Planet HIP 65423b seharusnya tidak ada tapi ada dilihat langsung teleskop JWST


   Science | 2 September 2022


Planet HIP 65426b dilihat langsung teleskop JWST Agustus 2022
Teleskop ruang angkasa mutakhir menangkap citra planet besar HIP 65426b dengan empat gelombang pita inframerah.
Terlihat berwarna ungu, biru, oranye, dan merah di dapat dari sensor NIRCam teleskop ruang angkasa James Webb

“Mendapatkan gambar ini terasa seperti menggali harta karun luar angkasa,” kata Aarynn Carter, astronom di University of California, Santa Cruz, yang memimpin analisis gambar, dalam rilis NASA.
“Awalnya yang bisa saya lihat hanyalah cahaya dari bintang, tetapi dengan pemrosesan gambar yang cermat, dapat menghilangkan cahaya itu dan mengungkap planet ini.”

Planet HIP 65426b sulit dilihat langsung, karena cahayanya 10.000 lebih redup dari bintang induknya. Dan bintang disana 100x lebih besar dari matahari.
Planet ekstrasurya HIP 65426b memiliki massa antara 4 - 12 kali lebih besar dari massa Jupiter.
Planet diperkirakan berusia sangat muda, dan terbentuk sekitar 15 - 20 juta tahun lalu.
Bumi diperkirakan memiliki usia 4,5 miliar tahun.

Planet HIP 65426b menjadi planet di luar tata surya yang dilihat langsung dari teleskop JWST.

Gambar simbol bintang adalah matahari disana, dan planet terlihat dengan 4 spektrum warna.

Planet HIP 
65423b James Webb Telescope


Planet HIP 65426b Juli 2017
Sebuah planet yang dinamai HIP 65426b adalah planet langkah, besar tapi jauh dari bintang. Membuat para ilmuwan harus menelaah kembali bagaimana sebuah planet dan tata surya terbentuk. Karena planet ini berbeda dengan kesimpulan sebelumnya.

Planet HIP 65426b ditemukan oleh kelompok astronom dan peneliti dari institut Max Planck untuk astronomi - MPIA.

Mengunakan teleskop Sphere di pusat observasi VLT di Chile milik badan antariksa ESO. Mereka berhasil menangkap citra langsung planet ini.

Penemuan planet ini masih sangat jarang, tapi informasi tentang planet ini yang menarik.
Dari analisa cahaya langsung ke planet tersebut, para ilmuwan dapat melihat komposisi atmofer planet dengan baik.

Penemuan planet HIP 65426b juga membingungkan mereka sendiri.
Gael

Chauvin dari universitas Grenoble yang menulis studi ini mengatakan. Kami berharap sebuah sistem planet mudah ini masih berbentuk debu seperti pengamatan lahirnya planet di sekitar bintang.

Tapi HIP 65426b ini tidak memiliki disk, pembentukan planet ini tidak sesuai dengan model atau teori klasik yang digunakan sebelumnya.
Seperti pembentukan tata surya, awalnya lahir dari bintang, disusul kumpulan debu menjadi batuan besar, dan kembali menjadi batu lebih besar seukuran protoplanet sampai menjadi sebuah planet sangat besar.

Planet HIP 65426b memiliki suhu sekitar 1000-1300 derajat Celcius. Ukuran planet juga besar, sekitar 1,5x lebih besar dari Jupiter. Keunikan lain, planet tersebut dalamm perkiraan awal, memiliki massa lebih besar dengan perkiraan mencapai 6 sampai 12x massa Jupiter.

Dari data teleskop Sphere ditemukan kandungan gas sangat besar yaitu gas hidrogen. Sedangkan spektrograf menditeksi adanya uap air dan awan merah.
Salah satu yang unik di tata surya ini. Penelitian dari teleskop Harps ESO, bintang induknya juga berputar 150 kali lebih cepat. Peneliti belum mengerti mengapa bintang disana ikut berputar begitu cepat dari putaran bintang lain.



Seandainya ada 2 planet yang dekat dengan bintang. Dan salah satunya planet HIP 54326b dan orbitnya terganggu. Ketika planet mulai lahir dan satu planet akhirnya melempar planet HIP 54326b lebih jauh, sedangkan planet yang menganggu tersebut malah tertelan ke bintang.
Sebelum masuk ke dalam bintang, satu planet tersebut juga menganggu orbit bintang dan membuat rotasi bintang lebih cepat.

Migrasi planet HIP 54326b yang terlempar membawa posisinya lebih jauh. Selama bergerak ke arah belakang, planet juga membawa masss disekitar bintang. Akhirnya planet HIP 54326b membesar.

Tata surya HIP 65426b berada 385 tahun cahaya dari Bumi
Pertama ilustrasi dengan posisi planet dan bintang, kedua gambar dari teleskop.

Planet HIP 65423b seharusnya tidak ada tapi ada.

Artikel Lain

Bintang YSO 244-440 adalah objek muda yang diamati tim ESO. Ada yang aneh ketika sebuah tata surya memunculkan warna magenta. Tapi bentuknya melikuk seperti huruf S. Tim astronom menjawab mengapa aliran jet tersebut dapat muncul dari bintang baru lahir.

Astronot pergi ke bulan komunikasi sampai 1.5 detik. Bagaimana berkomunikasi dari Saturnus ke Bumi. Bagaimana bila lebih jauh lagi, misal melihat Bumi dari 5 miliar tahun cahaya . Mungkin disana tidak melihat manusia, walau manusia sudah ada saat ini. Teleskop JWST menemukan galaksi 13,4 miliar tahun cahaya jauhnya.



Hubble di tahun 2022 telah berumur 32 tahun. Pembicaraan Nasa dan SpaceX, ingin memperbaiki Hubble dan mengirim ke orbit lebih tinggi. Karena teleskop telah turun 30km dari posisi awal. Kemungkinan lain, bisa saja di servis oleh astronot.

Tim astronom telah menemukan planet baru TOI 1452b, tapi kaya dengan air. Diperkirakan massa planet mencapai 30%, dibanding Bumi hanya 1% berisi air. Perlu bukti dunia air memang ada, menunggu observasi dari teleskop James Webb.

Orbit bumi ke matahari bentuk elips, tapi setiap tahun matahari menjauh dari matahari. Sayang, pergeseran tersebut tidak cukup untuk memindahkan planet bumi lebih jauh. Menurunnya kekuatan gravitasi matahari akibat massa matahari yang terus surut dari waktu ke waktu.

Teleskop Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA menemukan dua planet ekstrasurya. Letak kedua planet 33 tahun cahaya dari Bumi. Bintang HD 260655 ditemukan 2 planet yang mengorbit, dan disebut Super Earth dengan permukaan berbatu, ukuran planet 1,2x dan 1,5x lebih besar dari Bumi

Bintang Ross 508 ditemukan ada sebuah planet yang berada di tepi zona layak huni. Disebut Planet Ross 508 b ditemukan dengan teknik doppler, ditemukan dengan gerakan cahaya bintang yang diamati dari teleskop Subaru. Orbit planet Ross 508 b hanya 10 hari mengitari bintang induknya.



Di area nebula NGC1333 adalah kumpulan gas yang sangat besar, dan sudah terlihat lahir lusian bintang baru. Yang menarik peneliti bintang yang diberi nama SVS 13. Disana tidak 1 tapi 2 bintang biner. Bahkan proto bintang tersebut memungkinkan membentuk banyak planet berbatu seperti Bumi.

Bintang AB Aurigae hanya berjarak 560 tahun cahaya dari Bumi. Kita dapat mempelajari bagaimana sebuah planet di awal pembentukan tata surya. Bintang yang masih berusia 2-4 juta tahun ini terlihat sedang membentuk planet, tapi ukurannya masif.

20 tahun berlalu, penemuan planet alien 4034 planet. Planet Exoplanet adalah planet di luar tata surya. Juni 2017 ditemukan 219 exoplanet baru dan 10 diantaranya berada di posisi tepat. Tahun 2020 tembus 5000 planet telah di konfirmasi Nasa

Sebuah planet yatim dapat terjadi ketika dimulai pembentukan tata surya. Dan planet tersebut terlempar keluar dari orbit tata suryanya sendiri. Berapa banyak planet tersebut ada, peneliti mengatakan jumlahnya mencapai miliaran. Data diumumkan Desember 2021, sudah 70 planet

Planet COCONUTS-2b ditemukan dengan peralatan observasi COol Companions ON Ultrawide orbiTS survey. Planet dapat langsung terlihat dengan jarak 35 tahun cahaya dari Bumi. Bersembunyi dari bintang induknya yang redup, tapi dapat terlihat oleh astronom di Bumi

Teleskop James Web citra bintang pertama tahap penyesuaian lensa. Dimana teleskop akan ditaruh, mengapa proses pembangunan sampai peluncuran memakan waktu lebih dari 10 tahun lebih. Cermin teleskop telah berhasil di selaraskan, sekarang siap bekerja untuk penelitian sain



Youtube Obengplus

Trend