Science | 17 August 2017

Planet Super Earth Gliese 832c satu planet mirip bumi yang dicari planet ke 3


Peneliti memperhitungkan ada planet lain dari 2 planet gliese 832c dan b dengan posisi lebih tepat

Planet Gliese 832c disebut sebagai Super Earth, katanya bisa sebagai planet untuk tinggal manusia.

Jaraknya masih masuk akal bila suatu hari mampir kesana. Ada cairan juga, dan jaraknya hanya 16 tahun cahaya. Planet ini diumumkan oleh Nasa

Kalau jarak jadi relatif, karena bintang paling yaitu Proxima Centauri dekat saja mencapai jarak 4,2 tahun.

Yang ini lebih jauh sedikit. Mengapa disebut Super Earth, karena ukurannya 5x lebih besar masanya dari bumi.

Planet ini dihitung mengitari bintang induknya setiap 36 hari (bumi 365 hari). Walau planet ini sangat dekat dengan bintang induk, nah si bintang induknya ini relatif redup dan lebih dingin dari matahari kita.

Dibawah ini gambar rekaan artis, perbandingan bumi dengan Gliese 832c



Agustus 2017
Tahun 2018 ditemukan planet Gliese 832b tapi bukan planet berbatu, melainkan planet gas seperti Jupiter. Memiliki orbit 3-3,8 Au (kali jarak mataharai ke Bumi)
Tahun 2014, ditemukan Gliese 832c. Yang satu ini berbeda dengan permukaan berbatu. Dengan orbit sangat dekat sekitar 0,16Au.

Seperti parameter perkiraan dibawah ini.
Dalam perhitungan penelitian, masih memungkinkan ditemukan planet lain di Gliese 832 dan beada di zona hijau atau biru.



Planet Super Earth Gliese 832c satu planet mirip bumi yang dicari planet ke 3


Peneliti masih mencari planet ke 3, dan harapannya berada di antra planet b dan c. Peneliti mencoba memperhitungan posisi planet ke 3 yang mungkin ada disana.
Setelah data di dapat, kemungkinan masih ada planet lain yang belum terditeksi. Denganukuran antara 1-15 kali massa Bumi. Dan berada pada jarak 0,25-02 Au.
Peneliti juga memperikirakan planet ke 3 memiliki orbit yang stabil setidaknya sudah stabil sejak 1 miliar tahun lalu.
Seandainya ada planet lain diantara keduanya. Mungkin berada di posisi seperti Venus atau yang paling diharapkan ada planet seperti planet Mars.
Penelitian pencarian planet ke 3 ini masih berlanjut, menunggu teleskop generasi baru James Webb.
+ Uta Edu


Artikel Lain

Dalam catatan terakhir di awal 2023, sekitar 1597 planet telah ditemukan dan masuk kategori Super Earth. Data penemuan tim astronom termasuk NASA dan ESO, telah menemukan beberapa planet di lebih dari  1500 tata surya di luar Bumi. Perbedaan semua planet yang ditemukan disebut Exoplanet, tapi yang penting kategori Super Earth

Bintang HD 23472 memiliki 5 planet, tapi ada yang unik disana. Astronom mengatakan 2 planet paling depan sangat tidak mungkin terbentuk, tapi disana ada. Dan 3 planet lain ditemukan seukuran Bumi. Penelitian berlanjut untuk atmofer planet.



Astronom banyak menemukan planet di luar tata surya. Sebagian berharap menemukan planet dengan ukuran yang sama seperti Bumi. Tapi apa yang ditemukan belum tentu mirip. Astronom tidak mencari planet berwarna biru kabur, tapi mencari warna kuning yang artinya lebih banyak daratan.

Tahun 2022, 3 planet unik ditemukan sebagai Super Earth. Planet TOI-4306b posisi paling depan ditemukan pertama, disusul planet kedua lebih menarik. Satu planet di tata surya lain disebut TOI-1452b sebagai planet samudra dengan air berlimpah.

Awal tata surya terbentuk, ada 3 cincin di matahari. Tekanan di cincin tengah membuat ukuran Bumi ideal. Tapi berdasarkan 30% bintang seukuran matahari, disana terdapat Super Earth. Bila cincin kedua tidak ada maka Bumi akan berbeda dibanding saat ini.

Sebuah planet MOA-2016-BLG-227Lb ditemukan, tapi ukurannya 3x lebih besr dari planet Jupiter. Planet ini ini mengorbit ke sebuah bintang coklat atau disebut juga bintang kerdil dalam kelas bintang M.

Mendeteksi sebuah planet yang memiliki atmofer seperti Bumi bukan hal istimewa. Tapi menemukan planet dengan atmofer dengan ukuran kecil seperti Bumi, ceritanya berbeda. Planet GJ 1132b ini menarik, diketahui memiliki atmofer dengan ukuran 1,4x lebih besar dari Bumi.



Kriteria mencar planet mirip Bumi, kriteria apa saja yang ada dari penemuan sebuah planet. Ukuran yang tepat belum tentu planet cocok untuk manusia. Banyak kriteria mininum yang ada sampai manusia bisa tinggal di sebuah planet baru.

Teleskop Kepler menemukan tata surya yang mirip kembaran Bumi. Tata surya Kepler 444 diteliti selama 4 tahun. Disana adalah tata surya tua yang umurnya 11,2 miliar tahun, memiliki 5 planet seukuran bumi mengelilingi bintang. Di tata surya tersebut 2,5 kali lebih tua umurnya dari tata surya kita.

Sebuah bintang HL Tau sedang dikelilingi oleh cincin debu dan gas. Kali ini difoto dari teleskop raksasa Atacam Large Milimeter di Chile. Disana sedang terbentuk tata surya baru, termasuk pembentukan bintang dan planet. Dengan teleskop ALMA akhirnya didapat sebuah gambar indah. Sebuah calon planet baru

Ilmuwan menemukan semua planet yang dinamai planet HAT-P11b. Planet ini diperkirakan memiliki air. Planet HAT-P11b mengelilingi sebuah matahari, dan ditemukan jejak air oleh Harvard Center Astrophysic. Berada di konstelasi Cyngus ditemukan Januari 2009.

Bila tinggal di Gliese 667c, mataharinya besar sekali. Update dengan planet Gliese 581g pertama kali di temukan setelah ditliti lebih lanjut ternyata tidak ada. Hanya 3 planet yang sudah di konfirmasi memang ada di tata surya Gliese 581

Venus adalah teka teki di tata surya kita, dahulu dingin seperti Bumi. Ukuran planet ini mirip seperti Bumi, dari masanya dan lingkarannya relatif sama. Apakah mungkin manusia bisa berdiri di planet ini. 2-3 juta tahun lalu disana ada air, tapi menghilang.

Cerita film sain fiksi mungkin menjadi kenyataan. Salah satunya dari rancangan pesawat ruang angkasa baru. Mirip seperti kota kecil yang mengambang diatas, dan serius dibuat oleh para ilmuwan. Bentuknya seperti dibawah ini. Jauh lebih besar dari pesawat ulang aling, bahkan setara ukuran gedung bertingkat.



Planet Kepler 10c memiliki ukuran 2 kali dari bumi, walau ukurannya lebih besar tapi massa planet ini 17x lebih padat. Ditemukan tahun 2011 oleh teleskop Kepler, jaraknya sekitar 560 tahun cahaya dari bumi. Radius planet sekitar 2x dari radius Bumi. Jangan berharap pindah kesana.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.