Galaksi dari Ultra Deep Survey UDS berwarna merah dengan usia 5 miliar tahun


Kategori : Science | Date : 3 July 2016
Astronom dari universitas Nottingham melihat gambar dari teleskop inframerah di Bumi. Menemukan begitu banyak galaksi tua yang sangat jauh. Dipimpin oleh profesor Omar Almaini mendapatkan gambar galaksi dengan teknik Ultra Deep Survey - UDS. Ratusan galaksi terditeksi

Usia galaksi yang tertangkap teleskop dibawah ini. Diperkirakan baru berusia 5 miliar tahun  setelah terjadi Big Bang. Atau jauhnya mencapai 8-9 miliar tahun dari Bumi, mengingat usia alam semesta saat ini sekitar 13,8 miliar tahun.

Dengan mengambil gambar dari teknik UDS, kita bisa mempelajari bagaimana galaksi dalam jumlah besar yang jauh terbentuk.

Dr David Maltby seorang peneliti doktoral di universitas yang sama, dia mempelajari perubahan bentuk galaksi dan bagaimana galaksi berkembang seperti sekarang. Kita masih tidak mengerti, mengapa galaksi yang besar berbentuk elips. Sedangkan galaksi berukuran lebih kecil cenderung berbentuk bulat oval dengan lengan galaksi.

Dengan melihat galaksi lebih jauh, kita dapat melihat perubahan bentuk galaksi.

Pada gambar adalah bentuk galaksi di usia 9 miliar tahun lalu. 250 ribu galaksi dapat terlihat di langit, meliputi area 4x ukuran bulan yang terlihat di Bumi.

Tim ini mengunakan teleskop UKIRT - United Kingdom Infrared Telescope 3,8 meter yang berada pada ketinggian 4193 meter di Hawai. Menjadi teleskop nomor 2 di dunia dengan teknologi infrared. Teleskop dibangun untuk peneliti dari Inggris dan tahun 2014 diserahkan ke universitas Hawai.

Membutuhkan waktu sekitar 1000 jam untuk menangkap seluruh kombinasi cahaya yang begitu jauh.

Galaksi dari Ultra Deep Survey UDS berwarna merah dengan usia 5 miliar tahun

Foto galaksi res besar Google Photo

Galaksi yang ada di alam semesta kadang terbentuk dalam kelompok. Tapi area IDCS 1426 terlihat adanya kelompok galaksi dimana keberadaan mereka sangat jauh. Bahkan baru terbentuk ketika alam semesta juga baru melewati masa Big Bang. 10 miliar tahun cahaya jauhnya.

Proses pengabungan ke 14 galaksi tersebut sudah terjadi di masa lalu, dan astronom baru menemukan dan melihat di waktu sekarang ini. Disini sebenarnya terjadi mala petaka. Karena kejadian pengabungan tersebut dilihat dari jarak 12,4 miliar tahun cahaya dari Bumi. Dan terjadi pada waktu 1,4 miliar tahun setelah Big Bang.

Umum bila galaksi akan membentuk seperti spiral atau elips. Dengan bentuk lain seperti gelembung di bagian tengah. Yang ini berantakan, seperti adanya sayap. Mengapa galaksi NGC 6240 tidak berbentuk lingkaran.



Ketika galaksi terbentuk dan mulai membentuk bintang. debu dan gas baru ada setelah ledakan bintang generasi pertama. Tapi di galaksi A2744_YD4 terlihat sudah ada dengan 3 materi dari bekas supernova

Secara umum bentuk galaksi dibagi dua, galaksi spiral dengan lengan dan galaksi elips yang terlihat bundar. Galaksi spiral, akan tampak berwarna kebiruan yang menandakan di galaksi tersebut lebih memunculkan cahaya bintang yang baru lahir.Mengapa lengan galaksi spiral lebih runcing.

Peneliti mengamati galaksi NGC 4696. Galaksi dapat merubah bentuknya sendiri dari formasi bintang, khususnya dibagian tengah galaksi. Sementara galaksi lain memiliki perubahan bentuk galaksi akibat interaksi seperti bersingunggan dan bertabrakan dengan galaksi lain

Sebuah bintang IPTF16gau meledakdan menjadi sebuah supernova. Tetapi bintang tersebut terlihat sangat jauh, tapi muncul dengan intensitas 50x lebih terang.



Tim observasi teleskop WM Keck di Hawai berhasil menghitung galaksi EGSY8p7, satu galaksi EGS-zs8-1 dengan teleskop Hubble. Mereka melihat sebuah titik cahaya sangat tua yang jaraknya 13,2 dan 13 miliar tahun cahaya dari Bumi. Galaksi ini terlihat dari teleskop ruang angkasa, dan hanya selisih 600 juta tahun setelah terjadi Big Bang. Disebut sebagai galaksi sejarah ketika pembentukan alam semesta.

Di jantung sebuah galaksi NGC 4889 terdapat salah satu lubang hitam terbesar yang pernah ditemukan. Terlihat ditengah galaksi tersebut seperti bola terang. Foto dari Hubble dari sebuah galaksi dengan nomor NGC 4889 ini cukup mengejutkan. Memiliki masa 21 miliar kali matahari, disini hanya 4 juta miliar. Update video

Galaksi NGC 6052 letaknya 230 juta tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Hercules. Disana terlihat satu galaksi, tapi sebenarnya ada 2 galaksi. Mengapa terlihat satu, sangat mudah ditebak. Kedua galaksi sedang tabrakan. Diabadikan oleh teleskop Hubble dengan kerjasama antara ESA dan Nasa.

Kelompok galaksi MACS J067 7015 diabadikan oleh teleskop Hubble. Usianya sangat muda, kurang dari 1 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta. Bentuk galaksi kuno ini berukuran kecil dan jumlahnya cukup banyak. Gambar diabadikan Hubble datang terlambat untuk dilihat oleh teleskop sampai 12 miliar tahun cahaya.

Dengan teleskop Alma, astronomi dapat melihat pembentukan formasi gas sebelum menjadi galaksi. Usia foto yang diambil ini mencapai 800 juta tahun sebelum terjadinya alam semesta (big bang). Begitu jauhnya, gas asal mula pembentukan galaksi memiliki cahaya kemerahan.


No popular articles found.