Perang teknologi procesor giliran ARM dan Loongson terkena dampak China Rusia Barat


Shortstory | 15 December 2022

Politik dan perang chip semakin ketat. Setelah Amerika melakukan embargo teknologi chip ke China dan Rusia.
Intel, AMD, Nvidia keluar dari Rusia. China juga mendapat tekanan tidak mendapat procesor dari 3 perusahaan tersebut.
Bukan GPU atau computer, tapi procesor untuk supercomputer dan perangkat lain.
Ketegangan antar negara sangat berdampak dengan industri teknologi.

TSMC beberapa tahun masih bertahan di Taiwan, tidak memiliki pabrik di luar negeri
TSMC memutuskan membuat pabrik baru di US, untuk menambah pasokan sekaligus menjaga kelansungan TSMC dari ancaman China.

Perusahaan perangkat telekom dan CCTV sudah terkena aturan tersebut, dianggap memiliki sistem mata mata.
2 produsen raksasa CCTV China, dilarang dipasang pada area tertentu.
Sistem 5G Huawei dilarang digunakan di beberapa negara walau perangkat yang dijual lebih murah dari produsen asal barat.

Ketika produk di anggap memiliki campur tangan dari sebuah pemerintah.
Di sisi pemerintah lain mulai meradang, dampaknya penghentian impor untuk menjaga privasi sebuah pemerintah.

Perlahan tapi pasti, ketegangan produsen chip dan pemerintah secara bertahap terus berlanjut.
Tidak jelas apakah nanti akan berdampak ke produk murah dari China, yang pertama dibatasi dari teknologi barat adalah chip canggih.
Sejauh ini tidak, karena kebutuhan chip seperti produk hiburan, perangkat LCD dan produk rumah tangga terlihat belum terjadi.

Desember 2022, urusan chip kembali dimulai



China sendiri
Menyiapkan dana 1 triliun Yuan. Agar tidak terkena pembatasan teknologi, dan lebih kompetitif dengan negara barat.
Bila di konversi, angkanya $US 144 miliar, 3x lipat dari investasi di Eropa dan Amerika sendiri.
Sebagian kecil akan dibayar langsung awal tahun depan. Dan lainnya diberikan insentif pajak. Tapi ditentukan waktu selama 5 tahun.

Pabrik chip SMIC China masih mengandalkan teknologi 10 tahun lalu. Chip 28nm yang sudah tertinggal, dan sebagian kecil teknologi 14nm.
Perusahaan tersebut mengatakan sudah membuat prototipe 7nm, bersaing dengan Intel dengan proses 7nm.
Masalah teknologi chip kerapatan tinggi, tantangan ada di produksi akhir, dan belum tentu semua chip dapat digunakan.



Arm
Perusahaan ARM mengumumkan pada Desember 2022, tidak akan lagi menjual desain chip canggih ke perusahaan China di tengah kontrol ekspor AS
Alibaba dan perusahaan China lainnya tidak dapat membeli desain chip tercanggih dari perusahaan Inggris ARM.

Karena kekhawatiran AS dan Inggris tidak menyetujui ekspor teknologi tersebut ke China.

Keputusan dari ARM datang 2 bulan setelah AS menerapkan kontrol ekspor yang ketat untuk mencegah China memperoleh chip canggih atau teknologi dan peralatan yang diperlukan untuk memproduksi semikonduktor kelas atas dan di produksi di China.

Keputusan tersebut dibuat ARM setelah menentukan kinerja seri Neoverse V terlalu tinggi untuk dijual ke badan atau perusahaan China seperti unit chip T-Head Alibaba.
Keputusan ini akan berdampak pada perusahaan China lainnya selain Alibaba.

ARM dikenal merancang arsitektur RISC canggih untuk chip yang digunakan dalam berbagai produk, termasuk jam tangan pintar sampai superkomputer.

ARM tidak memproduksi prosesornya sendiri, ARM menjual rancangan chip ke perusahaan lain dan di produksi oleh TSMC dan Samsung.
core Neoverse V2 terbaru model procesor paling kuat hingga saat ini dan diyakini telah dikembangkan di Amerika Serikat.

Ini adalah pertama kalinya ARM memutuskan tidak dapat mengekspor desain tercanggihnya ke China. Neoverse V berada di bawah Pengaturan Wassenaar, sebuah perjanjian multilateral yang melibatkan 42 negara yang bertujuan untuk mencegah teknologi penggunaan ganda digunakan untuk tujuan militer.
Untuk menjual teknologi Neoverse V2 ke China, ARM harus mendapatkan lisensi ekspor dari 2 negara AS dan Inggris.

Awal pekan ini, China mengajukan perselisihan dengan WTO mengenai kontrol ekspor yang diterapkan oleh AS.
Pemerintah AS memandang YMTC sebuah perusahaan chip pembuat memory, sebuah perusahaan semikonduktor China, sebagai "juara nasional", sehingga kemungkinan keputusan ARM untuk tidak menjual desain tercanggihnya ke China akan mendapat tentangan keras dari pemerintah China.

Loongson tidak di ekspor ke Rusia.
Pemerintah China dilaporkan telah melarang ekspor CPU Loongson mikroarsitektur LoongArch ke Rusia dan negara lain, dengan alasan kepentingan strategis prosesor ini yang digunakan oleh militer.

Untuk beberapa perusahaan Rusia, chip Loongson bisa menjadi alternatif prosesor x86 dari AMD dan Intel jika mitra kedua perusahaan ini berhenti mengirimkan CPU ini ke Rusia melalui negara lain.

Embargo chip barat china rusia

Harian Kommersant menyebut pemerintah China telah melarang ekspor prosesor Loongson yang menampilkan mikroarsitektur LoongArch ke negara lain. Ini tidak akan berdampak langsung pada pasar lokal, tetapi dapat meninggalkan Rusia tanpa alternatif prosesor dari AMD dan Intel.



Meskipun perusahaan Rusia tidak bergantung pada pasokan prosesor China secara signifikan, dalam kasus pemblokiran hipotesis 'impor paralel', Rusia berharap untuk beralih ke solusi Loongson kata nara sumber menjelaskan kepada surat kabar tersebut.
CPU Loongson digunakan oleh industri militer China, ini adalah alasan utama mengapa mereka tidak tersedia untuk pasar luar negeri.

Kommersant mengakui bahwa pemerintah China dan Loongson belum secara resmi membatasi ekspor CPU berbasis LoongArch.
Sementara masih mungkin untuk mendapatkan sistem dan motherboard berbasis Loongson LS3A5000 dari AliExpress, tetapi suku cadang tersebut agak mahal.
Mengingat kinerja CPU Loongson jauh lebih rendah dibandingkan dengan prosesor dari AMD dan Intel, sulit untuk mengharapkan produk ini mendapatkan daya tarik di mana pun kecuali di pasar China sendiri.

Selama beberapa waktu, beberapa perusahaan Rusia telah menjajaki alternatif prosesor x86 dan kalkulasi GPU dari pengembang Amerika.
Setelah Rusia menginvasi Ukraina pada akhir Februari 2021, AMD, Intel, dan Nvidia menghentikan operasinya di negara tersebut dan berhenti menjual CPU dan GPU ke perusahaan Rusia.

Di sisi luar impor abu-abu CPU dan GPU sekarang berkembang pesat di Rusia, ada kemungkinan pada titik tertentu mereka akan dihentikan atau dikurangi secara signifikan dan negara Rusia akan dibiarkan tanpa teknologi penting.

China menjadi alternatif, setidaknya beberapa pembuat PC dan server Rusia. Namun, sepertinya pemerintah Cina tidak ingin chip Loongsonnya menjadi pengganti AMD dan Intel di luar China.

Mungkin saja pemerintah China tidak ingin negara lain mempelajari cara memanfaatkan LoongArch. Alasan lain mengapa pemerintah Cina mungkin tidak ingin mengekspor CPU Loongson adalah karena dibuat oleh SMIC dari proses fabrikasi kelas 12nm.
Dengan asumsi bahwa kapasitas 12nm/14nm SMIC terbatas, China mungkin ingin mempertahankan semua prosesor yang dapat diperolehnya untuk proyeknya sendiri.
Meskipun beberapa chip Loongson mungkin saja dikirim untuk marketplace AliExpress, tapi tidak ada ijin untuk dijual dari pembeli di luar China.

Artikel Lain

Membayangkan data 2 Petabyte data hilang dihapus oleh peretas. Sengketa juga berurusan dengan dunia digital, dimana sebuah negara memiliki banyak layanan. Kali ini Planeta milik Rusia, ketika data dari penelitian bertahun tahun dihilangkan seperti sulap.

Snapdragon tidak hanya procesor smartphone. Masih mengembangkan generasi procesor notebook hemat power. Kedepan  banyak teknologi yang dibawa oleh arsitek Oryon. Dari NPU, AI dan tentu saja notebook lebih hemat power untuk task biasa. Nama Snapdragon 8cx Gen 4 menjadi Snapdragon seri X di notebook



China bukan menghadapi tantangan dengan sanksi barat. Tapi kemajuan semikonduktor yang tidak berkembang. Ada upaya ingin membuat chip dalam negeri yang canggih, serta rencana tanpa batas untuk industri chip. Walau diragukan, industri barat saja tidak mampu mengejar pabrik TSMC yang super canggih.

Teknologi penyimpan energi listrik tampil dengan Flow Battery cair. Tidak berbentuk baterai dalam bentuk fisik, tapi baterai dengan cairan. Pertama di Jerman, tapi powerbank terbesar ini ada di China. Baru beroperasi September lalu memberikan power hitungan MegaWatt. Bahan Beta Cyclodextrin yang lebih murah untuk penganti Vanadium Flow Battery

Model lain Innosilicon Fantasy 1 dan Fantasy 2  dirancang dengan single atau dual GPU. GPU kelas server, dan gaming dari pabrikan China yang menampilkan GPU dengan GDDR6X VRAM dan DirectX. Desain fan ganda dan slot ganda dengan port video.

Setelah Rusia memutuskan mundur mengurus ISS. Tahun 2021 ini, proyek Tianhe dari stasiun ruang angkasa China dimulai. Bukan prototipe, tapi stasiun yang akan dibangun untuk dihuni astronot. Rencananya stasiun Tianhe selesai pada tahun 2020, setidaknya membutuhkan peluncuran sampai 10x

Apa yang menarik dari internet di China, salah satu minim jalur internet untuk keluar negeri. Uniknya sistem jaringan Intranet raksasaChina  tersebut mampu berdiri sendiri dan dirancang berbeda dari jaringan internet di seluruh negara. Seandainya ada serangan dari luar sampai blokade internet global. Sebagian besar dengan kontrol ketat bagi penguna dalam negeri.



Youtube Obengplus

Trend