Bagaimana memanfaatkan dual navigasi dari Glonass dan GPS

Sebuah perangkat dengan dual sistem navigasi akan menyatukan kedua signal tersebut menjadi satu sistem navigasi di dalam perangkat. Bisa menerima signal satelit Glonass dan GPS, keduanya saling membantu dan di proses dalam chip smartphone atau perangat portabel GPS.

Bila anda membeli sebuah smartphone dan tertulis sistem Glonass + GPS , artinya smartphone dapat menerima signal kedua sistem satelit navigasi.

Signal satelit navigasi Glonass umumnya dimanfaatkan ketika signal GPS terhalang. Misalnya sedang melakukan perjalanan ke pelosok dimana signal telepon selular sangat lemah atau menghilang. Atau berada di daerah yang banyak gedung tinggi. Ditambah signal tranmisi satelit GPS sulit diterima maka signal tranmisi satelit Glonass bisa membantu menentukan koordinat pada perangkat smartphone. 


Bagaimana sistem satelit navigasi Glonass dan GPS bekerja sama pada sebuah perangkat

Untuk memberikan gambaran cara kerja penerimaan signal satelit Glonass dan GPS. Digunakan 2 smartphone dengan berbeda fitur penerima signal navigasi. Dibawah ini memberikan gambaran berapa banyak sinyal satelit yang dapat diterima oleh dua smartphone yang berbeda fiturnya, antara Samsung Wonder dan Samsung Ace.

Samsung Wonder yang dipasarkan tahun 2011. Hanya menerima signal satelit sistem GPS . Dari aplikasi GPS Status di Android, terlihat hanya beberapa titik hijau yang menandakan jumlah satelit yang bisa diterima.

Samsung Ace 2 yang dipasarkan Februari 2012 sudah memiliki dual sistem penerimaan signal satelit navigasi dari Glonass dan GPS. Menampilkan lebih banyak menerima signal satelit navigasi dibanding Samsung Wonder.


Dari gambar diatas, kita sudah mengetahui mengapa smartphone dengan penerimaan dua sistem satelit navigasi dari GPS dan Glonass lebih menguntungkan. Karena dapat menerima sinyal satelit navigasi lebih banyak

Untuk memberikan gambaran perbandingan smartphone dengan jumlah sinyal satelit GPS dan GPS+Glonass yang dapat diterima dari 2 smartphone berbeda.

Bagian kiri adalah perangkat dengan dual sistem navigasi, sedangkan kanan adalah perangkat dengan penerima GPS. Perangkat dengan penerima dual navigasi mampu menerima signal satelit lebih banyak.


Apakah perlu mengunakan dual navigasi dari Glonass dan GPS.

  • Kembali kepada pemakai, apakah perlu memanfaatkan sistem navigasi. Bila yah, dual sistem navigasi GPS dan Glonass pada smartphone dan tablet lebih baik.
  • Bila sebuah pekerjaan atau perjalanan memerlukan akurasi navigasi. Mengunakan perangkat dengan dukungan dual sistem navigasi lebih baik.
  • Dengan dual navigasi, sebuah perangkat lebih cepat menentukan posisi (FIX GPS), perangkat juga lebih hemat power ketika mengaktifkan penerima signal GPS dan Glonass
  • Kemampuan GPS sudah baik. Dengan tambahan penerima signal navigasi Glonass akan lebih baik.


Untuk apa sistem navigasi seperti GPS dan Glonass di Smartphone

  • Untuk peta petunjuk jalan. Peta digital dapat memberikan denah jalan, lokasi. Sedangkan posisi dimana si pembawa perangkat dapat ditentukan dengan GPS atau signal posisi yang diterima dari satelit navigasi dan menara BTS. Baik untuk penunjuk posisi keberadaan, mencari jalan, dan lainnya.
  • Untuk Tracker atau Logger. Misalnya peta perjalan hiking ke gunung. Smartphone yang sudah dilengkapi GPS dapat mencatat kemana saja anda pergi. Seandainya tersasar dijalan, tinggal melihat kembali rute yang di rekam oleh perangkat smartphone dengan software navigasi.
  • Sistem satelit GPS dapat mencatat berapa lama melakukan perjalanan melalui perhitungan koordinat, serta menghitung ketinggian dimana anda berada.

Demikian penjelasan dengan A-GPS, Glonass dan GPS.