Lubang hitam atau Black Hole dari galaksi M87 gambar pertama dapat dilihat


Kategori : Science | Date : 11 April 2019
Astronom mengabadikan gambar pertama dari Lubang Hitam. Setidaknya ada 2 lubang hitam, satu di inti galaksi Bima Sakti, dan di galaksi Messier 87.

Tetapi lubang hitam di tengah galaksi kita yang disebut Sagittarius A tidak menghasilkan gambar. Yang berhasil ada di tengah galaksi Messier 87

Kolaborasi internasional menghadirkan pengamatan pergeseran paradigma lubang hitam raksasa di jantung galaksi Messier 87

Galaksi Messier 87 atau dikenal dengan Virgo A atau NGC 4486.
Adalah sebuah galaksi besar berbentuk elips di rasi bintang Virgo. Diperkirakan disana terdapat 1 triliun bintang, dan belum termasuk jumlah planet
Lubang hitam disana mengeluarkan jet dari kedua kutub, ketika melemparkan materi sepanjang 5000 tahun cahaya.

Ukuran galaksi M87 berbeda seperti galaksi Bima Sakti, dengan radius 60.000 tahun cahaya dan bentuk elips.
Disana lebih sedikit kandungan debu galaksi dibanding galaksi kita dan galaksi memiliki bentuk elips lebih padat.

Mengapa galaksi M87 yang diamati. Peneliti mengatakan disana terdapat lubang hitam yang sangat besar. Dan menembakan aliran jet begitu jauh.
M87 disebut juga sebagai galaksi dengan inti yang aktif. Karena kecerahan yang tampak dari radiasi X-ray, radio dan panjang gelombang cahaya lain.

Menjadi salah satu galaksi sangat besar memancarkan gelombang radio di salah sebuah local group galaksi atau kumpulan galaksi terdekat di wilayahnya. Disana terdapat 12 ribu kelompok bintang / globular cluster. Perbandingan galaksi Bima Sakti sekitar 150-200 Globular Cluster.

Foto dibawah ini adalah letak dari galaksi M87. Spot hitam adalah bintang yang berada di galaksi Bima Sakti, dan ditutup agar tidak menganggu posisi gambar kelompok local grup galaksi Virgo dibawah ini.



Dibagian atas seperti berbentuk pola rantai, astronom menyebut Chain Markarian, atau rantai Markarian.

Local Group Galaxy Virgo M87

Ilustrasi dalam film sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gambar black hole pertama yang diumumkan tahun 2019.
Hanya bentuknya tidak sekecil dari ukuran ilutrasi film Interstelar.

Gambar ilustrasi dan bentuk asli lubang hitam

Galaksi M87  menjadi salah satu target para astronom, serta menjadi objek sinyal radio paling besar.
Di tengah galaksi terdapat sebuah lubang hitam atau kelas supermassive black hole. Gambar pertama diteliti tahun 2017 oleh teleskop Event Horizon.
Tapi membutuhkan waktu sampai selesai pengambilan pada April 2019.

Gambar dibawah ini disebut Shadow of Black Hole, atau bayang lubang hitam. Tetapi bentuk lubang hitam sendiri tidak terlihat, dipastikan berada di bagian tengah.



Pada bagian ring Lubang hitam disana, terdapat gas akreasi (lingkaran api yang berputar). Yang berputar dengan kecepatan 1000km perdetik. Dan membentang dengan luas sejauh 0,39 tahun cahaya. Ada yang menyebut seperti lubang ekstrem atau berada di tepian ruang dan waktu.
Pada batas tengah, dari batas lingkaran kuning ke arah hitam yang menuju lubang hitam. Disana yang disebut Event Horizon yang artinya semua akan tertarik masuk, baik cahayapun tidak dapat keluar dari bulatan tengah berwarna hitam.

Sebesar apa lubang hitam pada gambar tersebut. Kira kira memiliki jari jari 18-20 miliar km atau ring kuning tersebut mencapai 38 miliar km. Area berwarna kuning di lubang hitam yang tertangkap tersebut adalah area Event Horizon atau batas cakrawala, dimana benda apapun yang berada disekitarnya tidak dapat lepas dari kekuatan gravitasi lubang hitam.

Jangan melihat ukuran lubang hitam saja, tapi bayangkan sebuah benda bulat dengan kepadatan sangat tinggi dan menjadi inti sebuah galaksi. Dengan area sangat luas dan akan menarik apapun masuk ke dalam.


Ukuran lubang hitam

Teleskop Event Horizon Telescope (disingkat EHT) - adalah tipe ruang observasi teleskop radio dari delapan teleskop array dan bekerja bersama asama dari teleskop yang ada di beberapa negara
Dirancang khusus untuk bekerja sama dan menangkap gambar lubang hitam. Membentuk ukuran teleskop raksasa seukuran lingkaran bumi.

Bisa di bayangkan akresi dari cincin berwarna kuning, terlihat bergeser dari waktu ke waktu hanya dalam hitungan hari.

Salah satu bukti di luar angkasa adalah matematika yang tidak dapat dipahami oleh siapapun. Disanalah ilmu fisika dunia hancur, atau tidak berlaku lagi.
Dimana di dalam cincin tersebut adalah sebuah singluaritas, awalnya dipercaya bila semua akan terkompresi menjadi sebuah titik kecil tidak terhingga.
Sekarang kita mengetahui teori relativitas umum belum lengkap. Jadi apa yang ada di tengah cincin tersebut, tidak ada yang tahu.

Ukuran lubang hitam

10 April 2019 dalam konferensi pers terkoordinasi di seluruh dunia, tim EHT mengungkapkan bahwa mereka berhasil, bukti visual langsung pertama dari lubang hitam supermasif dan bayangannya. Sebelumnya gambar Lubang Hitam tidak dapat dilihat secara langsung dengan teleskop biasa.



Lubang hitam di tengah galaksi M87 berada 55 juta tahun cahaya dari Bumi dan memiliki massa 6,5 miliar kali Matahari.

EHT menghubungkan teleskop di seluruh dunia untuk membentuk teleskop virtual seukuran Bumi agar sensitivitas dan resolusi dapat ditingkatkan dan belum pernah dilakukan sebelumnya. Tujuannya membuat gambar lebih tajam dan lebih kuat dengan mengabungkan beberapa gambar dari teleskop berbeda tempat.

EHT adalah kolaborasi internasional selama bertahun-tahun, dan menawarkan para ilmuwan cara baru untuk mempelajari objek paling ekstrem di Semesta yang diprediksi oleh relativitas umum Einstein selama tahun seratus tahun.

"Kami telah mengambil gambar pertama dari black hole," kata direktur proyek EHT Sheperd S. Doeleman dari Center for Astrophysics | Harvard & Smithsonian. "Ini adalah prestasi ilmiah luar biasa yang dicapai oleh tim yang terdiri dari lebih dari 200 peneliti."

Lubang hitam adalah benda kosmik yang luar biasa dengan massa sangat besar tetapi ukurannya sangat kompak. Kehadiran benda-benda ini mempengaruhi lingkungan mereka dengan cara yang ekstrem, melengkungkan ruang waktu dan pemanasan akan terjadi pada materi yang berada di sekitarnya.

"Jika melihat bagian lebih dalam, seperti cakram gas bercahaya, kami berharap lubang hitam dapat menciptakan daerah gelap yang mirip dengan bayangan - sesuatu yang diprediksi relativitas umum Einstein yang belum pernah kita lihat sebelumnya," jelas ketua EHT Science. Council Heino Falcke dari Radboud University, Belanda. "Bayangan ini disebabkan oleh pembengkokan gravitasi dan penangkapan cahaya di daerah Event Horizon"

"Setelah kami yakin bahwa kami telah mencitrakan bayangan itu, dapat membandingkan pengamatan kami dengan model komputer yang mencakup fisika ruang yang di bengkok, materi yang sangat panas dan medan magnet yang kuat di sekitar lubang hitam. Banyak fitur gambar yang diamati cocok dengan pemahaman teoretis kami dengan sangat baik, "kata Paul TP Ho, anggota Dewan EHT dan Direktur Observatorium Asia Timur [

Pengamatan EHT menggunakan teknik interferometri baseline yang sangat panjang (VLBI) dan menyinkronkan fasilitas teleskop di seluruh dunia serta memanfaatkan rotasi planet untuk membentuk satu teleskop ukuran Bumi yang sangat besar.
Dan hanya mengamati panjang gelombang 1,3 mm.
VLBI memungkinkan EHT untuk mencapai resolusi sudut 20 mikro-detik - cukup untuk membaca surat kabar di New York dari kafe di Paris

Teleskop yang membantu lainnya adalah pusat observasi teleskop ALMA, APEX, IRAM 30-meter telescope, James Clerk Maxwell Telescope, Large Millimeter Telescope Alfonso Serrano, Submillimeter Array, Submillimeter Telescope, dan South Pole Telescope .

Tidak seperti gambar yang dibuat dalam bentuk animasi dan rekaan.

Data berukuran 5 Petabyte data mentah dari teleskop digabungkan oleh superkomputer sangat khusus dari tim Institut Max Planck untuk Radio Astronomi dan Observatorium Haystack MIT.
5 PB setara 5000TB, bila mengunakan harddisk 10TB maka pengumpulan data setara 500 unit harddisk. Data yang didapat sebesar 5PB hanya dalam 2 minggu saja selama proses menangkap gelombang radio dari lubang hitam.
Sampai pengolahan data dapat melihat seperti apa bentuk di sekitar Lubang Hitam yang sementara ini tidak ada yang dapat melihat

Video dibawah ini dirilis oleh HET




Dibawah ini video yang dirilis oleh ESA



EHT Director Sheperd Doeleman
Doeleman percaya salah satu alasan melihat lubang hitam adalah mereka telah lama diselimuti misteri.

"Einstein sendiri tidak begitu yakin bahwa ada lubang hitam," katanya. “Faktanya adalah kita tertarik pada hal-hal yang tidak kita mengerti, karena kita ingin tahu lebih banyak. Mereka menakutkan, tetapi kita tidak bisa memalingkan muka.



"Dan alasan mereka menakutkan, gambar yang penting, adalah karena ketika kamu melihat ke tengah, kamu menyadari bahwa kita berteori tentang monster-monster ini di luar sana, dan sekarang kita tahu mereka ada di sana. Terlebih hari ini, sekarang kita telah melihat mereka, ”lanjutnya.

"Para astronom telah mendeteksi banyak lubang hitam sejak 1970-an, tetapi dalam setiap kasus, tetapi secara tidak langsung," tambah Charles Alcock, Profesor Astrofisika Donald H. Menzel dan direktur CfA. “Ini pertama kalinya kita memiliki gambar lubang hitam itu sendiri. Ini adalah konfirmasi luar biasa dari lebih dari seabad kerja teoretis. ”

Melihat gambar itu untuk pertama kalinya, Doeleman berkata, "adalah hal yang cukup memusingkan."

Bertahun-tahun yang lalu, kenangnya, ketika bekerja di Observatorium Haystack MIT, dia di antara orang-orang pertama di planet ini yang melihat petunjuk pertama dari lubang hitam di pusat Bima Sakti.

“Saya mulai medeteksi yang sangat samar ini,” katanya, “jadi saya menjalankan beberapa analisis untuk menguatkan data, dan tiba-tiba deteksi tersebut keluar. Itu adalah momen di mana ada satu orang - saya - di dunia yang tahu apa yang baru saja terjadi”

"Kami mengadakan konferensi di sini di Black Hole Initiative, dan para siswa serta postdoc datang dan menunjukkan kepada saya beberapa data," kata Doeleman, merujuk pada pusat interdisipliner Harvard yang mempelajari fenomena tersebut. “Kita bisa melihat tanda-tanda dalam data ini ... dan kita semua hanya melihatnya, berkata, 'Wow.' Saya bekerja sampai larut malam datang dengan model seberapa besar apa yang kita lihat, dan saat itulah saya tahu kami memiliki sesuatu yang sangat, sangat menarik. "

Bagi Profesor Joseph Pellegrino University Peter Galison, gambar ini mirip dengan penemuan atom - blok bangunan mendasar dari semua materi - bukan sekadar keingintahuan teoretis.

"Diawal abad ke-20, dalam banyak cara, para ahli teori membutuhkan atom," kata Galison. “Ketika C.T.R. Wilson menunjukkan jejak atom yang dibuat ketika mereka jatuh melalui uap air, tiba-tiba jelas bahwa ini nyata, bukan hanya fiksi"

Hari ini, “objek ilmiah yang memusatkan banyak perhatian dari kita - dari matematika dan fisika hingga astronomi dan filsafat - yaitu lubang hitam.

Sekali lagi, ada teori. Sekarang, pertama kalinya, lubang hitam itu dapat terlihat.  Di sana, distorsi paling ekstrim dari ruang dan waktu yang hanya bisa kita dibayangkan, dengan massa enam miliar kali dari matahari, berada 53 juta tahun cahaya jauhnya. Dan kita bisa melihatnya. "

Pada akhirnya, kata Doeleman, penemuan itu akan menjadi penting bukan hanya untuk statusnya sebagai ilmiah pertama, tetapi untuk tanda, titik belok di mana jalan baru untuk studi kosmos terungkap.

"Ini membuka jendela baru kita untuk kembali belajar," katanya. “Kita sekarang memasuki era pengamatan lubang hitam yang presisi. Kami belum pernah memiliki data itu sebelumnya, jadi kami sekarang dapat mengajukan banyak pertanyaan yang bahkan tidak dapat kami pikirkan sebelumnya. Kita dapat mulai memisahkan proses fisik pada batas lubang hitam.

Lubang hitam berwarna kuning
Penjelasan foto Black Hole berwarna kuning tidak seperti gambaran yang didapat.

Teleskop radio dapat menangkap frekuensi yang ada di alam semesta.
Lubang hitam juga mengeluarkan frekuensi, seperti jet atau semburan dari lubang hitam dapat diabadikan mengunakan teleskop radio.
Jet yang keluar dari lubang hitam mengeluarkan frekuensi lebih rendah.
Cahaya berwarna kuning tersebut adalah emisi radio yang tertangkap dengan frekuensi lebih tinggi. Ketika teleskop radio mengamati dari frekuensi tinggi dan semakin tinggi, maka muncul bagian Event Horizon di sebuah Black Hole.

Mengapa gambar yang didapat berwarna kuning.
Lubang hitam adalah benda yang sangat padat. Mirip seperti magnet yang sangat kuat, dan dikelilingi Matter / materi berbentuk plasma.
Plasma adalah gas tapi bukan gas seperti oksigen, atau hidrogen.
Di alam semesta terdapat beberapa materi dari padat, cair, gas dan terakhir plasma.
Plasma seperti petir, terlihat ketika terjadi lompatan listrik yang sangat tinggi dari langit ke bumi. Plasma juga ada di produk konsumen seperti lampu neon atau TV Plasma sampai pembangkit fusi nuklir mengunakan materi plasma yang amat sangat panas.
Plasma terbentuk dari media elektrik netral dari partikel positif dan negatif tapi tidak saling terkait dan terlihat berbentuk seperti gas.
Ukuran cukup besar adalah matahari, ketika memancarkan suar atau muncul kilatan. Sebenarnya yang keluar adalah plasma dengan suhu sangat tinggi.
Plasma tidak berbentuk diam, tapi di sisi black hole maka plasma dapat stabil dan berbentuk lingkaran.

Sebagai contoh lampu neon berisi gas, ketika dialirkan listrik maka magnet akan mengalir di dalam tabung lampu. Dan lampu terlihat menyala.
Lubang hitam memiliki medan magnit yang sangat kuat, benda tersebut berputar dan mengeluarkan magnetik. Disekitar lubang hitam terdapat gas yang mengitari dan disebut akresi disk, dan gas terionisasi oleh medan magnet super dasyat tersebut muncul seperti bulatan / lingkaran.
Ketika gas terionisasi akan mengeluarkan frekuensi, dan frekuensi yang dihasilkan adalah frekuensi rendah.
Teleskop radio dapat memisahkan untuk menangkap frekuensi yang dikeluarkan oleh plasma. Teleskop radio dalam proyek Event Horizon inilah yang menangkap plasma dari Lubang Hitam. Sehingga terbentuk gambar atau citra seperti gambar donat.

Apakah lubang hitam berputar.
Melihat gambar pertama lubang hitam secara langsung ini disebut Shadow of Black Hole ada bayang lubang hitam.
Ada sisi gelap dan terang antara bagian atas dan bawah. Gambar tersebut menunjukana plasma yang mengitari lubang hitam ikut berputar akibat putaran dari lubang hitam. Peneliti mengatakan gambar yang ditangkap tersebut adalah lubang hitam dengan putaran searah jarum jam.
Berapa kecepatan putaran lubang hitam. Sementara tidak diketahui, ilmuwan kesulitin untuk menghiting karena semua yang ada disekitar lubang hitam terserap dan tidak dapat terditeksi.
Sementara ini, hanya diketahui lubang hitam di tengah galaksi berputar dan arah putaran saja yang diketahui oleh peneliti.

Mengapa di bagian dalam lebih gelap
Pada bagian dalam terlihat gambar sangat hitam. Tepat antara batas hitam dan kuning mungkin disebut sebagai di lingkaran Event Horizon, yang artinya kekuatan gravitasi tidak dapat dihindari lagi oleh apapan karena begitu kuat. Menjadi tempat dimana waktu dan ruang berhenti, atau tempat ketika tidak ada yang dapat pulang.

Pancaran frekuensi radio juga menghilang di bagian tersebut, dan lebih ke dalam lagi atau tepatnya ditengah. Disanalah terletak lubang hitam, dan belum ada cara untuk melihat atau belum diketemukan cara untuk melihat bentuk dari lubang hitam sendiri.

Karena kekuatan gravitasi lubang hitam begitu kuatnya. Cahaya, frekuensi radio akan berbelok ketika melintas, bahkan masuk kedalam dan tidak keluar lagi. Artinya dengan terbatasnya teknologi saat ini, tidak mampu melihat emisi apapun yang terlalu dekat dengan lubang hitam. Membuat sebuah lubang hitam tidak dapat terlihat bentuk, aktivitas atau ukurannya, sementara hanya dapat mendapatkan jejak yang ada sekeliling benda tersebut.

Berbicara Black Hole seperti benda yang dapat menyerap semuanya. Tapi jangan menyerah, pasti ada jalan keluar untuk mengetahui benda ini.
Seorang pria 100 tahun lalu bernama Einstein baru membayangkan alam semesta dan kekuatan lubang hitam. Sekarang benda tersebut mulai diungkap oleh sain.
Membutuhkan 200 ilmuwan dan 40 negara untuk mencari bukti pertanyaan dari Einstein. Dan menghabiskan biaya 44 juta euro untuk melihat lebih dekat lubang hitam.



+ Eventhorizontelescope.org

Membayangkan kekuatan dan ukuran lubang hitam, kekuatannya sama seperti bumi dipadatkan menjadi seukuran kacang. Sejauh ini ada beberapa lubang hitam terbesar, sebesar apa benda tersebut. Peneliti mengatakan jumlahnya banyak mencapai jutaan lubang hitam di galaksi kita.

Nasa mengunakan teleskop Fermi untuk melihat ledakan sinar gamma di alam semesta. Kali ini menemukan hal unik, ditemukan 5 sumber gamma yang berasal dari lubang hitam raksasa dan tertua di alam semesta. Mengapa benda ini perlu dipelajari lebih lanjut.



Miliaran tahun lalu, lubang hitam B3 1715+425 adalah lubang hitam yang ada di tengah galaksi. Tapi anehnya, sekarang dia sendirian dan tidak banyak lagi bintang yang mengelilingi dirinya sendiri. Bahkan terbang begitu cepat sampai kecepatan 3200km perdetik. Ada apa dengan lubang hitam ini.

Astronom melihat sebuah lubang hitam bergerak liar di sebuah galaksi. Ukuran lubang hitam yang diberi nomor XJ1417 + 52 tersebut diperkirakan mencapai 100 ribu kali dari massa matahari, yang biasanya ada ditengah galaksi. Cukup aneh bila sebuah lubang hitam berukuran besar bisa berada disisi luar sebuah galaksi.

Adanya lubang hitam berukuran kecil dari bekas bintang, dan jumlahnya mungkin lebih besar dari perkiraan sebelumnya.Tapi yang satu ini sangat tenang, mirip seperti lubang hitam siluman. Dibutuhkan beberapa peralatan teleskop untuk memeriksa, dan terakhir baru teridentifikasi benda ini adalah sebuah Black Hole

Lubang hitam paling dekat dengan Bumi adalah V616 Mon dengan sistem biner, kedua Cygnus X-1 yang juga sistem biner. Mengapa ada kata biner. Bagaimana dampak bagi tata surya kita bila dilewati sebuah lubang hitam.

Apakah lubang cacing atau Wormhole. Baru sebatas teori, sebuah lubang yang terbentuk dan manusia bisa pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan waktu lebih singkat. Seperti apa gambaran fisikawan dengan lubang cacing.

Akhirnya ada jawaban yang satu ini. Lubang hitam yang ada ditengah galaksi bukan hanya bentuknya saja yang sangat besar. Ternyata lubang hitam itu berputar, dan putarannya sangat cepat. Tidak bisa dihitung, karena dapat mendekati kecepatan cahaya. Apakah lubang hitam akan terus membesar, dijawab tidak



No popular articles found.