Video AV1 mulai gantikan konten H.265 HEVC untuk movie ilegal


Stuff | 8 December 2022


Mungkin pernah mengingat di tahun 1997an ketika teknologi MP3 mulai digunakan sebagai kompres musik digital. Dari CD lagu di konversi (di Rip) ke MP3, dan muncul beberapa software player bagi computer. Terakhir paling terkenal dari Winamp yang keluar bersamaan dengan teknologi MP3.

Lebih mudah mendengarkan musik di computer, dibanding memuat lagi dari CD. File musik RAW audio dari CD-Audio harus di ektra ke format WAV dengan ukuran 50MB untuk durasi lagi 5 menit. Tapi dengan MP3 sebuah musik dapat dikemas menjadi file 5-8MB.

Format MPEG diperkenalkan tahun 1999 dengan MPEG-2 dengan resolusi sekualitas DVD atau H.262. Disusul untuk MPEG4 yang dipakai sebagai dalam format MPEG-4 AVC, MP4 dan Blu-ray. Mengunakan nama H.263 dan terakhir H.264.

Tahun 2015, konten seperti film dan seri TV disebarkan dengan beberapa format video. Dari fomat codec video Quicktime MOV, AVI, MWV dan MP4. Yang baru sudah mengunakan teknologi kompres video HEVC, dengan nama belakang sama MP4 tapi di kompress dengan codec engine H.265.
Untuk video mengunakan kompresi MP4 adalah kompresi video paling efisien saat ini. Membuat video dengan durasi 2 jam dapat dikemas dengan 600MB. Sekarang sudah digunakan untuk video "ilegal", yang disebarkan di internet dan membuat format MP4 lebih favorit dibanding format video lain.

Teknologi kompres video tidak hanya menurunkan beban trafik internet ke layanan streaming. Sekarang masuk untuk jaringan share.

Tahun 2020
Konten AV1 muncul di jaringan P2P, diawali konten lawas.
Walau disebut video AV1, ternyata ukurannya tetap saja besar. Rata rata sekitar di 1GB, yang cukup kecil sekitar 200 - 800MB, tapi ada yang dibagikan mencapai 2-4GB lebih.
Tetapi konten terlihat belum terlalu banyak, melewatih separuh konten HEVC.

Format codec AV1 untuk video


Tahun 2015


Munculnya format HEVC H.265 baru bebrapa tahun lalu. Sebagai pengembangan generasi  MP4 termasuk format H.264. Dengan memampatkan video dalam format digital, kapasitas file akan berukuran relatif sama tapi kualitas gambar lebih baik. Seperti banyak yang menduga, format video HEVC akan dipakai untuk menyebarkan konten ilegal. Persis seperti teknologi MP3 dari 14 tahun lalu, memudahkan teman dapat berbagi musik dengan mengkopi file MP3 yang lebih kecil.

Bila video yang disebarkan dengan format HEVC H.265, apakah ada player yang dapat memutar video jenis H.265.
Salah satunya VLC Player sebagai player gratis sudah menyiapkan decoder untuk memutar film H.265.
Satu website untuk video petani sudah muncul mengunakan format video HEVC. Bahkan satu film Blu-ray di kompress ke HEVC dengan ukuran 350-450MB dengan resolusi 720p. Umumnya film yang dikompres dengan HEVC akan diberikan dengan tanda huruf x265

Sementara produsen di awal 2015 belum mengeluarkan recording video H.265. Tapi software codec untuk merubah video ke H.265 sudah tersedia. Seperti Handbrake software codec gratis untuk H.265 sudah dirilis sejak November 2014 lalu.

Seperti apa ciri video dengan format H.265 atau HEVC tersweut. Seperti gambar dibawah, satu website dan situs Torrent sudah memberikan keterangan video yang diberikan mengunakan format H.265.



Format codec H.265 untuk video

Siapa yang merah, pastinya produsen film. Karena film mereka akan disebar di dunia underground dengan format HEVC atau kode x.265. Karena format ini sudah digunakan di kalangan Underground sejak awal tahun lalu.

Lanjut dengan Merubah video MP4 MOV to DVD dengan software

Artikel Lain

Tapi di era 80an, disana storage disket digunakan. Produk terakhir Floppy disk dibuat Sony tahun 2011. Sekarang persediaan yang mungkin berakhir habis sampai tahun 2026. Floppy Disk digunakan untuk pesawat model lama, mesin jahit, otentifikasi dokumen, mesin computer

Broadcom meminta Netflix membayar lisensi pemakaian format video H.265 4K. Tapi Netflix bingung konten yang mana, karena di format UltraHD terdapat 2 jenis format video. Netflix memprioritaskan 4K dengan AV1, otomatis turun ke H.265 bila perangkat tidak mendukung.



Bicara industri rekaman dan konten ada saja cerita baru. Sebuah label kecil asal Perancis Because Music meminta Google menghapus beberapa website yang mereka anggap terkait industri music mereka. Anehnya disana masuk nama wikipedia sebagai situs arsip.

Aplikasi Downloader dikembangkan pertama tahun 2016, tapi tahun 2022 mulai di jegal oleh perusahaan TV. Akhirnya dikeeluarkan Google dari Play Store. Pengembang Downloader adalah Saba mantan dari Fire Stick Amazon, dan mengapa aplikasinya di keluarkan. Buktinya kurang jelas, tapi dia tahu alasannya

Tidak hanya produk, kesempatan film baru Guardians of the Galaxy Vol 3, tiba tiba muncul sebagai bocoran film yang bisa di download. Hati - hati, mungkin ingin mencari film ini, kemungkinan Fake. Film resmi rilis 5 Mei 2023, sebelum itu kemungkinan palsu

April 2024 Youtube pindah ke AV1 dan Android 12 update. Google memilih Libdav1d yang efisien untuk decode. Bila anda merasa tampilan 4K Youtube kok terasa enteng dan tampil mulus, mungkin itu format AV1. Tahun 2020 disiapkan H.266 VVC dan EVC video 4K dan 8K tapi lisensi. Tapi sejak 2018 tampil format codec video AV1.

Flac untuk suara musik, tidak menurunkan kualitas suara yang di kompres.  AAC untuk audio film MP4. AC3 digunakan untuk DVD. Opus dikembangkan untuk suara internet. MP3 adalah audio seperti mendengar lagu. Beberapa format audio memiliki fungsi pemakaian berbeda-beda



Software Handbrake 1.7.3 menambah fitur konversi codec HEVC AV1, mendukung proses Intel Gen7+ dengan GPU dan Intel Arc, AMD VCN AV1 dan Nvidia NVenc AV1 untuk multi-pass ABR mode. Untuk GPU Intel model lama dan dukungan hardware Transcode tidak dapat mengaktifkan Intel Quick Sync

Voukoder software video Convert output langsung berbasis FFmpeg. Dukungan format AV1, serta hardware Intel Arc, AV1 encoder RDNA 3. Voukoder dapat dimanfaatkan untuk output video dari software editing video. Tanpa proses Transcode video 2 kali proses, dari software editing video.

Format video AV1 mampu mengecilkan ukuran video 30 persen dari format H.265 atau HEVC. AV1 akan menjadi format video streaming penganti H.265 dan VP9. Beberapa software merubah format video ke AV1. 2 pilihan terbaik Shutter Encoder dan FastFlix

Format video paling umum dipakai saat ini adalah H.264. Video camera sampai camera DSLR dan camera pocket, termasuk smartphone mengunakan format H.264. File lebih kecil dengan dukungan HD, Full HD sampai resolusi 4K. Yang baru H.265 lebih mengagumkan.



Youtube Obengplus

Trend