk botol minuman dan tas plastik. Penyumbang sampah plastik ada di layanan pemesanan makanan online.



Apa yang pilih agar rumah lebih sejuk. Gunakan atap dengan warna putih. Lebih efisien memantulkan panas dari cahaya matahari, bahan cat penolak panas matahari mulai dikembangkan. Tapi tidak salah bila mengunakan warna hijau atau mengunakan tanaman di atap rumah

Ketika orang tua membanggakan sebuah kendaraan. Generasi sekarang malah tidak mau repot dengan nama kendaraan. Memiliki kendaraan sama saja membawa satu tas kerepotan dalam hidup mereka. Digital membuat nostalgia berubah, bahkan seseorang tidak dapat keluar selama 24 jam setiap hari

Film menceritakan memperbaiki iklim dengan solusi sederhana. Menurunkan tingkat gas karbon ke Bumi dengan energi terbarukan bukan hal utama. Gas karbon seharusnya diserap masuk ke dalam tanah kembali. Ide masuk akal yang dilupakan masyarakat dunia.

Peneliti mendapatkan formula cat yang memantulkan panas matahari. Membuat suhu di sekitar yang dilapisi cat dapat lebih dingin mengembalikan cahaya infra merah dan ultraviolet 95,5%. Cat untuk atap rumah, jalan akan lebih dingin, pemakaian AC yang mengunakan listrik besar dapat dihemat.

Banyak alat untuk penyemprot tanaman untuk kebun. Bagaimana bila kita membuat sistem penyiram tanaman di rumah. Disebut Sprinkle dapat menyebarkan air untuk menyiram tanaman. Dengan biaya murah, installasi mudah dan ketahui berapa banyak komponen yang dibutuhkan.



Kemacetan dijalan raya lebih banyak disebabkan oleh pengemudi monkey. Istilah ini diambil dari beberapa pengendara yang tidak tertib dan memblok kendaraan lain untuk pindah lajur kendaraan. Solusi menghindari kelambatan di jalan, setiap pengemudi dapat mengambil jarak aman agar tidak melakukan pengereman yang tidak perlu



Youtube Obengplus

Trend