Foto pertama bulatan bumi penuh dan belum pernah tergantikan


Digital | 8 December 2013

Ditahun 1972, Apollo 17 mengabadikan plnaet bumi yang disebut The Blue Marble. mengunakan camera Hasselblad 70mm dengan lensa Zeiss 80mm. Diwakili oleh 3 astronot Eugene Cernan, Ronald Evans dan Jack Schmitt.

Foto dibawah ini tidak tergantikan, atau setidaknya belum ada manusia yang bisa mengambil gambar utuh seperti ini dan terbang di posisi terjauh untuk melihat bulatan bumi penuh. Sekaligus menjadi foto terakhir yang diambil langsung oleh astronot dari jarak paling jauh.

Banyak foto yang dibuat , tapi semuanya diambil melalui pesawat tanpa awak atau satelit saja.



Berita diatas diumumkan oleh NASA

Berita terkait
Peake dan Kopra sedang bertugas, nah si Peake ini iseng bikin sebuah foto selfie. Dijamin foto dengan gaya yang satu ini tidak ada yang punya. Sejauh ini hanya beberapa orang memiliki foto dengan gaya seperti ini. Tetapi hanya Buzz yang membuat foto pertama Selfie pada tahun 1966

Situs Blue-Marble adalah kumpulan foto yang diambil dari pencitraan satelit. Foto yang dikumpulkan hanya foto pada malam hari. Fitur situs ini digunakan oleh fotographer bintang. Dimana kota dengan polusi cahaya paling terang, Indonesia nomor 1 Jakarta dengan cahaya lampu buatan paling terang.



20 tahun berlalu, pada tahun 1995 camera digital 1 megapixel masih dijual $20.000. Dibuat oleh Fujix Nikon, bila dihitung pada kurs tahun tersebut 1$ Rp.2500 atau sekitar 50 juta. Bila di kurs sekarang bisa dibayangkan betapa mahalnya harga camera digital tersebut.

Matt Payne mengabadikan foto galaksi Bima Sakti dalam bentuk setengah lingkaran. Mungkin foto ini paling bersih karena bentuk cahaya bintang paling banyak.Galaksi Bima Sakti membuat foto 219 juta bintang, penemuan terbaru galaksi kita tidak rata seperti yang dibayangkan.

Gadi Eidelheit dari Israel akhirnya mendapatkan gambar stasiun ISS ketika melintas tepat di depan bulan. Entah bagaimana dia menghitung waktu dan perkiraan stasiun tersebut. Mengunakan 2 camera, satu untuk clip foto dengan Canon 700D dan lensa tele 18x250 untuk maksimum Zoom.

Video ini dikumpulkan dari satelit cuaca Elektro L milik Rusia. Di satelit memiliki sensor camera 121 Mpix dan mengabadikan gambar Bumi setiap 30 menit. Menjadi video paling tajam yang pernah dibuat. Lokasi satelit cuaca tersebut berada di ketinggian 40 ribu km di atas laut India

Astrophotographer Alex Merga berhasil mengabadikan galaksi Milky Way pada 7 Juni 2014. Ketika dia melakukan perjalanan dan pesawat melewati laut Atlantik dari New York dan London. Foto diambil dari ketinggian 10 ribu meter. Katanya ketika itu kondisinya sempurna tanpa polusi cahaya.



Eder Ivan seorang astronom mengabadikan posisi planet Venus dan bulan hampir segaris. Dengan camera digital model lama Nikon Coolpix 4300 ditambahkan teleskop 30mm merek TMB 130/780. Posisi pengambilan ada di Budapest Hungaria pada tahun 2004.




No popular articles found.