Camera Nikon tombol reset dan tombol reset Canon camera tersembunyi


Digital | 20 January 2016

Tombol reset Canon camera dan Tombol reset Nikon camera

Nikon menempatkan 2 tombol rahasia untuk reset camera.

Bukan rahasia sih, hanya tidak banyak yang mengetahui (membaca di manual) kombinasi tombol tersebut.

Untuk melakukan reset camera ke setting Default, ada 2 tombol yang perlu di tekan pada beberapa model camera Nikon DSLR.

Untuk model high end terdapat gambar marking warna hijau. Setidaknya ada 2 ( . ) titik hijau di sekitar tombol bodi camera. Bila tombol di samping tanda dot berwarna hijau ditekan bersamaan selama 2 detik lebih. Setting camera akan kembali seperti setting default dari pabrik.

Kombinasi tombol reset sebenarnya ada. Tapi tidak semua tombol diberikan tanda titik hijau, seperti di camera pemula paling rendah untuk seri Nikon 5000 tidak diberikan tanda 2 titik hijau. Mungkin anda perlu menempelkan sendiri.

Nikon seri D3200, D3100 tidak diberikan tombol reset default factory. Hanya bisa di aktifkan melalui setting manual di menu.

Bila tombol reset diaktifkan, yang tidak berubah adalah setting di Custom menu.

Tombol reset camera Nikon

Dibawah ini kombinasi 2 tombol reset default factory untuk camera Nikon berdasarkan tipe camera

Camera

Button 1

Button 2

D40/D40X

Shooting information button

Playback zoom/Setting button

D50

Shooting Mode button

Self timer button

D70 & D70s

BKT Button

Metering mode button

D90 & D80

 +/- Exposure Compensation button

AF Mode button

D600, D610 

 +/- Exposure Compensation button

Thumbnail button 

D100

Flash mode button

BKT Button

D810(A), D800(E), D700, D200, D300, D300S & D7000, D7100, D7200

QUAL (image quality/Size)

+/- Exposure Compensation button

D5000

Information button

Information edit button

D5100, D5200, D5300

Menu button

Information button

D1 series

FUNC (function) button

Thumbnail button

D60

Playback zoom in button

Active D-Lighting button

D2 & D3 Series, D4(S)

ISO button

White Balance button

Nikon D5300. Untuk Reset Factory. Tekan tombol menu + i. bersamaan. Control panel akan dimatikan, dan camera sudah di posisi reset ke Factory Setting.

Mereset setting camera Nikon seluruhnya.

Ada lagi tombol tersembunyi, yang ini mirip Hard Reset atau total setting camera dikembalikan seluruhnya seperti Default Setting Factory.

Misalnya Nikon D3000, D80, D40, D40X, D60 memiliki tombol reset di dalam tutup camera pada hub perangkat. D70 memiliki tombol tersembunyi di bagian bawah camera. D100 memiliki tombol reset camera di belakang tutup tempat memory card. Sedangkan D50 juga tersedia dan ditempatkan seperti D70 dibawah bodi.






Tombol reset Canon camera dSLR
Tombol reset seperti Conon EOS 6D, EOS 60D, 400D. Setting camera ke manual Mode, dan tekan Menu. Gunakan multi controller atau Quick control dial, cari di bagian paling bawah.
Tertulis Clear all camera setting, dan tekan Clear All Setting Option. Dan tekan Set Button. Scroll ke bawah, dan tekan Ok, lalu tekan tombol Set kembali

Dimana tombol Hard Reset camera anda. Silakan dicari sendiri.

Artikel Lain

Im Back adalah modul camera yang dipasang di bagian camera model analog menjadi camera film menjadi camera digital. Im Back seperti unit sensor sebagai film camera. Menganti film dengan sensor, camera analog tua jadi camera digital

Elephone EXPLORER Pro atau Ele EXPLORER Pro adalah camera action cam. Mampu merekam video 4K dengan resolusi 24 fps, dengan sudut gambar wide angle 170 derajat. Camera tersebut tahan air, dan dapat dibawah menyelam sampai kedalaman 30 meter. Harga camera 4K hanya 90 dollar



Nikon D5 adalah camera DSLR dengan kemampuan recording video 4K. Mungkin in yang ditunggu oleh kalangan profesional, camera besar, dengan kemmpuan sangat cepat. Nikon meluncurkan D4 pada tahun 2012, 2 tahun kemudian tampil Nikon D4s tapi tidak ada yang 4K.



Youtube Obengplus

Trend