Sony IM989 IMX800 dan IMX866 sensor terbesar dan sensitif


   Technology | 1 July 2022

Produsen sensor Sony masih memimpin pasar sensor untuk camera di tahun 2022.

Juni 2023, Sony menganti nama IMX menjadi LYT.
Sensor dengan ukuran 1 inci, 50MP, tersedia dari versi entry sampai high end.

Sony IMX989 Custom Sensor
Sensor ukuran 1 inci dibuat custom untuk sensor camera smartphone. Sony hanya menerima pesanan dari produsen.
Sensor memiliki tingkat sensitif lebih tinggi sampai 172%.

Sensor seukuran diagonal 2,54 cm bukan kecil, apakah masuk ke smartphone. Seperti apa disainnya nanti.

Xiaomi telah mengumumkan akan mengunakan IMX989, bersama Leica dan teknologi XIaomi Image Brain.
Akan dipasang untuk Smartphone Xiaomi 12S Ultra
Ukuran sensor seperti camera Sony CyberShot RX100 VII

IMX989 Xiaomi 12S Ultra

Sony IMX866
Satu sensor Sony IMX866 mengantikan model IMX766 dengan pixel 50MP.
Disain IMX866 yang digambarkan, dengan tipe RGBW pixel matrix (White), perbandingan dengan IMX766 mengunakan RGGB.
Ukuran pixel lebih besar, manfaat mengambil cahaya lebih kuat baik pengambilan video dan foto.

Disain sensor IMX866 sebenarnya dual frrame sensor dengan bidang 16:11 ketika merekam video ukuran 1/149 inci. Dan foto kembali ke format 4:3.
Vivo X80 salah satu smartphone pertama dengan IMX866.

Sensor di camera smartphone lebih penting dari Megapixel.
Ada benarnya, kualitas foto dari camera smartphone terkendala dengan kemampuan sensor menangkap cahaya.
Walau perkembangan teknologi sensor camera teris ditingkatkan, 2  pilihan dalam pengembangan sensor, ukuran diperkecil atau diperbesar.

Sensor camera berukuran kecil, lebih tepat untuk camera depan dengan ruang sempit, tentu terbatas kualitas foto / video seperti detil selfie
Sensor camera besar sepertinya menjadi tren. Ukuran pixel lebih besar dengan teknologi baru, membuat sensor lebih sensitif menangkap cahaya.
Gangguan noise seperti bintik gambar dengan sensor besar dapat diminimalkan dibanding ukuran sensor lebih kecil

Satu lagi sensor lebih canggih akan tampil IMX900. Walau belum resmi diumumkan

Seri Sony IMX800
Sony masuk ke generasi selanjutnya dengan sensor Sony IMX800.
Memiliki fitur lebih baik dengan autofokus lebih cepat, kemampuan sensor lebih baik untuk menangkap objek foto dengan pencahayaan rendah, dan kestabilan gambar.

Xiaomi 12 Ultra kabarnya mengunakan sensor IMX800. Dan seri smartphone Huawei P50 juga mengunakan IMX800.

Sony Exmor IMX800

Ukuran sensor Sony IMX800 mencapai 1/1,1 inci, walau hasil foto yang ditangkap hanya 50MP.
Ukuran sensor tersebut masuk sebagai sensor camera terbesar setelah sensor Samsung Isocell GN2 ukuran 1/1.2 inci yang digunakan Xiaomi Mi 11 Ultra.

Seberapa besar sensor IMX800, bandingkan dengan camera DSLR.
Sensor camera DSLR tipe Micro 4/3 mengunakan ukuran 1,4 inci
Dan camera full frame mencapai 2,58 inci.

Itu hanya angka, ukuran sensor 1 inci di smartphone setingkat kemampuan camera pocket.

Sensor lebih besar dapat merubah teknologi camera smartphone, seperti noise foto yang jauh lebih rendah.
Membuat efek bokeh lebih mudah dalam potret kata Huawei.

Ketika sensor camera smartphone mengunakan ukuran besar, model Huawei P50 masuk di daftar nomor 2 pengujian DXOmark, dan dibawahnya Mi 11 Ultra posisi nomor 3.
Huawei P50+ disebutkan akan mengunakan IMX800.

Dengan jumlah MP camera yang sama, ukuran sensor lebih besar akan lebih baik. Foto lebih tajam dan lebih detil.
Kesenjangan camera profesional dengan smartphone akan semakin sempit.

Bagaimana dengan ukuran smartphone.
Akan berubah, khususnya di bagian belakang untuk menempatkan ukuran sensor besar.
Mungkin tampil seperti smartphone di sisi depan, dan belakang tampil agak berbeda dengan satu camera dengan tempat tunggal.

Huawei P50 Pro

Artikel Lain

Sensor Lytia mengantikan Sony IMX, selanjutnya sensor camera 50MP ukuran 1 inci mengunakan nama belakang LYT. 3 kandidat smartphone Android mungkin mengunakan sensor terbaik ini, Oppo Find X7 Pro, disusul Xiaomi 14 Ultra dan Vivo X100 Pro Plus

Duovox Ultra Monocular dengan sensor Sony Starvis melihat malam sampai jarak 500 meter. Duovox Mate Pro memiliki kemampuan unik layaknya camera Night Vision. Dengan ukuran 54 x 106mm, camera mengandalkan sensor Sony Starvis 2 1/1.8 inci BSI CMOS.



Vivo X100 dan Magic6 Ultimate 200MP camera. Samsung ISOCELL HW1 dan HW2, 432MP sensor camera 1 inci. Samsung ISOCELL HP2 200MP, ukuran kecil 0,6mikron pixel sensor. Samsung ISOCELL HPX 200MP HP3 dan HP1  ketajaman 200MP. 2021 Samsung ISOCELL HM3, gambar lebih tajam.

LG Innotek produsen komponen menampilkan modul camera Optical Telephoto Zoom. Mendatang camera smartphone mungkin tidak membutuhkan teknologi camera periskop yang ukuran besar dan rumit. Dibuat lebih kecil dengan pembesaran 4 - 9 kali.

Heape dari Qualcomm berpendapat procesor Snapdragon Qualcomm di smartphone membuat teknologi kamera sangat mumpuni, meskipun perangkat memiliki sensor yang lebih kecil akan memainkan peran besar untuk smartphone yang menyalip teknologi DSLR. Inovasi camera tercepat ada di smartphone.

Sensor CMOS Sony IMX670 memiliki fitur baru sebagai sensor Starvis 2. Dengan dual speed streaming, atau sensor mengirim 2x frame rate dari standar CMOS camera keamanan. Mencapai 40 frame perdetik untuk rekaman area yang perlu diamati.

Perdebatan camera DSLR dan DSLM atau Mirrorless sepertinya berakhir. Nikon dan Canon sebagai produsen camera digital terbesar akan memindahkan teknologi seluruhnya ke Mirrorless. Setelah Nikon tidak mengeluarkan camera DSLR selama 2 tahun



3 model tampil dari seri Honor 70. Model Honor 70 standar dengan layar FHD, Honor 70 Pro dan Honor 70 Pro Plus dengan ketajaman layar lebih tinggi, Ditambahkan dengan zoom camera. Ketiga model mengunakan sensor terbaru Sony IMX800

Kita sering memilhat model camera smartphone, DSLR, camera Dashcam sampai Actioncam. Terdapat tipe Sony Exmor atau IMX. Exmor trademark sensor teknologi Sony. Disini dapat dilihat perubahan teknologi sensor camera dari spesifikasi camera smartphone. Dari tingkat resolusi sensor, ukuran dan aplikasi. Tidak hanya Sony, beberapa produsen lain juga membuat sensor camera.

Sony memperkenalkan sensor camera IMX318 CMOS dengan fitur keseimbangan stabilzier dan teknologi hyrid auto focus. Sensor CMOS untuk camera tersebut mengikuti suksesnya dari sensor generasi IMX230 dengan kemampuan 22.5Mpix, dan berukuran 1/2.6 1.0um. Sensor IMX318 lebih kecil tapi tidak berdampak dengan kualitas foto.

Bila mengunakan lensa yang bukan dibuat dari merek camera. Apakah mendapatkan ukurang yang sama, atau mengunakan ukuran full frame. Bagaimana dengan hasil foto dengan lensa sama tapi berbeda sensor camera.



Youtube Obengplus

Trend