News | 22 February 2014

Pembagian waktu yang salah dari jam di tiap negara


Indonesia dibagi dalam 3 waktu, dari pulau Bali sudah masuk waktu Indonesia tengah, setelah perbatasan Timor Timur masuk waktu Indonesia bagian timur.

Tapi tidak semua negara memiliki pembagian waktu sebaik Indonesia. Dengan pembagian 3 waktu Indonesia Barat, Tengah dan Timur.

Lebih kacau lagi dengan negara dan pembagian waktu di daerah sub tropis. Karena cahaya matahari dapat bersinar lebih lama atau lebih cepat di setiap musim.

China misalnya diatur waktunya dari Beijing, daerah paling barat harus bangun pagi buta dengan selisih waktu 4 jam. Bayangkan saja di Beijing menunjukan jam 6, satu daerah paling barat baru jam 2 pagi dalam waktu normal.

Australia memiliki 3 waktu, dari arah barat tengah dan timur.

Rusia memiliki perbedaan waktu 10 jam dari Moskow sampai Magadon dalam bentuk daratan memanjang. Maklum saja Rusia memiliki lebar negara paling besar dari barat ke timur dan dibagi sekitar 7 jam

India dengan negara yang lebar dan luas, hanya memiliki 1 zona waktu saja. Untungnya selisih waktunya hanya dibagi 2 jam.

Pembagian waktu paling panjang ada di Greenland / Denmark, memiliki satu waktu saja tapi berbeda 4 jam dari waktu normal. Mengambil waktu di tengah dan selisih waktu dari utara dan barat sekitar 1-2 jam. Tapi matahari terbit dan terbenam disana tidak banyak berpengaruh . Krena waktu siang dan malam memang sudah berbeda dibanding daerah negara di garis subtropis maupun tropis. Denmark dapat mengalami waktu malam lebih lama pada musim dingin dan siang lebih lama pada musim panas.

Salah satu negara yang memiliki pembagian waktu terbanyak adalah Canada dan Rusia. Karena bentang negara ini cukup luas, harus dibagi dalam 5-6 waktu berbeda.
Amerika hanya membagi 4 waktu walau lebar negara Amerika hampir seperti Kanada. Hanya satu bagian di tepi Kanada menjadi bagian negara Amerika masuk ke waktu jam ke 5 dan ke 6 dan satu garis dengan kepulauan Hawai.

Chile memiliki  satu pembagian waktu, karena negara yang luasnya memanjang ke arah kutub bumi. Dan satu pulau Easter yang dimiliki Chile memiliki waktu berbeda 2 jam.



Waktu tidak terlalu penting di Kutub Utara dan Kutub Selatan. Karena di tempat tersebut matahari tidak pernah terbenam atau tidak pernah terbit setidaknya selama 3 bulan pada musim tertentu.

Perbedaan waktu antar negara paling lama

Link gambar pembagian waktu - Google Photo


Artikel Lain

Berkembang jaman, protokol torrent bukan lagi protokol yang mengunakan lalulintas internet dunia. Posisi lain adalah jaringan Cloud, streaming, mengirim pesan, masuk sebagai bagian dari 10 penguna trafik internet.

Pager adalah layanan panggilan kuno akhirnya ditnggalkan di Jepang. Tampil sebagai teknologi informasi pengirim pesan melalui sinyal radio. Teknologi ini praktis karena satu satunya alat untuk menghubungkan seseorang di jamannya. Setelah Tokyo Telemessage akan menutup layanan mereka.



Bila matahari bersinar selama 24 jam. Ada tuh , tempatnya di kutub utara khususnya ketika musim panas. Matahari di Antartika tidak akan terbenam, terus saja muncul pada jam siang maupun malam.

Dari BBC masa depan bumi dan manusia mulai dari 1.000 tahun kedepan, 10.000 atau 10 quadtriliun kedepan. Diawali 1000 tahun lagi, semua struktur bangunan tua yang masih tersisa akan hancur sendiri. Reaktor Chernobyl tidak lagi menimbulkan radiasi pada tahun 10.000.

Baik media atau publikasi umum, biasanya digunakan jam dengan simbol UT atau Universal Time. UT adalah waktu tengah dunia. UT sama dengan Greenwich Meridian Time (GMT).



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.