Planet J1407b sebagai planet Super Saturnus


Science | 28 January 2015

Seperti planet Saturnus dengan cincin sangat luas

Planet dengan nomor J1407 ditemukan pada tahun 2012. Menariknya planet ini memiliki cincin seperti planet Saturnus.

Bukan memiliki cincin saja, tapi lebar cincin disana diperkirakan sangat besar, seperti miniatur planet Saturnus kata ilmuwan. Mereka menyebut sebagai planet Super Saturnus.

Ilmuwan mencatat setidanya ada 37 garis cincin disana. Setiap cincin memiliki diameter paling 120 juta km atau 200x kali lebih luar dari cincin Saturnus. Debu di cincin planet tersebut setara isi massa planet Bumi.

Planet J1407b dengan cincin seperti planet Saturnus

Gambar pertama adalah ilustrasi dengan cincin di planeJ1407b, sedangkan gambar 2 dan 3 bentuk incin dengan dari planet.

Tim astronom Belanda dan Amerika telah mengumumkan bahwa satu planet di bintang J1407 memiliki lebar cincin 200x dibanding Saturnus. Penelitian dilakukan di ruang observasi SuperWASP.

Cincin di planet J1407b memang terlihat di teleskop. Cincin tersebut terlihat karena cahaya bintang disana tertutup lebih redup oleh planet dan cincin yang besar.

Dari BBC, memperumpamakan bila cincin tersebut ada di bumi. Bentuknya cincin planet tersebut akan terlihat dari Bumi seperti gambar dibawah

Planet J1407b dengan cincin seperti planet Saturnus

Tata surya J1407 adalah tata surya dengan sebuah bintang oranye kecil. Jaraknya 434 tahun cahaya dari bumi. Melihat ukuran cincin planet J1407b, kemungkinan planet ini jauh lebih besar dari planet Saturnus bahkan Jupiter. Mungkin sekitar 10-40 kali dari masa Jupiter. Dalam beberapa juta tahun kedepan, cincin disana akan hilang dan akan membentuk satelit atau bulan baru yang mengelilingi planet.

Berita terkait
Planet Pluto akhirnya dapat diabadikan oleh pesawat ruang angkasa New Horizons.Cenderung berwarna merah dan coklat, ini dia foto asli planet Pluto dari dekat. Disana terdapat gunung es dan lautan nitrogen. Bagaimana komunikasi dilakukan dengan pesawat ruang angkasa ke Bumi. Terindentifikasi Pluto memiliki 5 bulan - Styx, Nix, Kerberos, Hydra dan Charon

Kita akan bertanya apakah tata surya lain memiliki planet gas seperti Jupiter. Dijawab ya, tapi peneliti melihat perbedaan ukuran planet gas di tata surya lain berdasarkan bintang induknya. Bintang dapat mempengaruhi ukuran planet lain ketika lahir.



Planet Kepler-452b disebut sepupu Bumi dengan badan lebih besar, peneliti percaya disana ada gunung berapi dan lautan. Letaknya 1400 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus baru terditeksi oleh teleskop Kepler. Peneliti memberi nama Earth's Bigger, older Cousin atau Earth 2

Sebuah planet seukuran Jupiter berada sangat dekat dengan sebuah bintang. Sebuah planet seukuran Jupiter disebut planet PTFO 8-8695b. Tapi perlahan planet ini sedang di sikat oleh bintang induknya sendiri. Berdasarkan observasi emisi, terlihat adanya awan besar perlahan tertarik dari planet ke dalam bintang

Di bintang Kepler 223 ditemukan beberapa planet, menjadikan bintang ini sebagai tata surya langka. Karena posisi planet disana saling menganggu sampai akhirnya bisa saling menyeimbangkan orbitnya Tapi pergerakan planet berhenti setelah keseimbangan baru dicapai oleh orbit 4 planet.

Peneliti menemukan sebuah planet HD 20782b, dengan orbit paling unik dan esentrik yang pernah ditemukan. Memiliki eksentrisitas 0,96 atau bentuk elips hampir seperti garis datar. Dari orbit terjauh, lalu seperti ketapel dan mendekat cepat ke arah bintang. Seperti apa tinggal di planet ini.

Teleskop Kepler yang kabarnya rusak sudah kembali beroperasi, walau tidak bisa beroperasi penuh. Kabar baik, ditemukan lagi planet dengan posisi Goldilocks Zone atau planet yang berada di  posisi untuk kehidupan. Bukan satu planet tapi sekaligus 8 planet. November 2015, planet Kepler 438b di coret dari daftar exoplanet yang mirip bumi.



3 planet kecil di tata surya Koi 961. Ukurannya mungkin sebesar planet Mars. Ketiga planet tersebut memiliki ukuran 0.78, 0.73 dan satu lagi lebih kecil 0.57 kali dari Bumi. Jarak ke planet di tata surya Koi 961 tidak terlalu jauh, hanya 120 tahun cahaya yang terletak di konstelasi bintang Cygnus.

Ada beberapa penemun dari dunia astronomi, beberapa dijelaskan lebih mendalam. Seperti dampak tabrakan dua galaksi, bintang yang pernah melintas dekat di tata surya, penemuan galaksi purba, Black Hole raksasa dan terakhir foto Pluto dan bulan pendamping Charon

Berapa lama cahaya matahari mencapai planet Jupiter dengan jarak 778 juta km. Cahaya matahari membutuhkan waktu ke bumi setelah 8 menit 20 detik dengan jarak 149 juta km. Planet paling dekat adalah Merkurius 47 juta km, itupun cahaya matahari harus menempuh selama 2 menit 16 detik.

Pernah mendengar cerita planet X, planet yang tidak dikenal di tata surya kita sendiri. Mungkin planet ini memang ada, tapi jauh di kegelapan dan mungkin saja berada sangat jauh di luar planet Pluto. Tetapi jumlah planet tersebut tentunya tidak pasti, karena orbitnya begitu jauh, dan sulit diamati dari Bumi dengan teknologi yang ada

Sebuah planet Wasp-18b tampaknya menganggu medan magnit dari bintang. Kok bisa planet malah menganggu bintang yang lebih besar. Planet Wasp-18b ternyata sebuah planet sangat besar dan disebut planet Jupiter yang panas dan sangat dekat dengan bintang induknya.

Sebuah planet KOI 314c memiliki ukuran 60% lebih besar dari bumi, keunikan planet ini berbentuk gas. Jaraknya hanya 200 tahun cahaya dari bumi. Berdasarakan penelitian ketika planet KOI 314c melintas di depan bintangnya, bisa dianalisa berapa temperatur planet tersebut.




No popular articles found.
< /body>