Galaksi terbesar Alcyoneus dan IC 1101 lebih besar dari galaksi Bima Sakti seratus kali


   Science | 2 December 2022

Begit

u besarnya alam semesta, astronom memperkirakan ada seratus juta galaksi yang terditeksi. Lalu galaksi apa yang terbesar yang pernah ditemukan saat ini.

Salah satu benda yang terbesar adalah galaksi. Galaksi kita adalah galaksi Milky Way atau Galaksi Bima Sakti
Tapi lebar galaksi kita yang berbentuk spiral jauh lebih kecil dibanding galaksi yang pernah ditemukan ini

Galaksi Alcyoneus Februari 2022
Jarak 3 miliar tahun dari Bumi, sebagai galaksi radio dengan lebar 5MPc, sepanjang 16,3 juta tahun cahaya  (1Mpc = 3.26 tahun cahaya).
Itu struktur yang diketahui terbesar saat ini untuk tipe galaksi radio terbesar.
Galaksi tersebut terditeksi karena lubang hitam sedang aktif memakan materi.
Meluncurkan semburan radiasi yang disebut Jet begitu jauh.

Tim mengamati mengunakan perangkat Low Frequency ARay / LOFAR dari observasi Eropa.
Terdiri dari 20 ribu antena radio yang terbesar di 52 lokasi.
Data di proses, untuk menghilangkan sumber sinyal radio dan mengkoreksi distorsi bentuk gambar optik yang tertangkap.

Begit

ulah cara menemukan galaksi Alcyoneus sampai terlihat bentuk visual.
Setelah menghitung semburan galaksi, tim Sloan mencoba mengamati sumber dari galaksi induk.
Mereka mengatakan, ada sebuah galaksi bentuk elips, dengan massa sekitar 240 miliar dari matahari.
Tapi lubang hitam supermasif sebagai pusat galaksi mencapai massa 400 juta kali matahari.
Kedua parameter tersebut dapat memberi petunjuk pertumbuhan lobus radio.
Ukuran galaksi Alcyoneus secara ke seluruhan mencapai 153 kali lebih besar dari Bima Sakti, dengan lebar setara 16,3 juta tahun cahaya.

Menurut tim peneliti, galaksi ini sangat masif, bisa saja galaksi Alcyoneus  berada di wilayah dengan kepadatan lebih rendah dari rata rata.
Atau ada interaksi antara jaring kosmik, dan tim peneliti percaya galaksi tersebut akan terus tumbuh.
Galaksi yang jaraknya 3 miliar tahun cahaya, yang kita lihat tentu bukan bentuk galaksi saat ini.



Galaksi terbesar Alcyoneus

Perbandingan click gambar , sisi kanan gambar kedua galaksi IC1101
Galaksi Bima Sakti di sisi kiri kedua, dengan lebar 120.000 tahun cahaya.

Galaksi terbesar Alcyoneus dan Galaksi 1101

Galaksi IC 1101 tahun 2014
Diperkirakan memiliki bentuk eliptikal (bundar). Jaraknya dari bumi 1 miliar tahun cahaya dari Bumi. Memang jauh sekali tapi ukuran galaksi ini heboh alias sangat besar.



Menjadi galaksi paling besar bila diamati dengan teropong di ruang angkasa, diameter galaksi ini mencapai 5.5 juta tahun cahaya.

Galaksi Bima sakti saja hanya memiliki lebar 100 ribu tahun cahaya.

Itupun manusia masih memikirkan bagaimana melakukan perjalanan ke antar bintang di dalam galaksi sendiri.

Kita lihat saja galaksi paling dekat atau disamping Bimasakti / Milky Way adalah galaksi Andromeda.

Ukurannya lebih besarnya 2x dari Milky Way dengan bentangan 200 ribu tahun cahaya. Setelah itu ada Cloud (disebut awan gas) besar atau galaksi Messier 87 dengan diameter 500 ribu tahun cahaya. Yang ini saja sudah 10x lebih luas bentangannya dari galaksi kita

Tetapi galaksi IC 1101 memiliki ukuran 50 kali lebih panjang, membentang sekitar 5-6 juta tahun cahaya. Diperkirakan disana terdapat 100 triliun bintang.

Bila galaksi Bima Sakti dimasukan ke ukuran IC 1101, entah berapa galaksi yang dapat masuk kedalam. Seperti apa gambar galaksi terbesar yang pernah ditemukan.

Pada gambar dimulai dari
  1. Galaksi Bimasakti atau Milky way sendiri, lebarnya 100 ribu tahun cahaya
  2. Galaksi Bimasakti vs Galaksi Andromedia, 2x lebih besar dari Bima Sakti mencapai lebar 200.000 tahun cahaya
  3. Disusul perbandingan dengan Andromeda, Messier 87. Memiliki lebar 5x dari galaksi Bima Sakti
  4. Terakhir IC 1101. Bisa terlihat galaksi Bima sakti paling kiri di gambar bawah terlihat sangat kecil. Lebarnya 5.5 juta tahun cahaya.

perbandingan galaksi bima sakti dengan galaksi terbesar di alam
semesta IC1101

Ukuran galaksi IC 1101 tidak terbentuk oleh dirinya sendirian, diperkirakan galaksi ini pernah bergabung dengan galaksi lain dan menyatu menjadi galaksi raksasa lainnya.

Disana diperkirakan memiliki lubang hitam amat sangat besar, jauh lebih besar dari lubang di Bimasakti sebagai inti galaksi.

Walau terlihat bsar dan perkasa, banyak bintang disana diperkirakan berukuran besar. Umumnya galaksi besar memang memiliki banyak bintang raksasa, tapi umur bintang disana tidak akan lama dan banyak bintang raksasa berumur lebih pendek dan meledak lalu berakhir mati.

Bintang disana lebih banyak berwarna kuning, beberapa diantaranya lebih tua dari usia matahari kita atau lebih dari 7 miliar tahun (waktu di bumi sekarang)
Penemu galaksi IC1101 adalah Frederick William Herschel astronom asal Inggris. Dan masuk katalog indek nebula dan cluster dengan objek 1.101 oleh Louis Emil Dreyer.



Karena sebuah bintang besar akan membakar gas lebih banyak. Bandingkan dengan matahari, ukurannya sedang saja dan terus menyala lebih lama. Bisa dikatakan galaksi berukuran besar akan mati lebih cepat secara perlahan, tapi entah kapan sampai semua bintang disana redup dan blep sehingga tidak terlihat lagi.

Bila posisi galaksi IC 1101 mengantikan posisi galaksi Bima Sakti. Bentangan galaksi tersebut akan mencapai galaksi kecil di sebelah Bima Sakti yaitu satelit galaksi LMC dan SMC termasuk galaksi tetangga di sebelah galaksi Andromeda dan Triangulum. Seluruhnya akan masuk menjadi bagian di galaksi IC 1101.

Foto dibawah ini adalah bentuk galaksi IC1101. Diperkirakan memiliki 3 triliun bintang. Bentuk galaksi yang sangat lebar ini terlihat meluas dan lebih pudar pada bagian inti. Foto dibawah ini diambil dari teleksop Digitized Sky Survey 2 milik Nasa

Bentuk asli galaksi terbesar yang pernah ditemukan di alam semesta
galaksi IC1101

Warna galaksi IC 1101 cenderung berwarna kuning. Umumnya bintang di galaksi akan terlihat berwarna biru, yang diartikan pembentukan bintang di galaksi sedang aktif.

Sedangkan warna kuning atau merah menunjukan pertumbuhan bintang mulai surut dan sangat sedikit muncul bintang baru.

Kecuali suatu hari IC 1101 kembali bertabrakan dengan galaksi lain, bisa memicu munculnya bintang baru disana. Hanya saja kepadatan di daerah berwarna kuning tersebut menunjukan bintang tua. Artinya dibagian tengah galaksi perlahan lebih cepat mati.

Galaksi IC 1101 dalam warna

Tidak terbayang bila tinggal di galaksi raksasa seperti IC 1101. Dimalam hari pasti akan terlihat banyak bintang dilangit.

Galaksi Spiral terbesar
Untuk galaksi dengan lengan spiral seperti galaksi kita. Galaksi spiral terbesar adalah UGC 2885.

Tapi galaksi ini hanya melebar, karena cakram galaksi terganggu oleh galaksi lain. Memiliki diamter antara 832 ribu tahun cahaya.
Galaksi UGC 2885 terletak 313 juta tahun cahaya.

4Galaksi spiral terbesar UGC 2885

Dibawah ini daftar galaksi terbesar yang pernah ditemukan

Galaxy Size (ly/tahun cahaya) Tipe Galaksi Catatan
IC 1101 5,500,000 ly E3 Setelah dilaporkan akhir tahun 1980. Galaksi IC 1101 menjadi yang terbesar.
BCG of Phoenix Cluster 2,200,000 ly E3 Galaksi Starburs berukuran elips
NGC 262 1,300,000 ly S0-a Nama lain Markarian 348. Memiliki cahaya halo hidrogen sangat besar, tapi bintang yang ada di sana mungkin hanya 88.000 tahun cahaya
Coma B 1,300,000 ly cD;E4;Dd  
NGC 4874 >1,000,000 ly cD  
300 other Abell cluster BCGs >1,000,000 ly    
A2261-BCG 1,000,000 ly cD E  
ESO 306-17 1,000,000 ly cD3  
UGC 2885 416,000–832,000 ly Sc Galaksi spiral terbesar
Malin 1 650,000 ly SB0a  
Comet Galaxy 600,000 ly Spiral  
NGC 6872 370,000–522,000 ly SB(s)b pec  

Bagaimana dengan galaksi Bima Sakti, anda bisa membuat foto galaksi kita sendiri

Artikel Lain

Video posisi Lubang Hitam di galaksi Bima Sakti. Teleksop Hubble membuat foto terbaru dari inti galaksi Bima Sakti. Mengungkap disana terdapat sekelompok bintang setidaknya mencapai setengah juta bintang. JWST melihat lebih dalam, masih ada awan besar terlihat terionisasi.

Galaksi NGC 5068 memiliki keunikan sebagai galaksi spiral palang. Di dalam galaksi terdapat dua usia bintang berbeda. Dan yang paling muda muncul di bagian lengan melintang. Diperkiraan usia bintang baru di bagian palang tersebut baru 2 miliar tahun, dibanding usia galaksinya sendiri yang jauh lebih tua.



Tim yang menghitung 4 galaksi terjauh dengan pergeseran Redshift mencapai angka 13. Artinya hanya beberapa juta tahun setelah terbentuk Big Bang. Menjadi pertanyaan, bagaimana galaksi sudah terbentuk lebih cepat. Mengapa teori alam semesta mulai dipertanyakan.

Program Noirlab2301 melakukan pengamatan selama 2 tahun, untuk membuat katalog isi Bima Sakti. Dengan bidang 130 derajat di langit saja telah memtakan atau mendapat 3,3 miliar objek termasuk bintang, nebula dan lainnya  yang ada di lengan galaksi. Semua titik seperti debu tersebut adalah bintang.

Pergerakan orbit bintang di galaksi yang berbeda antara bintang kuning dan biru. Secara umum bentuk galaksi spiral dengan lengan dan galaksi elips bundar. Galaksi spiral, akan tampak berwarna kebiruan tanda banyak bintang baru. Bentuk elips dan spiral dalam pembentukan galaksi, kadang tidak terkait dengan tabrakan tapi gravitasi.

Galaksi BRI 1335-0417 ditemukan dengan teleskop radio ALMA di Chili. Keunikan galaksi ini adalah galaksi berbentuk spiral tertua, mengalahkan rekor sebelumnya 1 juta tahun lebih tua ketika puncaknya galaksi galaksi di alam semesta mulai membentuk bintang

Astronom modern tidak hanya melihat objek dengan pengamatan teleskop optik. Tahun 2020 tepat 75 tahun dari teleskop radio Jodrell Bank. Merubah pengamatan benda di ruang angkasa tidak hanya mengandalkan teleskop optik. Tapi menangkap sinyal radio dari objek yang diamati.



2 Cluster galaksi akan bertabrakan, apa yang terlihat di antara keduanya seperti ada jembatang penghubung. Masalahnya luas struktur mencapai panjang 6,5 juta tahun. Disebut filamen dari penghubung antar galaksi, yang membentuk jaringan kosmik atau Cosmic Web sebagai jaring di antara galaksi di alam semesta

Astronom membuat sebuah gambar dengan observasi dari teleskop radio. Dimana gambar setiap titik ini adalah gambar galaksi yang sangat jauh. Dan belum pernah terditeksi sebelumnya. Bagaimana setiap titik ini di dapat. Foto tentang galakasi ini diabadikan dari teleskop radio South African Radio Astronomy Observatory MeerKAT.

Ketika 2 galaksi yang sama kuat, akhirnya bertabrakan dengan posisi yang tepat. Mereka seperti membentuk wajah hantu, dengan mata hidung dan lingkaran wajah.  Tabrakan galaksi Arp-Madore 2026-424 adalah tabrakan langka. Alasannya keduanya memiliki ukuran yang sama, dan ketikaa tabrakan terjadi memiliki arah yang sama

Kita tahu benda menakutkan itu ada disana, dan kita tidak bisa memalingkan muka. Astronom mendapat gambar langsung bayang lubang hitam. Data berukuran Petabyte data teleskop radio dan proses superkomputer sangat khusus. 2023, dibantu PRIMO mengolah data teleskop radio dengan bantuan AI, gambar lebih jelas

El Gordo memiliki nama resmi SPT0615-JD. Disebut juga sebagai The Fat One, salah satu cluster atau gugus kumpulan galaksi terbesar yang pernah ditemukan. Terbentuknya SPT0615-JD akibat 2 gugus galaksi yang dahulunya terpisah dan bergerak saling mendekat dan menjadi satu gugus galaksi baru.

Proses pengabungan ke 14 galaksi tersebut sudah terjadi di masa lalu, dan astronom baru menemukan dan melihat di waktu sekarang ini. Disini sebenarnya terjadi mala petaka. Karena kejadian pengabungan tersebut dilihat dari jarak 12,4 miliar tahun cahaya dari Bumi. Dan terjadi pada waktu 1,4 miliar tahun setelah Big Bang.

Di sekitar galaksi Bima Sakti terdapat Local Group galaksi atau Bima Sakti menjadi bagian grup tersebut. Tetapi kelompok galaksi di Local Group ternyata bergerak dan mendekati grup lain yang lebih besar. Disebut Great Attractor. Apakah keduanya akan bertabrakan.



Tempat dimana terlihat seperti titik cahaya ini  bukan kunang kunang, bahkan bintang. Tapi galaksi yang berkelompok disebut Super Cluter. Diperkirakan ditempat ini terdapat 10 juta x miliar matahari. Supercluster adalah struktur terbesar di alam semesta

Benda antariksa terbesar berdasarkan kategori. Bumi pernah di tabrak  meteor seukuran 10km dan memusnakan dinosaurus. Bila asteroid Ceres berukuran 1000km nyasar ke bumi. Struktur terbesar dengan nama BOSS memanjang 1 miliar tahun cahaya. Kenyataannya ada yang sangat besar sekali.



Youtube Obengplus

Trend