Bintang YSO 244-440 tata surya baru mengapa ada lekukan magenta jawabanya sederhana


Science | 11 May 2023

Objek YSO sebagai singkatan Young Stellar Object. Atau objek dari bintang muda yang baru lahir.

Bintang YSO 244-440 terletak 1306 tahun cahaya dari Bumi, berada di rasi bintang Orion.

Nama lain  YSO 244-440 diberi kode V* V2423 Ori atau HH 524

Objek YSO 244-440 menjadi bagian dari nebula Orion dimana lokasi tersebut sebagai tempat pembibitan bintang.
Dari bintang baru nantinya akan lahir planet dan selanjutnya sebagai tata surya baru.

Objek YSO 244-440 membentang sampai 1.400AU.
Bila dibayangkan, jarak matahari ke Pluto sekitar 40 AU.

Bibit awan dari gas dan debu ini memang sangat luas, lebih luas dari tata surya kita.

Menjadi pertanyaan dari kalangan astronomi
Mengapa ditengah terdapat material seperti bergoyang.

Ditemukan warna magenta yang meliuk di bagian tengah  kata astronom Universitas Maynooth Andrew Kirwan dan rekan-rekannya bersama laporan ESO.

Biasanya sebuah bintang muda yang baru lahir, dan mulai memancarkan cahaya bintang.


Umumnya di kelilingi oleh debu dan gas, dalam bentuk piring.
Perlahan piring debu dan gas akan menghilang, lalu terakumulasi menjadi batuan asteroid sampai planet.
Termasuk gas di sekitarnya akan tertarik oleh planet.

Tapi objek YSO 244-440 memiliki semburan vertikal keatas.
Disebut aliran Jet dan bentuknya seperti huruf S.

Dari citra lain warna berbeda terlihat sama membentuk piring.
Tapi warna magenta tersebut berada di tengah bintang dan bergerak menjauh terpisah seperti garis lurus



Bintang YSO 244-440 tata surya baru mengapa ada lekukan magenta jawabanya sederhana

Penyebabnya sederhana, dampak dari cahaya magenta tersebut adalah gerakan dari bintang
Disana bukan 1 bintang tapi 2 bintang atau bintang biner.

Seperti kita mengeluarkan air dari arah atas kebawah, aliran air akan jatuh lurus.
Ketika tangan mengoyangkan selang air, maka air akan membentuk seperti meliuk.

Gerakan orbit kedua bintang juga menganggu oritentasi Jet yang dilontarkan kedua bintang.
Bentuk S tersebut adalah efek dari 2 bintang yang berputar, sehingga aliran jet airnya tidak lurus ke atas dan kebawah, tapi meliuk seperti huruf S

Pengamatan lebih jelas, tim astronomi melihat lebih dalam dengan instrumen MUSE dari teleskop VLT di Chile.

Citra yang didapat, merah hijau dan biru, adalah elemen besi, nitrogen dan oksigen.
Data itu masih sebagian kecil dari data MUSE, sebenarnya masih banyak lagi citra dengan gelombang berbeda untuk menentukan komposisi elemen lain.

Citra teleskop berbasis di Bumi VLT ini juga lebih tajam dibanding teleskop Hubble, karena memiliki sistem koreksi dengan optik adaptif yang canggih.

Dibawah ini teknik pengambilan citra gambar dari instrumen MUSE.


Artikel Lain

2 bintang biner, dengan nama T CrB. Bintang T Coronae Borealis adalah bintang biner. Kedua bintang telah diamati beberapa tahun lalu, dan memiliki periode 80 tahun sekali memancarkan Nova. Kedua bintang memiliki jarak cukup dekat. Kemungkinan tahun 2024 akan menyala terang seperti Nova.

Bentuk umum bintang baru lahir dapat membentuk cincin sebagai protoplanet. Tapi di bintang d203-506 sepertinya terganggu, sampai cincin bintang tidak sempurna. Mengapa disk yang akan menjadi planet dapat terganggu. Disini kondisi area pembibitan bintang yaitu nebula Orion



Apakah di ruang kosong berisikan galaksi besar, dengan galaksi kerdil yang mengikuti galaksi lebih besar. Temuan bari ini menjelaskan, tidak. Ada bagian dimana galaksi kecil bisa diam disana. Galaksi Pearlsdg seperti diam dan tidak di pengaruhi galaksi yang ada di dekatnya.

Sebuah planet ditemukan mengorbit ke bintang Wolf 327. Dan diberi nama Wolft 327b, ukuran planet diperkirakan sedikit lebih besar dari Bumi, mengorbit ke bintang kerdil tipe M. Planet tersebut mengorbit 13,7 jam dan panas, tetapi yang dicari adalah multi-planet.

Tata surya AC Her adalah tempat dimana 2 bintang saling mengorbit, disebut bintang biner. Yang unik dari puing lahirnya bintang berada ke arah atas dan bawah. Apakah nanti planet yang lahir akan mengorbit ke arah atas dan bawah dari bintang.

Bila kita melihat ada 2 galaksi yang bergabung, apa yang terjadi. Satu tipe galaksi Seyfert seperti galaksi Arp 107, adalah 2 galaksi yang bergabung. Ketika kedua galaksi mulai mendekat, ada material yang membentuk seperti jembatan di antariksa.

Tim astronom MIT menemukan sebuah planet yang ditelan bintang ZTF SLRN-2020. Sebuah bintang yang sekarat, karena sudah berusia 10 miliar tahun. Sekarang dalam posisi membesar sampai mendekat ke sebuah planet seukuran Jupiter.



Lubang hitam adalah nama kehancuran, apa yang ada akan ditelan. Kali ini lubang hitam memiliki dampak positif. Ketika sebuah lubang hitam terlempar dari galaksi induknya, tapi menarik gas di kosmos. Apa yang terjadi malah membentuk bintang bintang baru.

Program Noirlab2301 melakukan pengamatan selama 2 tahun, untuk membuat katalog isi Bima Sakti. Dengan bidang 130 derajat di langit saja telah memtakan atau mendapat 3,3 miliar objek termasuk bintang, nebula dan lainnya  yang ada di lengan galaksi. Semua titik seperti debu tersebut adalah bintang.

Bintang LP 413-53AB diawal penelitian dianggap satu bintang. Tapi peneliti mencari data lain sampai melihat beberapa bulan, sampai diketahui disana ada 2 bintang. Bintang kerdil tersebut hanya memancarkan cahaya inframerah dan amat redup. Rekor bintang LP 413-53AB saling mengorbit kurang dari satu hari dengan jarak 1 juta km, sebagai bintang biner yang mengitari tercepat

Planet TOI 700e yang baru ditemukan berada di zona habitat, dan ukurannya seperti Bumi. Baru ditemukan pada tahun 2023. Perkiraan astronom ukuran planet TOI 700e sekitar 95% sedikit lebih kecil dibanding Bumi. Planet TOI 700e diyakini sebagai planet batuan, tapi kemungkinan juga planet ini terkunci dengan pasang surut ke bintang.

Satu kejadian disebut AT2021ehb, astronom menemukan lubang hitam supermasif menghancurkan sebuah bintang tanpa perlu menelan. Gas dari bintang langsung ditarik dan bintang tercabik sampai hancur Kejadian ini membuat astronom bertanya, mengapa tidak muncul jet di kutub lubang hitam. Dan gas dari bintang yang hancur langsung berputar sebagai corona.

Sebuah cakram terletak 1500 tahun cahaya dari Bumi. Mirip seperti UFO tampak oleh observasi teleskop James Webb. Tapi itu bukan UFO, melainkan bibit dari protoplanet yang akan terbentuk nanti. Oktober 2023 dirilis JUMBO, 30 bintang biner seukuran Jupiter

Sebuah planet HIP 65426b planet langkah, besar dan jauh dari bintang. Membuat para ilmuwan harus menelaah kembali bagaimana sebuah planet dan tata surya terbentuk. Observasi terbaru dilihat langsung teleskop James Webb



Youtube Obengplus

Trend