Kalau ditanya apa GPS atau alat navigasi. Kita semua tahu perangkat tersebut dapat memberikan lokasi keberadaan di suatu tempat. Mungkin kita kurang mendapatkan informasi, dari perangkat GPS atau apa saja yang dapat di manfaatkan dengan perangkat navigasi.

GPS mengunakan sistem konstelasi satelit yang memancarkan koordinat keberadaan posisi satelit. Signal ditangkap oleh perangkat navigasi, dan diolah menjadi posisi koordinat di bumi. Signal GPS dapat dimanfaatkan sebagai
  • Penunjuk posisi dimana perangkat berada.
  • Membuat rute jalan.
  • Sebagai navigasi atau penunjuk arah jalan
  • Mencatatat dan menghitung perkiraan jarak dan waktu. Seperti jarak tempuh, waktu tempuh, rute jalan alternatif dan lainnya.

Bagaimana perangkat menerima sinyal GPS

GPS navigasi dapat memanfaatkan penerimaan sinyal dari satelit atau sinyal tambahan dari BTS pada telepon selular.

Untuk perangkat yang menerima sinyal GPS, dapat digambarkan seperti dibawah ini. Ada beberapa satelit GPS, masing masing mengorbit bumi setiap 12 jam. Posisi satelit akan bergerak lebih cepat 2 jam setiap satu jam dari posisi keberadaan kita. Gambar koordinat diperlukan 3 satelit untuk mengambar posisi 2 dimensi, dan minimum menerima sinyal 3 satelit untuk posisi 3 dimensi. Posisi 3 dimensi dimanfaatkan untuk menunjukan posisi ketinggian.

Saat ini ada 2 sistem satelit yang dibuka umum yaitu GPS dan Glonass


Perangkat yang dapat menerima sinyal GPS dan A-GPS adalah telepon selular. Umumnya smartphone dapat menerima 2 sinyal berbeda. Satu dari satelit, dan satu lagi sinyal satelit diterima oleh BTS dan dikirim kembali ke smartphone sebagai sinyal A-GPS (Assistance GPS). Keuntungan A-GPS cocok untuk daerah urban seperti perkotaan. Fungsinya untuk membantu penerimaan sinyal GPS yang lemah atau terganggu.


Beberapa aplikasi dan perangkat dari teknologi navigasi

GPS dari penerbangan dan pelayaran
GPS ini untuk menerima sinyal satelit navigasi dan dimanfaatkan untuk penerbangan dan pelayaran. Teknologi GPS baru tampil tampil tahun 70an, tapi di tahun 80an dibuka untuk publik. Akurasi sinyal satelit GPS baru diberikan penuh pada tahun 2000. Pilot dan nakoda kapal hanya tergantung dengan alat radar navigasi, alam dan kompas. Sekarang jauh lebih mudah, dengan auto pilot maka pesawat bisa terbang sendiri. Demikian juga dengan pelayaran kapal besar, tidak lagi mengikuti panduan dari cahaya mercusuar dan bintang. Sekarang dapat memanfaatkan alat GPS.
Perangkat GPS untuk penerbangan umumnya digabungkan dengan fungsi lain. Seperti fungsi peta, rute, way point, penerimaan signal satelit untuk cuaca, radio dan lainnya. Menjadi peralatan navigasi paling lengkap. Kecuali tidak bisa dipakai untuk telepon.





Alat GPS navigasi kendaraan
Biasanya ditempelkan di dekat panel dashboard kendaraan. Alat ini sebagai penunjuk rute jalan. Akan memberikan gambar arah jalan secara umum yang akan dituju. Biasanya dilengkapi dengan suara seperti berapa meter akan berbelok, dan peta jalan sudah disimpan di dalam memory. Sebuah peta dapat dilengkapi dengan data lain seperti tempat pengisian bahan bakar, nama tempat dan lainnya.
Umumnya mengandalkan signal satelit navigasi saja.


GPS Handheld
GPS Handheld atau GPS tangan memiliki ukuran lebih kecil. Fungsi utama alat ini sebagai penunjuk lokasi. Tapi ada beberapa perangkat yang cukup mahal menawarkan perangkat tambahan . Seperti peta dengan kualitas high res / berwarna, memiliki pengukuran lokasi dan ketinggian, umumnya ditambahkan fungsi sebagai GPS Logger, tambahan perangkat seperti camera dan lainnya. Mengunakan power baterai, rata rata bekerja selama 24 jam nonstop.
Alat GPS Handheld secara umum dibuat lebih tahan jatuh dan tahan air. Umumnya digunakan untuk kegiatan outdoor atau alam bebas. Seperti pendaki gunung, atau trekking. Menunjukan peta, ketinggian bahkan beberapa alat dapat menunjukan suhu. Secara umum hanya menerima signal dari satelit GPS, karena singyal GPS lebih akurat dalam menunjukan posisi.




GPS pada smartphone
Smartphone juga dilengkapi dengan GPS. Dapat dijadikan sebagai alat navigasi yang diaktifkan dengan aplikasi tambahan. Karena smartphone lebih layak disebut computer kecil. Maka dapat di install dengan aplikasi seperti aplikasi chatting, peta, termasuk aplikasi GPS. Dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan terkait dengan teknologi navigasi.
GPS di smartphone mendapatkan koordinat dari chip untuk menerima 2 sinyal. Pertama sinyal dari satelit GPS, kedua dari sinyal A-GPS / sinyal dari BTS.
Tapi beberapa software navigasi meminta smartphone mengaktifkan perangkat penerimaan GPS. Ada juga software yang tidak membutuhkan sinyal GPS tapi cukup mengambil koordinat dari A-GPS dari BTS saja. Seperti Google Maps lebih fleksibel untuk menerima sinyal A-GPS dan GPS.
Sinyal satelit yang diterima juga berbeda. Smartphone dengan chip Qualcomm dapat menerima sinyal Glonass, GPS dan A-GPS, sedangkan merek chip lain saat ini masih mengandalkan sinyal dari satelit GPS dan A-GPS.



GPS Logger
Alat ini mengunakan power baterai dan menerima sinyal navigasi dari satelit. Ada juga beberapa perangkat mengunakan chip dari provider telepon. Fungsi utama alat ini adalah mencatat kemana saja alat dibawah. Misalnya ditaruh di  ransel lalu seseorang berpergian. Setelah sampai di tempat tujuan, ingin melihat rute yang sudah dilalui. Tinggal diambil file dari GPS Logger, lalu diolah dan dilihat pada layar computer.
Fungsi utama hanya untuk mencatat kemana saja rute yang sudah dilalui. Umumnya bekerja dengan baterai sampai 20-24 jam nonstop.


Jam GPS
Ada beberapa jam dilengkapi dengan mencocokan waktu dari sinyal GPS. Digunakan untuk akurasi jam sesuai keberadaan si pemilik jam berada. Tapi jam GPS paling umum digunakann aktivitas olahraga. Mencatat kemana saja seseorang berjalan atau berlari, mencatat berapa jarak, kecepatan, bahkan dapat digabung dengan kalkulator kalori yang dibakar ketika berolahraga.
Jam GPS umumnya memiliki sensor standar dari penerimaan sinyal GPS yang sensitif, kalibrasi ketinggian, barometer dan kompas. Fungsi jam juga berbeda beda, ada yang hanya mencatat secara umum dari total jarak, ada juga dapat menampilkan gambar trek, dan lainnya.



Camera GPS
Ini salah satu produk baru adalah camera dengan GPS, termasuk smartphone dapat menambah foto dengan data GPS. Setiap file foto dapat ditambahkan informasi lokasi dari metadata dan disimpan didalam file foto. Seperti jam berapa foto diambil, setting camera, termasuk data lokasi GPS. Tapi data lokasi GPS hanya opsi dan bisa on / off. Seperti smartphone yang memiliki perangkat GPS akan menambahkan koordinat lokasi bila diaktifkan. Beberapa camera digital  sudah menambahkan perangkat penerimaan data GPS dari satelit.
Beberapa camera yang belum memiliki penerimaan secara internal, bisa ditambahkan dengan alat ekternal. Atau dapat juga mengolah kembali dengan software untuk mengabungkan dari data perangkat lain seperti data smartphone dan alat GPS lain, dan menginject data GPS ke dalam file Foto.




Perangkat diatas hanya sebagian saja yang mengandalkan teknologi navigasi dari satelit GPS. Untuk penerapan dibidang lain akan lebih banyak lagi, termasuk untuk bidang militer.



Selanjutnya beberapa pemakaian umum untuk alat GPS.