Planet baru terbentuk di foto dari teleskop ALMA dari bintang HL Tau


   Science | 7 November 2014

Sebuah bintang HL Tau sedang dikelilingi oleh cincin debu dan gas. Kali ini difoto dari teleskop raksasa Atacam Large Milimeter di Chile. Disana sedang terbentuk tata surya baru, termasuk pembentukan bintang dan planet.

HL Tau atau disebut juga HL Tauri terletak 450 tahun cahaya. Berada di konstelasi Taurus. Bitang ini telah menjadi objek banyak peneliti, karena sudah satu embrio (cikal bakal terbentuknya sebuah planet) baru yang mengorbit bintang induknya. Walau sudah diperkirakan akan terbentuk pengamatan planet tersebut tidak mudah. Dengan teleskop ALMA akhirnya didapat sebuah gambar indah. Sebuah calon planet baru.

Peneliti sangat kagum melihat foto dibawah ini. Karena bintang HL Tau usianya tidak lebih dari 1 juta tahun. namun piring debu disana sudah penuh menjadi bibit planet. Pada gambar dibawah terlihat bintang HL Tau bersinar cerah di pusat cincin. Partikel debu raksasa yang mengitari bintang tersebut, perlahan akan saling menempel menjadi gumpualan. Lalu menjadi batuan dan terus membesar sampai menjadi proto planet (istilah planet yang baru terbentuk).

pembentukan bintang dan planet yang baru lahir foto di bintang HL Tau

Sebagian yang kita ketahui sebelum melihat gambar diatas. Semua masih berdasarkan teori, atau gambar animasi dan disain gambar dari para artis astronomi. Gambar diatas inilah foto asli dari sebuah tata surya baru.

Ilmuwan memperkirakan bintang HL Tau sekarang memiliki ukuran lebih kecil dari matahari kita. Tapi melihat jarak tepian dari disk proto planet dengan debu dan gas memiliki radius hampir 2x dari tata surya kita.

+ ALMA

Artikel Lain

Planet Gliese 832c disebut sebagai Super Earth, katanya bisa sebagai planet untuk tinggal manusia. Jaraknya hanya 16 tahun cahaya. Tetapi peneliti bukan mencari 2 planet Gliese 832c dan b, yang diharapkan ada temuan planet ke 3 diantara kedua planet tapi belum terlihat saat ini.

Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet. Bagaimana bila sebuah planet berisi air saja. Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi. Ada yang sangat jauh letaknya, planet sangat dingin, dan planet terlalu panas, dan ada yang berukuran 28x lebih besar dari Jupiter



Planet baru yang terlihat oleh tim ESO dapat diperkirkan seperti apa bentuk planet nantinya terbentuk. Awalnya masih sebatas teori, sekarang mulai dibuktikan bahwa planet baru akan menyapu debu dan gas dari sisa bintang dan membuat planet tumbuh menjadi besar.

Ilmuwan meneliti sebuah bintang di tata surya HATS, dan temukan sebuah planet gas seperti Saturnus. Mungkin ukurannya 100x lebih besar dari bumi. Ada yang unik dengan planet HATS-6b, benda tersebut ternyata  sangat dekat dengan bintang induknya

Teleskop Kepler menemukan tata surya yang mirip kembaran Bumi. Tata surya Kepler 444 diteliti selama 4 tahun. Disana adalah tata surya tua yang umurnya 11,2 miliar tahun, memiliki 5 planet seukuran bumi mengelilingi bintang. Di tata surya tersebut 2,5 kali lebih tua umurnya dari tata surya kita.

Sebuah planet Wasp-18b tampaknya menganggu medan magnit dari bintang. Kok bisa planet malah menganggu bintang yang lebih besar. Planet Wasp-18b ternyata sebuah planet sangat besar dan disebut planet Jupiter yang panas dan sangat dekat dengan bintang induknya.

Dari semua planet di tatasurya memiliki keunikan tersendiri. Planet bumi adalah planet yang memiliki lapisan atmofer tebal dan memiliki oksigen. Mendukung kehidupan manusia saat ini. Tapi 2 planet lain menjadi planet terpanas, dan satu paling indah



Youtube Obengplus

Trend