Quick Charger Super VOOC Oppo apa yang perlu ketahui


Kategori : Technology | Date : 17 May 2019
Adaptor Quick Charger Oppo disebut VooC mengunakan sistem berbeda dengan QC
Qualcomm memiliki Quick Charger, mengisi baterai smartphone lebih cepat.

Satu lagi teknologi Quick charger disebut Vooc.

Disini perubahan teknologi pengisian baterai smartphone berbeda dengan prinsip kerja lebih baik.

Pengisisn baterai smartphone diukur berdasarkan Watt. Lebih banyak watt power,  lebih besar daya pengisian baterai sehingga pengisian lebih cepat.

Charger USB standar hanya memberikan voltase 5V DC 500mAh (0,5A). Sedangkan smartphone saat ini lebih banyak mengunakan kapasitas baterai besar, dari 4000mAh sampai 5000mAh.

Oppo membuat sistem pengisian cepat yang disebut VOOC.

Power dalam Watt dihitung berdasarkan Ampere atau A. 5V 2A atau 9V 2A. Pengisian baterai dari USB 2.0 memiliki power 5V, dengan daya antara 0,5A (500mAh) atau setara 2,5W. Charger 5V dengan 2A menghasilkan pengisian daya 10W. Perhitungannya dikalikan saja antara V x A = watt.

Cara kerja Vooc mengisi baterai smartphone mengunakan pengisian 2 tahap.

Tahap pertama mengisi baterai dengan power terbesar atau kekuatan penuh.
Sampai kapasitas baterai 80%, pengisian baterai memasuki tahap 2.
Sampai mendekati penuh, pengisian baterai akan semakin lambat sampai baterai mencapai kapasitas 100% (Full Charge)





Teknologi Charger Oppo Vooc

Ketika mengisi smartphone sampai kapasitas 80%, kadang hanya membutuhkan waktu 30 menit dengan VOOC dan cukup untuk pemakaian telepon atau bicara sampai 8 jam.
Ketika mengisi smartphone diatas kapasitas 80%, pengisian tahap 2 akan semakin lambat. Walau baterai hanya membutuhkan sisa 20% untuk mencapai penuh, tapi membutuhkan waktu 2x lebih lama.

Oppo Vooc mengunakan beberapa pengaman. Pengujian internal di dalam adaptor charger, mengidendifikasi unit di adaptor dan smartphone, pengujian test internal dari smartphone dan sistem pengaman sistem charger smartphone

Pada pengujian dari smartphone Oppo F1 Plus dengan kapasitas baterai 2850mAh, memerlukan waktu hanya 35 menit sampai kapasitas baterai mencapai 0 - 75%. Kapasitas 75% - 90% memerlukan waktu 45 menit. Tetapi sampai 90-100% membutuhkan waktu 1 jam 9 menit.

Disini perbedaan teknologi pengisian cepat dari charger untuk smartphone.

Quick Charger VOOC apa yang perlu ketahui
Pada gambar diatas memperlihatkan kecepatan pengisian baterai Vooc dari Oppo F1 Plus. Membutuhkan waktu 69 menit untuk pengisian baterai 90% dan mencapai full charger sampai 80 menit.
Vooc terlihat lebih cepat dibanding teknologi Qualcomm Quick Charger .
Vooc terlihat memiliki kemampuan yang sama dengan  Mediatek PumpExpress

Panas baterai dampak usia pemakaian
Mengunakan power lebih rendah (tanpa quick charger), baterai smartphone lebih awet. Kareka kebutuhan pengunaan smartphone memerlukan pengisian baterai lebih cepat.
Baterai smarphone akan panas ketika pengisian dengan power besar. Khususnya dengan voltase tinggi.
Baterai yang di charger dengan arus besar, akan membuat cell baterai lebih cepat rusak.

Disini perbedaan teknologi Vooc dengan pengisian cepat baterai smartphone lain. Oppo membuat sistem pengisian baterai lebih dingin, atau menjaga suhu baterai tidak kepanasan agar tidak cepat rusak.

  • Oppo R7 mampu mempertahankan peningkatan panas baterai sampai 3.3 deg.C
  • Vivo X6D dengan teknologi Mediatek PumpExpress+, meningkatkan panas baterai 8 derajat C.
  • Huawei Mate 8 dengan SmartPower, meningkatkan panas baterai sampai 8 deg.C
  • Samsung Note 5 dengan Samsung Adaptive Fast Charging juga naik 8,5 deg.C
  • Samsung Note QC 2.0 membuat suhu baterai naik 11 derajat C.
  • Moto X Force dengan Turbo Power meningkatkan panas baterai paling tinggi 19 deg.C

Panas pengisian baterai smartphone ketika di Charger dengan VOOC
Oppo juga menempatkan sistem Vooc pada powerbank dengan charger Vooc. Memiliki pengisian lebih cepat pada powerbank selama 30 menit untuk kapasitas 75% dan 90% untuk kapasitas penuh.

Teknologi Oppo Vooc hanya tersedia untuk smartphone Oppo. Termasuk unit Powerbank khusus dengan tanda Vooc. Tetapi charger khusus untuk smartphone Oppo dengan Adaptor Charger Vooc tidak murah.
Smartphone yang mendukung VOOC (Des17)
OPPO F1 Plus
OPPO F3 Plus
OPPO F9
OPPO F9 Pro
OPPO Find 7
OPPO Find 7a
OPPO N3
OPPO R5
OPPO R7
OPPO R7 Plus
OPPO R7s


OPPO R9
OPPO R9 Plus
OPPO R9s
OPPO R9s Plus
OPPO R11
OPPO R11 Plus
OPPO R11s
OPPO R11s Plus
OPPO R15
OPPO R15 Pro
OPPO R17
Realme smartphone

Super Super Vooc 3.0

Vooc singkatan Voltage Open Loop Multi-step Constant-Current Charging dikembangkan oleh Oppo sejak 2014.
Membutuhkan charger khusus termasuk kabel. Pengisian power 25W tanpa menimbulkan panas baterai smartphone.

SuperVooc pengembangan terbaru. Mengunakan power 25W, dan baterai smartphone full charger (kapasitas 3400mAh) dalam 35 menit atau 4x lebih cepat dari pengisian standar.

Beberapa model smartphone yang mendukung SuperVooc seperti
OPPO R17 Pro
OPPO Find X
OPPO Find X Automobili Lamborghini Edition 



23 Mei 2019, Oppo akan mengumumkan beberapa aksesoris baru teknologi Vooc, serta SuperVOOC charger.
Salah satu produk seperti powerbank Vooc, dengan dukungan Vooc 3.0.

Vooc Powerbank 6000 mAh kompatibel dengan Fine 7 7a, N3 dan R5 smartphone. Pengisian 75% kapasitas  baterai 30 menit, 90 menit full charger. Dengan powerbank standar 2 jam. Mengunakan output 5V 3,5A, walau kapasitas baterai hanya 6000mAh

Oppo Power Bank BY105+ 4000mAh. Versi standar dengan output 5V 1A.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat via Oppo VOOC

Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/347/1/Cara-membuat-kabel-Fast-Charger-smartphone-Android-1000mAh-keatas.html
www.obengplus.com/artikel/articles/344/1/Ampere-Android-memeriksa-amper-charger-dan-pemakaian-power-smartphone.html
Qualcomm memperkenalkan Snapdragon 855 dan Snapdragon 855 Plus. Mengunakan teknologi 7nm, lebih rapat dibanding Snapdragon 845 dengan 10nm. Snapdragon 865 mungkin sudah ditest dan tampil di GeekBench. Kira kira kecepatan Snapdragon 865 antara 15-18% lebih cepat.

Quick Charger 4.0 INOV - Intelligent Negotiation Optimum Voltage. Juni 2017 tampil Quick Charge 4+, sampai Mei 2018 baru 5 smartphone yang mendukung Quick Charger 4+. Model smartphone terbaru hanya membutuhkan waktu 1 jam pengisian baterai Full Charge dengan kapasitas 3700mAh atau lebih



Xiaomi Quick Charger 3 yang masuk daftar sertifikasi Qualcomm. Model MDY 10ER mendukung 27W dan Xiaomi MDY-08-EW sertifikasi Quick Charge 3.0. Model 2015 Xiaomi MDY-3-EB untuk QC 2.0. Mengapa Quick Charge lebih baik mengisi baterai smartphone. Walau waktu pengisian dapat berbeda.

Sudah lama sejak kita mendengar tentang seri Qualcomm 200, yang sebelumnya disebut Snapdragon 200. Kenyataannya Snapdragon 200 asli tidak pernah menerima peningkatan yang berarti. Juli 2019 Qualcomm mengumumkan perubahan dimana Snapdragon 215 terbaru telah mengunakan disain arsitek ARM Cortex A53.

Oneplus sebelumnya mengunakan nama Dash Charge, tapi terdaftar sebagai lisensi dari Oppo yang digunakan untuk Vooc Fast Charger. Untuk memisahkan masalah paten di Eropa dan Amerika. Warp Charge digunakan oleh Oneplus untuk sistem pengisian baterai cepat. 30 menit pengisian 80% kapasitas baterai smartphone.

Charger smartphone awalnya ingin disatukan untuk produk di Eropa. Setelah 8 tahun berlalu, dan adanya nota kesepakatan. Produsen smartphon tetap mengunakan charger adaptor dengan disain sendiri. Masalah di Eropa, setiap tahun menghasilkan 51 ribu ton sampah charger.

Super mCharge adalah standar pengisian cepat untuk produk Meizu. Pengisian baterai smartphone dari 0 - 100% hanya membutuhkan waktu 20 menit. Jadi bisa ditinggal mandi dan makan lalu melihat baterai smartphone sudah penuh



MediaTek Pump Express 3.0 mengisi baterai smartphone dari 0%-70% kapasitas untuk 20 menit, 5 menit cukup untuk 4jam bicara. Kecepatan pengisian baterai smartphone dengan MediaTek Pump Express 3.0 dua kali lebih cepat dari sistem pengisian cepat produsen lain, dan lima kali lebih cepat dibanding charger standar.




No popular articles found.