Astronom dari universitas Nottingham melihat gambar dari teleskop inframerah di Bumi. Menemukan begitu banyak galaksi tua yang sangat jauh. Dipimpin oleh profesor Omar Almaini mendapatkan gambar galaksi dengan teknik Ultra Deep Survey - UDS. Ratusan galaksi terditeksi

Usia galaksi yang tertangkap teleskop dibawah ini. Diperkirakan baru berusia 5 miliar tahun  setelah terjadi Big Bang. Atau jauhnya mencapai 8-9 miliar tahun dari Bumi, mengingat usia alam semesta saat ini sekitar 13,8 miliar tahun.

Dengan mengambil gambar dari teknik UDS, kita bisa mempelajari bagaimana galaksi dalam jumlah besar yang jauh terbentuk.

Dr David Maltby seorang peneliti doktoral di universitas yang sama, dia mempelajari perubahan bentuk galaksi dan bagaimana galaksi berkembang seperti sekarang. Kita masih tidak mengerti, mengapa galaksi yang besar berbentuk elips. Sedangkan galaksi berukuran lebih kecil cenderung berbentuk bulat oval dengan lengan galaksi.

Dengan melihat galaksi lebih jauh, kita dapat melihat perubahan bentuk galaksi.

Pada gambar adalah bentuk galaksi di usia 9 miliar tahun lalu. 250 ribu galaksi dapat terlihat di langit, meliputi area 4x ukuran bulan yang terlihat di Bumi.

Tim ini mengunakan teleskop UKIRT - United Kingdom Infrared Telescope 3,8 meter yang berada pada ketinggian 4193 meter di Hawai. Menjadi teleskop nomor 2 di dunia dengan teknologi infrared. Teleskop dibangun untuk peneliti dari Inggris dan tahun 2014 diserahkan ke universitas Hawai.

Membutuhkan waktu sekitar 1000 jam untuk menangkap seluruh kombinasi cahaya yang begitu jauh.

Galaksi dari Ultra Deep Survey UDS berwarna merah dengan usia 5 miliar tahun

Foto galaksi res besar Google Photo