Peretas masuk ke planeta datacenter hapus milik Rusia ini perang main delete


   Stuff | 27 January 2024


Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina mengklaim aktivis peretas pro-Ukraina masuk ke Pusat Hidrometeorologi Luar Angkasa Rusia, atau disebut "planeta" , dan menghapus 2 petabyte data milik badan penelitian.

Planeta adalah pusat penelitian negara yang menggunakan data satelit luar angkasa serta sumber dari darat seperti radar dan stasiun untuk memberikan informasi dan prediksi tentang cuaca, iklim, bencana alam, fenomena ekstrem, dan pemantauan gunung berapi.

Badan ini berafiliasi dengan Roscosmos, badan antariksa Rusia, yang mendukung sektor-sektor seperti militer, penerbangan sipil, pertanian, dan maritim.

Dalam kasus peretasan lain terkait afiliasi dengan negara, Ukraina mengatakan relawan dunia maya yang dikenal sebagai "Tim BO" berhasil masuk ke bagian Planeta di Timur Jauh (terbesar dari ketiganya).

Planeta supercomputer Rusia

Meskipun pemerintah Ukraina tidak menyatakan apakah mereka terlibat dalam serangan tersebut.
Intinya para hacker merusak data dari 280 server untuk penelitian yang berisi 2 Petabyte (2000 TB).
Bayangkan saja, untuk menyimpan dengan harddisk teknologi datacenter 20TB dibutuhkan 100 harddisk.
Untuk backup maka semuanya mencapai 200 harddisk. Mau ditaruh dimana harddisk sebanyak itu.


SuperComputer Frontier , setidaknya membutuhkan 3 storage rack dengan 1 rak dimasukan 42 drive.

Informasi dalam jumlah besar ini akan sulit dikembalikan juga nilainya mahal untuk disimpan dalam bentuk cadangan.
Bila sengketa yang disebutkan Ukraina benar, itu kerusakan luar biasa dari badan penelitian Planeta.

Kalau dihitung, hilangnya data diperkirakan mencapai $10.000.000, berdampak pada pengoperasian cluster superkomputer dan juga penelitian yang dibuat bertahun-tahun.

Di antara data yang dihilangkan adalah data meteorologi dan satelit, yang secara aktif digunakan Kementerian Pertahanan dan MNS RF, “Roscosmos,” dan beberapa lembaga negara lainnya, juga penelitian unik selama bertahun-tahun,.

Proses superkomputer kabarnya data tidak dapat dipulihkan.

Serangan siber tersebut diduga melumpuhkan semua sistem HVAC (sistem super computer) dan pasokan listrik di gedung utama Planeta dan memutus jaringan stasiun yang berbasis di Pulau Bolshevik.

Pemerintah Ukraina, telah mengakui melakukan beberapa operasi pada bulan-bulan sebelumnya yang bertujuan untuk menyabotase lembaga-lembaga penting di Rusia.

Pada bulan November 2023, badan intelijen Ukraina meretas Badan Transportasi Udara Federal Rusia, 'Rosaviatsia,' dan membocorkan file yang mengungkap keadaan runtuhnya sektor penerbangan negara tersebut.

Bulan Desember 2023, pihak Ukraina mengklaim masuk ke Layanan Perpajakan Federal Rusia (FNS), menghapus database dan salinan cadangan badan tersebut.

Pusingkan, bukan cerita lapis baja, di era di gi tal, ternyata urusan saling Delete - Delete-tan.

Artikel Lain

Tiba tiba perusahaan raksasa membangun pusat data center di berbagai tempat. Agar tidak tertinggal pasar, nama Amazon, Google, Microsoft bersaing memberi layanan Cloud Compute. Untuk apa infrastruktur yang boros listrik tersebut, tentu untuk Ai. Secara global konsumsi listrik server Ai setara 1 negara.

Dalam perang dunia ke 2, Amerika memiliki divisi pasukan hantu atau Ghost Army. Pasukan berjumlah 1100 orang, bertugas untuk menyesatkan atau mengintimidasi pasukan Jerman. Tahun 2023 ada perusahaan yang membuat tank palsu ini. Siapa tahu digunakan untuk menyesatkan pasukan lain.

Sebagian kalangan muda bingung dengan peralatan kantor. Tidak pernah mengunakan peralatan scanner, Fax, mesin fotocopy, bahkan printer. Sama seperti tampil teknologi digital di era 90an, tapi generasi senior yang belajar kembali dengan yang muda. Sekarang malah berbalik.

US dan Inggris mulai membatasi ekpor teknologi. ARM perusahaan desainer chip terkena dampak. Hentikan pengunaan lisensi chip tercanggih Neoverse V untuk China. China hanya menjual chip Loongson di dalam negeri. Tersisa Rusia yang sudah terkena blok procesor dari barat termasuk AMD, Intel, Nvidia.

Kota yang penuh tikus tidak hanya di daerah pinggiran, tapi di tengah kota modern. Sampai kantor walikota menyiapkan satu jabatan khusus yang menangani hama. Gaji yang lumayan besar setingkat insinyur, dan harus siap bekerja 24 jam 7 hari. Ilmu yang dimiliki harus lebih pintar dari tikus.

Supercomputer Frontier nomor 1 dengan 600 ribu core. Jepang Fugaku masuk rangking 2 bulan Juni 2020 kecepatan 415 PFlops. Amerika akan memiliki supercomputer 2 supercomputer paling cepat tahun 2021.Disusul China memiliki supercomputer terbanyak di dunia dan 2 mencapai kecepatan ExaFlops.  Juni 2018, posisi nomor 1 super computer adalah Summit.

Bintang ketika melintas ke lubang hitam supermasif, apa bernasib sama dan hancur. Simulasi supercomputer menunjukan hal berbeda. Ada faktor yang mempengaruhi sebuah bintang akhirnya total dihancurkan gravitasi lubang hitam, tapi bintang dapat bertahan dan kembali seperti biasa.

Beberapa teknologi, mundur di awal pengunaan teknologi smartphone. Harddisk salah satu perangkat yang akan ditinggalkan. Siapa yang membutuhkan baterai backup. Jaringan 4G tidak lama pindah lagi akan ke 5G. Plasma TV yang boros power lenyap.

Kota Los Angeles sekarang melapisi jalan dengan cat abu abu atau disebut CoolSeal. Menjaga trotoar dan jalan lebih dingin. Perubahaan iklim menjadi fakta kehidupan di kota seluruh dunia. Satu kota lagi di uji coba tahun 2021 yang terkenal panas, menurunkan panas jalan sampai 5 d.C.

Pentagon telah membentuk tim untuk menyelidiki penampakan UAP. Dan mengonfirmasi bocoran gambar dan video UFO yang berada di atas kapal perang Angkatan Laut AS adalah asli. 3 benda dengan bentuk segitiga disebut benda tidak dikenal. Tidak hanya 1, ada 2 gambar lain yang ditangkap oleh militer Amerika tapi tidak dapat dijelaskan



Youtube Obengplus


Trend