Berapa kecepatan putaran Black Hole di tengah galaksi


Science | 17 February 2014

Akhirnya pertanyaan yang satu ini bisa dijawab.

Seberapa cepat black hole atau lubang hitam berputar.

Black Hole adalah benda yang menjadi misteri di kalangan astronom dan ilmuwan fisikawan lain.

Ukurannya sangat besar sekali, dan benda terbesar dan terpadat berada di tengah galaksi, sampai cahaya tidak akan keluar karena tertarik gravitasi.

Karena bentuknya yang besar (kekuatan gravitasi), tidak memiliki cahaya dan nyaris tidak terlihat, akan sulit menentukan apakah black hole sebenarnya berputar dan seberapa cepat.

Bumi berputar 24 jam sehari, dari satu titik ke titik lain menjadi pagi, siang, malam dan kembali pagi.
Matahari berputar 24,47 hari satu putaran berdasarkan spot. Perhitungan lain lebih antara 27 hari berdasarkan sudut sumbu matahari.

Tata surya kita mengitari inti galaksi  setiap 200-250 juta tahun sekali.

Bagaimana dengan Black Hole, apakah berputar juga seperti matahari, dan berapa cepat benda ini berputar.

Bagaimana bisa menghitung kecepatan putaran Black Hole, cahayanya dari benda ini saka nyaris tidak kelihatan.

Bentuknya diperkirakan gelap dan hitam. Dr Mark Morris dari astronomi UCLA telah mengabdikan sebagian waktunya untuk penelitian si lubang hitam. Mark mengatakan ada area yang disebut Ergosphere antara batas cakrawala dan batas diluar black hole.



Bagian tersebut sering terlihat kejadian aneh di black hole. Itu loh bagian yang dekat titik tengah hitam, tapi agak keluar sedikit disebut Ergosphere.



Bentuk Ergosphere terkait dengan kecepatan putaran inti Black Hole. Semakin cepat putarannya, bentuk Ergosphere akan semakin mendatar



Mark menyebutkan inti galaksi berputar sampai batas tertentu. Bila putaran di black hole sangat cepat, bagian ergosphere akan lebih mendatar, itu saja. Ilmuwan mengukur kecepatan putaran Black Hole melalui penyebaran radiasi sinar X-Ray dalam warna berbeda.





Intinya, putaran di lubang hitam di tengah galaksi ada batasnya. Jadi tidak berputar sampai tanpa batas kecepatan tidak terhingga. Salah satu yang diteliti dari jantung galaksi NGC 1365, putaran lubang hitam disana mencapai 84% dari kecepatan cahaya.

Dan batas tersebut sudah mencapai ambang batas kecepatan kosmik, dan tidak akan lebih cepat berputar dari kecepatan tersebut.

Tapi ukuran black hole yang besar akan membentuk putaran sangat cepat. Contoh inti galaksi Milky Way memiliki putaran 1.150 x perdetik (berdasarkan teori).

Yang memplbllikasikan berita diatas sampai menyebutkan.
"Penemuan di dunia astronomi terkadang membuat gila pembacanya".
Walau astronomi menceritakan apa adanya.

Bayangkan saja sebuah benda sangat besar berisikan setara miliaran massa matahari tapi mampu berputar mendekati kecepatan cahaya.

Apakah Black Hole atau Lubang Hitam akan terus membesar.
Black Hole apakah massanya akan terus tumbuh, dijawab Ya.

Tapi tidak akan melebihi ukuran 50 miliar dari massa matahari.
Setelah mencapai batas kepadatan massa sebesar itu, ukuran lubang hitam akan berhenti setelah kehilangan satu satunya sumber makanan untuk tumbuh.

Ukuran Black Hole akan terhenti pada berat tertentu, kata peneliti universitas Leicester.

Setelah melihat gas di putaran black hole yang mengelilingi black hole dalam bentuk cakram menjadi tidak stabil.
Artinya lubang hitam memiliki massa maksimal kata Andrew King. Lubang hitam akan berhenti tumbuh ketika setelah kehabisan gas untuk di lahap.

Apakah lubang hitam akan berhenti tumbuh, tidak juga.
Bila 2 lubang hitam bertemu dengan lubang hitam lain seperti terjadinya tabrakan seperti terjadi tabrakan antara 2 galaksi. Maka 2 lubang hitamg di jantung masing masing galaksi akan bergabung.

Setelah bergabung akan menjadi lubang hitam lebih besar lagi. Disanalah terjadi sebuah galaksi dimana memiliki lubang hitam supermasif.

Artikel Lain

Mengapa objek di ruang angkasa dapat muncul 2-3 kali di tempat yang sama, objek sama muncul kembali 16 tahun kemudian. Distorsi gravitasi Black Hole, dapat membelokan cahaya. Sekarang diketahui penjelasan matematika, cahaya terbukti tidak hanya berbelok, tapi dapat berputar.

Bagaimana pembentukan bintang neutron. Apa yang ekstrim dari bintang ini. Disebut juga bola besi raksasa yang berputar cepat. Luciano ahli astrofisika, benda ini hanya memiliki ukuran 12km untuk menjadi bintang neutron. Bintang pulsar J0740+6620 paling masif ditemukan setara kepadatan 2.14x  matahari



2010 lalu, Hubble menambah peralatan dengan Ultra Deep Field Infra red.Video melihat gambar dengan jarak 5 miliar, 10 miliar tahun cahaya jauhnya. Perubahan galaksi dari galaksi muda, galaksi yang berkembang dan galaksi yang telah matang. Mei 2019 Nasa merilis Hubble Legacy Field berisikan 265 ribu gaalaksi dari masa lampau sampai saat saat ini.

Kita tahu benda menakutkan itu ada disana, dan kita tidak bisa memalingkan muka. Astronom mendapat gambar langsung bayang lubang hitam. Data berukuran Petabyte data teleskop radio dan proses superkomputer sangat khusus. 2023, dibantu PRIMO mengolah data teleskop radio dengan bantuan AI, gambar lebih jelas

Astronom menemukan bintang paling tua yang pernah diteliti di alam semesta ini. Jaraknya 6000 tahun cahaya dari bumi. Kelompok bintang HP1 diperkirakan usianya seperti alam semesta dan ada di bagian tonjolan galaksi Bima Sakti. Satu lagi bintang primitif masih menyala miliaran tahun sampai hari ini disebut bintang J0023+0307

Bila ditanya dimana titik tengah galaksi Bima Sakti. Sekarang bisa dijawab setelah peneliti ESO melakukan pendataan dari titik tengah galaksi Bima Sakti selama 16 tahun. Mungkin ini yang disebut wilayah lubang hitam Sagitarius, masih ada lubang hitam lebih kecil, jumlahnya cukup banyak

Satelit ruang angkasa tidak berbeda dengan peralatan melakukan navigasi bumi dengan satelit. Satelit mengunakan posisi dengan Pulsar.2018 Nasa kembangkan perangkat navigasi SEXTANT, prinsipnya sama mengunakan sumber sinyal bintang pulsar



Foto dari artisl Roberto Ziche memberikan gambaran lebih jelas sebesar apa matahari dan planet di tat surya. Ditambah 4 planet kerdil dari Pluto, Huamea, Makemake dan Eris.

Apakah lubang cacing atau Wormhole. Baru sebatas teori, sebuah lubang yang terbentuk dan manusia bisa pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan waktu lebih singkat. Seperti apa gambaran fisikawan dengan lubang cacing.

Dari BBC masa depan bumi dan manusia mulai dari 1.000 tahun kedepan, 10.000 atau 10 quadtriliun kedepan. Diawali 1000 tahun lagi, semua struktur bangunan tua yang masih tersisa akan hancur sendiri. Reaktor Chernobyl tidak lagi menimbulkan radiasi pada tahun 10.000.

Peneliti astronomi baru memperkirakan jawaban dari teka teki mengapa galaksi Bimasakti kita berbeda dengan 2 juta tahun yang lalu. Blackhole atau lubang hitam di tengah galaksi kita sebenarnya sangat kuat, setelah diperkirakan awan gas Magellanic sebagai jejak fosil kuno.



Youtube Obengplus

Trend