Qlue aplikasi Android Smart City Jakarta tinggal foto dan lapor keluhan Qlue Transit terhubung TransJakarta


News | 20 January 2016

Minggu ini aplikasi Smart City Jakarta baru dirilis oleh pemerintah DKI.

Manfaat aplikasi Smart City untuk menindak lanjuti laporan masyarakat di seluruh daerah Ibukota.

Dari laporan, proses dan monitor dapat terlihat dalam bentuk peta kota Jakarta.

Hari Senin, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnam di Balai Kota mengatakan biaya pemerintahan DKI mencapai 3,5 miliar.

Biaya yang mahal untuk karyawan pemerintah. Aplikasi berbasis Web ini untuk memantau kinerja para pemimpin dibawahnya, dan bertanggung jawab untuk menangani keluhan warga Jakarta.

Ada 2 fitur yang berbeda. Pertama jajak pendapat dan opini publik. Memungkinan para pejabat di lingkungan pemerintah kota Jakarta mengumpulkan tanggapan dari media sosial. Kedua laporan masyarakat yang dapat dilihat oleh semua orang, sehingga laporan masyarakat dapat terlihat transparan.

Apa saja yang dapat dilaporkan oleh aplikasi Smart City
  • Kemacetan lalu lintas
  • Kejahatan atau kriminal
  • kebakaran
  • Masalah kebersihan
  • Bencana.
  • Sampah
  • Pelanggaran
  • Jalan Rusak
  • Pengemis
  • Kaki Lima Liar
  • Pohon tumbang
  • Fasilitas umum
  • Parkir dan lainnya

Ada bagian khusus untuk menangani banjir, yang menampilkan daerah aliran sungai, lokasi pompa sampai restribusi. Aplikasi ini mengabungkan API dari Google Maps dengan aplikasi Qlue untuk menampilkan data secara visual.

Dengan program ini, para pejabat kota dan pegawai negeri sipil dapat melihat keluhan masyaraka secara langsung. Dan petugas yang bertanggung jawab harus menindaklanjuti laporan masyarakat serta datang ke tempat. Basuki mengatakan laporan dari masyarakat harus ditangani tanpa alasan.



Gubernur Jokowi dengan gaya blusukan sudah menjadi Presiden RI. Sekarang mengandalkan e-Blusukan. Basuki mengandalkan teknologi internet dengan Smartcity dan Swakita untuk penduduk kota Jakarta.

Dibawah ini link Smart City untuk kota Jakarta, untuk membuka halaman click di bagian logo DKI

Update Juni 2015
Dapat dilihat laporan warga dari aplikasi tersebut, dibanding bulan Desember 2014 dan bulan Juni 2015.

Update Desember 2015
Layanan Qlue sekarang berbasis Website. Dapat dilihat via www.qlue.co.id



SmartCity Kota Jakarta peta Realtime untuk pengaduan dan laporan masyarakat secara transparan


Dibawah ini tampilan aplikasi Qlue. Bisa memasukan email atau akun media sosial, terakhir memasukan nomor telepon dan nama.

SmartCity Kota Jakarta peta Realtime untuk pengaduan dan laporan 
masyarakat secara transparan

Update Januari 2016
QlueTransit
 berikan tiket bis TransJakarta Gratis dengan V-Ticket senilai 40 ribu.
Bila sampai di halte TransJakarta, kirim keadaan di halte. Seperti ramai, cukup ramai, sepi. Yang memberikan informasi akan mendapat 1 point untuk V-Ticket. Bila mencapai 40 V-Ticket dapat ditukar di halte Harmoni jam 15:00-22:00.

Jika memiliki kartu Qlue Transit, dapat di Top Up langsung

SmartCity Kota Jakarta Qlue Transit

Aplikasi SmartCity terbubung ke Qlue APK yang dirancang khusus untuk pemerintah Jakarta. Aplikasi Qlue bekerja di OS Android 4.1+ Dapat di download di Google Play


Artikel Lain

Kota London merancang halte bis atau Shelter Bus dengan tampilan transparan. Bentuknya tidak lagi menutup pemandangan gedung dibelakang, dengann kenyaman penumpang dari perlindungan debu dan hujan

Anda bisa berbagi lokasi dengan Line Here secara realtime. Termasuk dalam satu grup atau dengan satu teman serta untuk keluarga saja. Dapat menunjukan lokasi keberadaan seseorang secara realtime dan mengirim lokasi keberadaan anda via chatt dan SMS



Sebuah wawancara dengan Hugo Barra dari wakil VP Xiaomi, ada alasan mengapa smartphone tidak dipasang microSD slot dan baterai tidak bisa dilepas. Fitur smartphone high end sudah umum dirancang tanpa microSD atau baterai dibuat permanen saja.



Youtube Obengplus

Trend