Supercomputer procesor dari Intel Knight Landing


Technology | 23 June 2014

Generasi baru procesor Intel seri Knights Landing adalah jenis procesor Xeon Phi untuk supercomputing chip. Procesor tersebut memiliki kemampuan 3TeraFlops dan menjadi procesor paling cepat nantinya.

Chip tersebut akan digunakan untuk supercomputer. Knight Landing memiliki disain baru dengan stack memory dengan peningkatan kecepatan tranfer internal dan ekternal dari teknologi Omniscale.

Dibawah ii gambar yang ditampilkan dari fitur Xeon Phi.





Procesor tercepat misalnya disebut Knights Corner memiliki multi core dengan kecepatan maksimum sampai 1.2Tflops dengan jumlah 61 core saja. Intel mengatakan procesor mereka akan dipakai untuk super computer adalah tipe Cori. Dimasukan dalam kesatuan procesor yang berjumlah 9300 chip. Kabarnya dirancang untuk computer National Energy Reseacrh Scientic di Berkeley, California pada tahun 2016.

Topologi super computer seperti sistem interkoneksi Cray atau supercomputer Titan. Walau terlihat canggih, procesor buatan Intel hanya digunakan untuk arsitek Silvermont. Dikembangkan dari teknologi 14nm untuk mengurangi ukuran chip, meningkatkan kecepatan proses dan power lebih efisien.

Intel mengatakan mereka menunggu teknologi memory baru dari Micron. Disebut Micron Hyrid Memory Cube. Kecepatan 15x dari DDR3 saat ini, dan lebih cepat 4x dibanding DDR4 nanti. Walau kecepatan memory yang dibuat Micron diatas kemampuan DDR, konsumsi power lebih rendah dari DDR4 dan ruang yang dipakai hanya 1/3 memory konvensional.


Artikel Lain

Supercomputer Selene hanya membutuhkan waktu 1 bulan. Nvidia mengerjakan dengan cara modular, dan sistem pendingin yang lebih sederhana. Semua unit modul yang disebut SuperPod dibuat seragam, memudahkan instalasi serta pengawasan dengan robot khusus.

Supercomputer Big Red 200 memiliki 90.000 core. Kabarnya Nvidia menawarkan GPU terbaru sebagai penganti Tesla V100. Karena lebih efisien dan lebih cepat sampai 70%. Membuat pembangunan supercomputer Big Red 200 tertunda dan dibagi dalam 2 tahap menunggu tersedianya GPU Tesla milik Nvidia



Nvidia DGX-2 sebuah supercomputer dengan bentuk kecil. Supercomputer Nvidia DGX-2 hanya memiliki berat 160kg saja. Terbaru dengan 16 unit GV100 GPU untuk model Nvidia HGX-2 dikemas dalam rack mount NVSwitch

Satu gedung misterius di Inggris dimiliki sebuah JISC dimana membantu menghubungkan institusi pendidikan. Spencer menunjukan di dalam data center, umumnya hanya petugas saja yang boleh masuk. Ruang computer atau pusat data center disana hanya menangani computer untuk perguruan tinggi dari data biasa sampai penelitian medis

Bagaimana cara kerja Nvidia NVLink, kabarnya kecepatan VGA akan meningkat drastis untuk tranfer bandwidth GPU tdan ke komponen lain. Saat ini computer menangani VGA melalui jalur PCIe, seperti CPU dan chipset motherboard dipastikan melalui jalur PCIe.



Youtube Obengplus

Trend