Mungkin ada penguna baru yang ingin menghubungkan smartphone Android ke WIFI. Tetapi belum tahu caranya bagaimana setting koneksi Android smartphone ke WIFI.

Sangat mudah menghubungkan smartphone Android ke WIFI, hanya butuh 4 langkah. Tetapi ada perlu diketahui seperti keterangan dibawah ini

Diagramnya dibawah ini




Ada satu smartphone dan satu alat WIFI router. WIFI router yang terpasang dirumah atau di tempat umum seperti restoran, ruang publik sampai busway bisa terhubung ke smartphone. Setiap peralatan Router dengan WIFI memiliki nama. Dan nama tersebut dikenal sebagai SSID.

Karena signal WIFI bisa diterima oleh smartphone. Untuk WIFI publik biasa mengunakan proteksi OPEN. Jadi siapa saja yang ingin terhubung bisa masuk dan memanfaatkan signal WIFI.

Satu lagi adalah Secure. Artinya di kunci, bentuknya dengan password. Hanya yang mengetahui password dapat mengunakan WIFI. Misalnya dirumah ada WIFI dan dikunci dengan password. Maka smartphone harus memasukan kunci ketika menekan nama  WIFI . Atau anda sedang makan di restoran, dan restoran mengunci WIFI mereka agar tidak semua tamu bisa mengunakannya. Kunci dapat diminta ke pemilik restoran, atau biasanya restoran akan memberikan nomor password di struk pembayaran ketika anda membeli makanan.

Sistem WIFI di smartphone secara otomatis mencari daftar WIFI yang sudah pernah terhubung. Misalnya anda pernah mengunakan WIFI gratis di museum, di busway dan dirumah atau di rumah teman. Sekali smartphone pernah terhubung, ketika digunakan ditempat berbeda atau kembali ketempat yang sama, maka otomatis smartphone akan memindahkan koneksi tersebut.

Setiap WIFI akan diberi nama misalnya obengplus.com, publik, DKI_Free_Hotspot dan lainnya. Nama itu adalah SSID.

Terakhir adalah signal WIFI bisa disembunyikan. Bila anda memiliki router di rumah, dan tidak mau orang lain mengetahui anda memiliki WIFI. Bisa di sembunyikan dengan mematikan opsi Broadcast, jadi setiap WIFI akan mengirim signal yang ditangkap di smartphone. Dan smartphone menangkap nama WIFI



Next, cara setting menghubungkan WIFI di smartphone