Suka bermain game, ingin merekam aksi ketika main game. Bisa mengunakan Bandicam, seluruh tampilan layar game akan direkam dalam video.

Atau ingin membuat pelajaran di layar monitor menjadi video. Misalnya cara install software, video presentasi, merekam video power point dapat mengunakan Bandicam.

Intinya software Bandicam untuk merekam game ke file video, merekam apa yang ditampilkan di layar monitor menjadi video, atau merekam webcam dengan teman menjadi video. Dan seluruh suara di computer ikut direkam menjadi satu ke video

Video capture Bandicam juga mendukung proses untuk mempercepat encoding untuk file output video. Agar tidak seluru proses ditangani oleh CPU dan memberatkan aplikasi untuk mengunakan kemampuan procesor. Bandicam dapat mengambil proses ke GPU. Dari CUDA H.265, AMD dan Intel Quick Sync

Encoding yang dibantu dengan GPU

Bandicam dapat memanfaatkan kemampuan GPU untuk membantu membuat video. Seperti teknologi OpenCL untuk membantu mempercepat render video editing ke video final dengan memanfaatkan proses dari GPU

Untuk Nvidia dengan file ouput format video H.264 / HEVC atau NVENC. H.265 membutuhkan GTX 600 keatas, untuk HEVC GTX 950 keatas.
Untuk Nvidia dengan CUDA dan output H.264, dibuthkan driver tambahan NVCuvENC.dll
Untuk Intel dengan Quick Sync, sudah didukung dari GPU tipe Intel generasi ke 2 atau lebih tinggi
Untuk AMD dengan AMD APP, dibutuhkan VGA tipe HD 7700 keatas.

Video recording di PC Bandicam dengan akselerasi VGA

Awal mengenal aplikasi Bandicam video capture.

Ada 3 menu dibagian atas, untuk merekam game 3D dengan layar penuh, merekam semua tampilan monitor dan terakhir untuk merekam camera seperti Webcam

Menu dan setting Bandicam

Kita ambil satu contoh untuk capture game. Memanfaatkan Bandicam sebagai video capture ketika memainkan game, nantinya video dapat dibuat menjadi file video dengan format AVI atau MP4.

Ketika game dimainkan, maka layar akan full screen. Kita tidak bisa mengaktifkan tombol Record , Stop atau Pause selama layar masih menampilkan game 3D.
Bandicam dapat memasukan 2 fungsi tombol keyboard. Misal, F12 untuk Record dan Stop, dan tombol Shift+F12 untuk Pause.
Tombol keyboard dapat diatur sesuai keinginan pemakai.

Merekam game menjadi video

Bandicam menyediakan menu kecepatan grafik maksimum. Misalnya tidak memaksimalkan kecepatan GPU untuk menampilkan frame rate maksimum selama merekam video game. Dan dapat di setting sesuai kebutuhan. Misal 25fps atau 30fps, sementara kemampuan GPU dapat dialihkan untuk proses encoder.

Batas kecepatan FPS game

Selanjutnya Cara setting Bandicam untuk merekam game dan format video