Keyboard mekanik lebih umum digunakan untuk game. Karena presisi dalam ketukan tut keyboard.

Atau mereka yang banyak bekerja dengan keyboard, misalnya programmer, web design, dan pekerjaan lain. Membutuhkan presisi tinggi, maklum saja ketukan keyboard bagi pekerjaan ini memang sangat cepat dan membutuhkan ketepatan.

Keyboard adalah input computer, beberapa penguna lebih tertarik mengunakan keyboard mekanik dengan alasan lebih presisi dan tahan lama. Beli satu dan bekerja selamanya bertahun tahun, walau keyboard jenis ini cukup mahal.

Nama keyboard mekanik umumnya mengunakan komponen dari Cherry MX. Untuk gamer lebih memilih Cherry MX Red yang lebih terasa walau memiliki suara lebih keras.

Semua keyboard mekanik memiliki suara, tapi yang terpenting adalah tekanan balik yang bisa dirasakan oleh jari tangan dan tombol yang presisi. Sekali sentuh keyboard akan tepat bekerja, tanpa efek Ghost Type.

Sekarang banyak pilihan sesuai fungsi, seperti Cherry MX Brown dan Cherry MX Blue serta beberapa warna lain yang menunjukan peruntukan keyboard sesuai pemakaian.

Masing masing Tut seri Cherry MX memiliki ciri dan kinerja tersendiri. Khususnya tekanan Tut yang memberikan sensitif pada jari, bahwa Tut sudah diketik dengan benar ditandai dengan tekanan balik akan terasa memantul di jari tangan, sampai ketukan keyboard yang dirancang lebih tenang.

Cougar Attack X3 memiliki 4 varian dari Cherry MX. Untuk ulasan kali ini adalah model Tut Cherry MX Blue. Keseimbangan antara keyboard untuk bekerja dan game.

Seri Cherry MX Gaming Typing Universal
Black Cherry MX linear - 60g force 8.23 6.64 7.19

Brown Cherry MX tactile - 45g force
8.36 8.30 8.41

Blue Cherry MX tactile, clicky - 50g force
7.66 8.95 8.11

Red Cherry MX linear - 45g force
8.76 7.17 7.73

Green Cherry MX tactile, clicky - 80g force
7.67 7.54 7.02

White Cherry MX tactile, clicky - 80g force
7.52 6.14 6.44

Catatan : Keyboard mekanik Cougar Attack X3 tersedia dengan Tut keyboard Cherry MX Brown, Black, Blue dan Red.

Spesifikasi Cougar Attack X3


Product name COUGAR ATTACK X3 Gaming Keyboard
Key switch Cherry MX mechanical switch
N-key rollover Yes (USB mode support)
Full key backlight Yes
Game type FPS / MMORPG / MOBA / RTS
On-board memory Yes
Polling rate 1000Hz / 1ms
Material Aluminum / Plastic
Software COUGAR UIX™ SYSTEM
PROGRAMMABLE KEYS 10
Interface USB plug
Cable length 1.8m Braided
Dimension 170(L) X 467(W) X 40(H) mm
6.69(L) X18.39(W) X 1.57(H) Inch
Weight

Keyboard mekanik umumnya dikemas dengan disain khusus, box yang menarik, tentu harga keyboard kelas tersebut masuk produk premium. Seperti cerita marketing yang menawarkan kemasan yang baik. Intinya komponen utama keyboard adalah Tut keyboard itu sendiri. Yang lain seperti bentuk, posisi tombol keyboard ke jari tangan.

Disain dari keyboard Cougar Attack X3 ini minimalis, seperti keyboard klasik. Memiliki disain sederhana, tidak besar dan dibuat seperti disain keyboard standar. kecuali pada fungsi tombol Alt dibuat lebih besar.

Paket keyboard Cougar Attack X3 dikemas sederhana, sebuah box berisi keyboard ditambah sebuah buku panduan sederhana. Tetapi kemampuan keyboard ini sama baiknya, karena komponen yang dipakai memang sama yaitu Tut Cherry MX.



Dibawah ini tampilkan keyboard Cougar Attack X3. Sederhana, kecil dan simpel. Bagian penampang keyboard dengan bahan aluminium solid.



Pada penampang keyboard memiliki permukaan metal. Itu bukan lapisan metal atau disain plastik di cat metal, tapi utuh dengan lempeng aluminium untuk penahan Tut keyboard.

Dari seluruh posisi tut keyboard Cougar Attack X3, ada 3 tombol yang berbeda fungsinya. Terletak di bagian kanan atas untuk pengaturan volume.



Disain belakang untuk kaki keyboard, memiliki 2 engsel kaki. Dan diberikan karet untuk menahan badan keyboard.



Seperti standar keyboard papan atas. Kabel Cougar Attack X3 meiliki pelapis nylon untuk menghindari gesekan atau tersangkutnya kabel USB.



Bagaian kiri dan kanan keyboard dibuat slope / lekukan. Membuat tampilan keyboard lebih slim seakan hanya bagian tombol keyboard yang menonjol keluar. Dari sisi kiri dan kanan ditahan dengan satu plat aluminium dengan tekukan di bagian ujung keyboard.



+ Selanjutnya software dan lampu keyboard