Galaksi terjauh MAMBO-9 begitu jauh 13 miliar tahun cahaya dilihat bentuk utuh


Science | 14 December 2019

Galaksi MAMBO-9 memecahkan rekor baru yang dapat di amati oleh astronom.

Karena jaraknya dari Bumi dan mendekati 13 miliar tahun cahaya, dan salah satu galaksi terjauh yang dapat diamati.

Kalau ditanya seperti apa jarak itu. Usia alam semesta 13,7 miliar tahun. Tepatnya baru 970 juta tahun galaksi tersebut lahir. Sedangkan kita saat ini berada di waktu 13,7 milar tahun setelah alam semesta lahir.

Apa yang dilihat di galaksi MAMBO-9 diperkirakan hanya terdiri dari 100 bintang dengan debu dan gas kosmik saja kata peneliti Caitlin Casey dari universitas Texas Austin.

Galaksi MAMBO-9 belum mampu memproduksi banyak bintang seperti galaksi yang ada saat ini. Misal galaksi Bima Sakti saja dapat mencapai 1 miliar bintang lebih.

Cahaya dan bentuk galaksi MAMBO-9 harus menempuh waktu begitu jauh, selama 13 miliar tahun untuk mencapai dan terlihat di Bumi.
Dimana letak si MAMBO-9, entahlah. Mungkin sudah semakin jauh dari kita, atau dikalikan 2 dari jarak pengamatan sekarang.

Untuk melihat MAMBO-9 tidak mengunakan teleskop optik biasa. Melainkan teleskop radio ALMA di Chile.

Teorinya, astronom tidak berharap melihat galaksi galaksi dengan pembibitan bitang raksasa di tempat yang jauh seperti di galaksi MAMBO-9.
Nyatanya, temuan galaksi tersebut mengubah pemahaman bahwa galaksi sudah dapat memiliki bintang besar lebih cepat dari waktunya.

Mengingat jumlah besar produksi bintang di galaksi generasi pertama. Tentu dapat mempengaruhi isi alam semesta dan membantu galaksi berevolusi.



Hanya saja pabrik bintang dari debu dan gas ini diluar jarak yang kita pikirkan katanya.

Galaksi galaksi seperti ini cenderung bersembunyi di depan mata kita kata Caitlin.
Kita tahu mereka ada disana, tapi kita tidak melihat.

10 tahun lalu rekan penulis Manuel Aravena dari universitas Diego Portales di Chili pertama kali menditeksi cahaya dari galaksi mengunakan instrumen MAMBO. Atau dikenal dengan Max Planck Millimeter Bolometer dengan teleskop 30meter IRAM Spanyol.

Ketika menemukan MAMBO pertama astronom Jerman Aravena sendiri masih ragu. Karena benda tersebut tidak dapat ditemukan oleh teleskop lain.

Mengunakan teleskop radio yang lebih kuat saat ini adalah teleskop ALMA. Masalahnya ketika melakukan pengamatan, gelombang radio yang tertangkap sangat terganggu dengan galaksi lain yang ada di depannya atau lebih dekat ke kita.

Kadang galaksi yang begitu jauh, juga muncul ketika terhalang oleh galaksi di depannya. Yang disebut lensa gravitasi, dimana benda lebih jauh bisa muncul dan di perbesar.
Galaksi yang jauh seperti diperbesar oleh kaca pembesar akibat gravitasi lensa lubang hitam yang menghalangi.
Hanya saja, gambar yang terlihat tidak berbentuk utuh.  Kadang muncul gambar melengkung, dapat muncul 2 gambar, kadang 4 bahkan lebih. Walau objek yang dilihat dari Bumi adalah satu objek, gambar galaksi yang tampak akibat gravitasi lensa, memiliki bentuk tidak utuh.

Untuk melihat langsung galaksi yang begitu jauh. Galaksi yang lebih dekat atau di bagian depan akan menghalangi pengamatan dari Bumi.

Tentang Galaksi MAMBO-9.
Galaksi tersebut begitu baru, atau munculnya bintang generasi pertama.
Kita tahu galaksi berevolusi, demikian juga bintang. Bintang memiliki tipe generasi.

Generasi bintang
Sumber bahan bakar bintang adalah gas hidrogen. Ketika bintang generasi pertama lahir, disana adalah bintang murni atau tidak memiliki materi padat.
Setelah bintang generasi pertama meledak, akan lahir bintang generasi kedua. Tetapi tetap membawa gas lebih banyak dibanding materi padat.
Bintang generasi ketiga seperti bintang matahari kita. Memiliki kandungan bahan metal.

Proses di alam semesta seperti daur ulang yang berlangsung miliaran tahun.
Bintang meledak lalu membentuk bintang baru yang lebih kecil. Sekaligus membentuk lubang hitam ukuran kecil.
Galaksi kecil bertabrakan dengan galaksi lain, dan bergabung memjadi galaksi lebih besar. Proses pengabungan juga mengabung 2 lubab hitam supermasif menjadi satu.
Posisi bintang termasuk planet yang hadir akan berubah posisinya ketika terjadi pengabungan antara 2 atau 3 galaksi.



Sedangkan di galaksi MAMBO-9 ini, belum membangun bintang bintang ukuran besar kata Casey. Walau kandungan debu atau gas jauh lebih besar disana, mencapai 10x lebih banyak dibanding semua bintang galaksi kita.

2 gambar dibawah ini, gambar merah seperti kabut adalah gambar yang tertangkap oleh teleskop radio. Sedangkan gambar kedua gambar artis seperti kondisi disana.

Pada gambar merah, terdapat 2 bagian, dan dalam proses bergabung.

Galaksi MAMBO-9 begitu jauh 13 miliar tahun cahaya

Berita terkait
Ketika alam semesta lahir, ada galaksi diawal pembentukan alam semesta. Tapi tim peneliti yang dikepalai Tanaka melihat ada galaksi yang sudah redup lebih dahulu. Bahkan disebut galaksi yang sangat awal. Dimana gambar yang terlihat baru berusia 1,5 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta. Mengapa bisa terjadi galaksi sudah redup.

Gravitasi lensa disebabkan cahaya terhalang sebuah black hole, membuat benda seperti galaksi mengalami pembesaran cahaya. Dimana letak gravitasi lensa, gambar dari teleskop Hubble memperlihatkan bidang yang sangat kecil. Bila di perbesar akan terlihat kelompok galaksi Abell S1063, dimana galaksi dibelakangnya muncul. 2 galaksi J2211-3050, satu galaksi muncul 4 gambar dengan berbeda jarak 7 - 20 miliar tahun cahaya. Nov 2019 PSZ1 G311.65-18.48 muncul sampai 12 kali



Sebuah foto galaksi berbentuk spiral M51, letaknya 23 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi tersebut sedang mendekati sebuah galaksi kecil dan sedang  mengambil bagian galaksi yang kecil.  Kombinasi gambar teleskop biasa dan teleskop Spitzer dapat melihat lebih detil apa yang terjadi disana.

Galaksi Biden 1 tampak di belakang kelompok gugus bintang. Ditemukan tidak sengaja oleh astronom ketika menganalisai gugus bintang NGC 6752. Galaksi kerdil yang usianya sangat tua, diperkirakan terbentuk 13 miliar tahun lalu. Bahkan kandungan bintang disana masih relatif rendah kandungan logam.

Ketika galaksi terbentuk dan mulai membentuk bintang. debu dan gas baru ada setelah ledakan bintang generasi pertama. Tapi di galaksi A2744_YD4 terlihat sudah ada dengan 3 materi dari bekas supernova

Menurut peneliti, perubahan cahaya yang tertangkap di bumi mengalami pergeseran di angka 7,51. Rekor sebelumnnya ditemukan di bagian yang sama dengan angka Redshift 7,2. Galaksi z8 GND-5296 terlihat lebih merah. Satu galaksi disebut Tayna mencapai 400 juta tahun setelah Big Bang

Dengan teleskop Alma, astronomi dapat melihat pembentukan formasi gas sebelum menjadi galaksi. Usia foto yang diambil ini mencapai 800 juta tahun sebelum terjadinya alam semesta (big bang). Begitu jauhnya, gas asal mula pembentukan galaksi memiliki cahaya kemerahan.



Alam semesta yang luas, tetapi galaksi berada dalam beberapa kelompok besar. Atau ada galaksi tetangga letaknya tidak terlalu jauh. Tetapi galaksi yang satu ini kesepian, galaksi NGC 6503 ditemukan tahun 1987 berada di area Local Void

Karena lensa gravitasi dari galaksi lain, Hubble menemukan 3 galaksi tersembunyi. Diperkirakan jaraknya mendekati 500 ribu tahun setelah terjadi Big Bang atau pembentukan alam semesta. Karena sangat jauh sekalee, bentuknya masih berwarna merah samar.

Galaksi NGC 247 adalah galaksi kecil berbentuk spiral yang jauhnya sekitar 11 juta tahun cahaya. Biasanya sebuah galaksi memiliki lingkaran penuh berisi bintang. Tapi disana ada seperenam daerah yang kosong atau terlihat seperti berlubang.

Sebuah gugus galaksi yang jaraknya sangat cadas, 5 milyar tahun cahaya. Diabadikan oleh Hubble, ESA, Nasa teleskop ruang angkasa. Memberikan penampakan luar biasa dari galaksi yang sangat jauh, maklum fotonya saja harus diabadikan selama 14 jam.

Sebuah galaksi yang letaknya 25 juta tahun cahaya dibuat foto oleh Hubble. Disebut galaksi ESO 373-8, setidaknya ada 7 galaksi lain di dekatnya dan galaksi ini menjadi grup NGC 2997. Anehnya bentuknya pipih tanpa ada objek lain di atas dan bawah galaksi

Umumnya sebuah galaksi memiliki 2 spiral atau lebih. Tetapi galaksi NGC 4725 hanya satu memiliki satu spiral saja. Mungkin aneh, tetapi biasa bagi penemuan di dunia astronomi.

Dari European Space Agency menemukan 2 galaksi secara tidak sengaja sebagai peristiwa kosmik langka. Dua galaksi yang sudah tua bergabung menjadi satu dengan ukuran lebih besar




No popular articles found.