Virus Ebola di Afrika apa yang perlu diketahui - sakit terbaring dijalan tidak ada yang mendekat


Green | 7 August 2014

14 Oktober
Virus Ebola sudah terakhir sudah ditemukan di 3 negara diluar daerah epidemik. Peta penyebaran ebola walau sudah diberlakukan larangan kunjungan tetap akan sampai ke beberapa negara lain.




Perkiraan korban ebola diperkirakan tetap naik sampai menembus 10.000 korban meninggal. Resiko tertular ebola diakibatkan perjalanan manusia yang masuk dari dan ke daerah epidemi melalui pesawat udara dapat mempercepat penyebaran virus.
Penanganan ebola mulai ditanggapi serius. Karena data dari bulan Juli sampai 31 Oktober nanti. Angka korban ebola terus naik.



Dari tim CDC memberikan laporan yang sudah dikoresi dan data sebelumnya. Infeksi virus ebola yang ada lebih kecil dari angka sebenarnya. Karena banyak laporan korban yang terinfeksi tidak dimasukan dalam data.

Agustus via AP
Sebuah video di rilis oleh Asosiasi Press Internasional. Memberikan gambaran begitu buruknya menangani korban Ebola di Afrika. Di Guinea salah korban ditinggalkan orang selama berjam-jam dijalan raya. Masyarakat disekitar tidak berani membantu karena takut terinfeksi.

The Ebola outbreak has the U.S. government on high alert,
 as fear spreads in the four affected West African nations. But the 
director of the CDC is confident the virus can be stopped.

Salah satu warga kota mengkritik bagaimana layanan darurat sangat lambat merespon. Ketika salah satu orang ambruk di jalan dan dibiarkan begitu saja selama 4 jam. Tidak ada yang berani membantu, dan masyarakat di sekitar hanya berlalu begitu saja. Salah satu saksi mata mengatakan dia melihat si pria mendadak jatuh pagi hari ketika dia sedang membuka bengkelnya. Saya menelpon polisi dan mereka datang serta sudah menghubungi tim medis. Tapi tim dokter yang dipanggil tidak segera datang.



2 anggota tim medis akhirnya datang ke lokasi, tapi mereka datang untuk melakukan investigasi. Nantinya ada tim lain yang datang dengan perlindungan lengkap dan akan menutup lokasi. Tapi semua tergantung dari penyelidikan kita, sebelum tim utama menangani pria tersebut. Masalah penyebaran virus Ebola diperparah denga kebiasaan masyarakat. Karena banyak pasien menolak datang ke pusat isolasi. Merka yang terjangkit juga menularkan ke anggota keluar lain dirumah.


1 Agustus 2014
Randy Schoepp kepala diagnostik US ARmy Medical Research Institute of Infectious Diseases sebagai satu satunya laboratorium di Liberia untuk menguji Ebola. Dia mengatakan ada kemungkinan infeksi Ebola ini hanya puncak gunung es, mungkin akan lebih banyak lagi korban. Untuk mendapatkan sampel darah yang sudah terkontaminasi Ebola, banyak kurir tidak mau mengantar karena takut.

WHO menyiapkan data 100 juta dollar untuk pendanaan dan penyebaran ratusan staf medik ke beberapa negara yang terjangkit Ebola. Dari pihak pemerintah lokal, mengambil inisiatif untuk tindakan untuk pencegahan secara internal di dalam negeri.
Uni Afrika di Somalia, pasukan yang bertugas batal dirotasi pasukan dari Sierra Leone. Untuk mencegah virus Ebola menyeberang ke ujung afrika.

Tim sepakbola Seychelles kehilangan babak penyisihan piala Afrika dan menarik diri dari kompetisi. Satu lagi pengendara sepeda dari Sierra Le4one yang berlaga di Commonwealth Games, Moses Sesay 32 tahun. Dia dirawat di rumah sakit karena tidak enak badan. Pemeriksaan termasuk mengambil sampel darah dalam pengujian virus Ebola.



  • Virus Ebola mungkin tidak akan menyerang semua umat manusia. Tapi sesuatu yang lain mungkin saja. Virus akan berevolusi untuk bertahan hidup. Itulah yang terjadi ketika flu burung datang, telah menimbulkan kecemasan dan virus tersebut terus berevolusi walau belum bermutasi sampai mampu menyebar dengan cepat.
  • Virus Ebola menyebar cepat, mengapa. Karena tidak ada vaksin untuk virus ini. Tim medis hanya mengisolasi pasien yang sakit agar penularan tidak menyebar lebih jauh. Wabah sebelumnya terjadi di daerah pedesaan dimana orang tidak saling berpergian dan menular ke orang lain. Sekarang sudah mencapai ke beberapa kota dari Freetown, Sierra Leone, Monrovia, Liberia dan Conakry dan Guinea.
  • Yang menakutkan bila manusia sudah terinfeksi tapi tidak sadar dirinya sudah terkena. Lalu terbang ke luar negeri dengan pesawat. Satu pasien asal Amerika Patrick terinfeksi Ebola, dia melakukan perjalanan dengan pesawat ke Lagos, Nigeria akhirnya dia meninggal. Petugas kesehatan terus menyelusuri semua orang yang kontak dengan dirinya.
  • Tim medis yang kembali dari daerah wabah harus diperiksa suhu tubuhnya dan di isolasi selama 21 hari. Untuk memastikan mereka tidak tertular Ebola.
  • Bagaimana pengobatan Ebola. Tidak ada, hanya terapi suportif saja untuk mendukung sistem kekebalan tubuh pasien sendiri untuk melawan infeksi. Pasien akan di isolasi selama 21 hari, dan melihat gejala mereda sampai mereka dinyatakan negatif terinfeksi Ebola.




Negara Liberia masuk ke daftar negara yang dikarantina, disebabkan wabah ebola terburuk tahun ini. Ebola adalah salah satu virus yang mematikan yang dikenal oleh manusia. Sampai akhir Juli 2014, tercatat 672 kematian akibat Ebola, 90% pasien yang ditemukan sudah berakibat fatal. Walau resiko fatal sebelumnya masih sekitar 60%.

Pembersihan di bandara Quiros Freetown sudah dilakukan, tapi peneliti menyebut usaha tersebut sia sia. Manusia dapat bertahan sampai 3 minggu setelah terinfeksi Ebola. Bila tertular dengan orang lain, penularan virus menjadi 2 bulan baru terlihat. Tim medis memiliki resiko tertular paling tinggi karena peralatan pelindung Biohazard yang tidak lengkap.

Virus Ebola terdiri dari 5 spesies, merupakan bagian dari keluar Filoviridae dan meliputi virus Marburg. Penyebar alami dari keleawar buah. Saat ini tidak ada vaksin untuk Ebola. Virus Ebola hanya memberikan sedikit perhatian bagi negara maju, tapi persepsi tersebut akan berubah jika suatu saat virus menyebar ke negara barat.

Petugas bandara di Hongkong dan Inggris mulai cemas dan mengkarantina penumpang pesawat yang suspek Ebola. Seorang pria terbang ke bandara Birmingham dari Nigeria melalui Paris, masih di periksa karena dia merasa deman. Menteri luar neteri Inggris Philips Hammond telah melakukan pertemuan dengan ahli kesehatan. Melihat kemungkinan penyebaran dari penumpang pesawat yang masuk ke Inggris.
Dua misionaris dari tim medis Amerika yang bekerja menangani pasien Ebola di Liberia telah di diangnosa terinfeksi virus tersebut. Walau selama 24 jam kondisinya sudah membaik, tapi tetap dalam kondisi serius untuk ditangani.
Satu dokter di Sierra Leone, Sheik Umar Khan yang memimpin tim wabah Ebola. Telah meninggal dunia pada hari Selasa lalu.



Virus Ebola terus mewabah di Afrika Barat. Hari Minggu kemarin presiden Liberia Ellen Johnson menutup perbatasan negara. Informasi tentang Ebola diumumkan melalui video dengan durasi 5 menit di beberapa tempat seperti restoran, hotel, tempat hiburan.

Penyebaran virus Ebola mulai mencemaskan kata pejabat kesehatan. Karena banyak orang melakukan perjalanan. Patrick Sawyer tiba pada 20 Juli di bandara Lagos, langsung di isolasi karena terlihat gejala Ebola. Patrick menyatakan dia tidak pernah kontak langsung dengan orang yang suspek Ebola. Patrick terbang dari ke Ghana, lalu pergi ke Togo dan beralih pesawat ke Nigeria.

Sekitar 59 orang yang teridentifikasi berhubungan dengan pria tersebut. Baru 20 orang yang periksai terkait virus Ebola. Aik Air sebuah perusahaan penerbangan terbesar di Nigeria menghentikan operasi untuk terbang ke Monrovia dan kota lain seperti Freetown.

Masalah virus Ebola adalah infeksi virus cukup lama. Butuh waktu antara 2 - 21 hari sampai penderita sadar bahwa mereka sudah terkena Ebola. Sejauh ini belum ada laporan virus sudah menyebar ke negara maju.


Virus Ebola EVD di Afrika Barat sudah diluar kendali. Petugas kesehatan terus melacak dan mencatat 1500 kasus. 759 orang telah terinfeksi di Guinea, Liberia dan Sierra Leone dan 467 orang meninggal. Ratusan orang dari Afrika Barat dapat membawa virus mematikan tanpa mereka sadari. Dan berpotensi menginfeksi ratusan orang lainnya.

Dana pemerintah yang kurang, dan badan bantuan kewalahan berjuang untuk mencari sumber penyebaran virus ini. Setidaknya sudah 1500 korban di konfirmasi terserang virus atau mungkin saja penyakit demam berdarah. Perang melawan virus Ebola berada di antarau Liberia, Guinea dan Sierra Leone. Penyebaran di perparah dengan takutnya masyarakat terhadap pengobatan ala barat, dan mereka menolak pergi ke dokter. Belum lagi petugas medis dari palang merah di Guinea yang datang diserang dan menunda operasi di wilayah tenggara Guinea.

Penyebaran di Liberia menjadi tantangan terbesar bagi tim medis. Kata wakil menteri kesehatan Liberia kepada Reuters, orang kami sangat takut penyebaran virus epidemik ini. Mereka mencari pengobatan alternatif seperti dukun. Anggota masyarakat menyembunyikan korban dan menguburkan, seperti norma budaya yang dimiliki mereka.



WHO sudah mengirim 150 ahli ke Afrika Barat selama beberapa bulan terakhir untuk mengambil sampel virus. Tetapi komitmen politik yang dibutuhkan dari masing masing daerah untuk menghentikan epidemi virus. Wabah pertama kali terditeksi di Guekedou Selatan Guinea, tercatat pada Februari 2014. Dari sana mungkin virus tersebut terus menyebar.

Virus Ebola menular hanya dengan kontak cairan tubuh dari orang yang terinfeksi. Kasus meninggal cukup tinggi, mencapai 90% korban dapat meninggal, pendarahaan internal dan ekternal. Virus ini tidak ada obatnya. Gejala virus Ebola seperti demam tinggi dan pendaraan serta kerusakan sistem saraf pusat. Inkubasi mencapai 2 sampai 21 hari, belum ada vaksin untuk Ebola, perawatan hanya dilakukan kepada pasien seperti rehidrasi akibat muntah dan diare. kelelawar buah dianggap sebagai tuan rumah alami virus Ebola.

Dibawah ini data dari WHO Afro. Menunjukan suspek dan korban meninggal akibat Ebola 2 Juli 2014 di 3 negara pada tabel dibawah.

 
New 1
Confirmed
Probable
Suspect
Totals (by Country)

Guinea

Cases
0
292
100
20
412
Deaths
2
194
94
17
305

Liberia

Cases
8
54
24
37
115
Deaths
10
38
22
15
75

Sierra Leone

Cases
13
211
35
6
252
Deaths
2
67
29
5
101

Totals
Cases
21
557
159
63
779
Deaths

data dari CNN tentang histori korban virus Ebola sejak 1976 sampai 2014




Artikel Lain

Indonesia menyiapkan aplikasi Corona virus dengan aplikasi yang dapat menditeksi dan memantau orang dalam pengawasan. Inarisk App aplikasi resmi BNPB untuk penilaian mandiri. Pedulilindungi yang menginstall dapat mengetahui orang yang ada di dekatnya. WHO membuat aplikasi tentang apa yang benar dan tidak benar

China belum mengirim sampel virus H7N9 ke rekan rekan mereka di luar negeri. Membuat badan kesehatan khawatir bila suatu hari virus kembali menjadi epidemi di seluruh dunia. Pemerintah China tidak berkomentar dengan sampel tersebut. Kerugian China menghabiskan 6 miliar dollar. Apakah keputusan lebih baik, Indonesia pernah mengalami hal serupa



Virus, disini bukan berbicara virus computer. Tapi kesehatan dan penyakit terhadap manusia. Virus memiliki kemampuan melakukan replika tapi membutuhkan induk atau inang sel. Hal ini membedakan antara virus dan bakteri. Media menyebut virus kolera, apakah virus dan bakteri sama.



Youtube Obengplus

Trend