Meng import data dari KML ke Google Maps

Langkah pertama, anda harus memiliki account Google Maps. Login ke maps.google.com, dan buka dari login email yang anda miliki. Tidak perlu email dari Google, bisa mengunakan email lain. Anda perlu mendaftar ke Google maps sebelum bisa mengunakan fitur save dan import yang ada.

Selesai membuka maps.google.com, maka akan tampil seperti bagian gambar dibawah ini.

Lalu pilih My Maps


Setelah membuka My Maps, lalu tampil seperti halaman dibawah ini.

Coba anda buat sebuah map baru dengan mengclick bagian Create new map untuk membuat nama peta atau map

 


Langkah ke 3 membuat informasi tentang map yang akan dimasukan ke Google Maps. Misalnya memberikan judul tentang perjalanan sepeda ke daerah Bogor (seperti gambar dibawah ini). Tahapan yang baru dilakukan adalah membuat judul dan keterangan untuk map atau peta yang baru dibuat. Yang terakhir adalah melakukan tahapan untuk memasukan data (IMPORT) dari file peta GPS format KML ke Google Maps.

Pada arah panah hijau , tertulis Import. Pada pilihan tersebut untuk digunakan mengimport file dari KML yang telah anda buat agar biasa dibaca dan tampil melalui Google Maps.

 

Mengimport file KML ke Google Maps sebagai penutup

Ketika ditekan pilihan Import, akan tampil sebuah windows kecil yang meminta memasukan nama file. Masukan file KML yang telah anda buat. Lalu tekan Upload from File file untuk dikirim ke Google Maps. Contoh seperti gambar dibawah ini. Proses pemasukan data ke Google Maps sudah selesai. Jangan lupa click Save.

 

Selesai meng Import data KML, maka jalur peta anda dapat dilihat di Google Maps

Selesai mengupload file KML ke Google Maps, maka tampilan layar akan berubah seperti kedua gambar dibawah ini.


 

Mengirim map ke teman, jauh lebih mudah

Untuk memberitahukan rute atau jalur peta yang anda buat, dan ingin memperlihatkan ke rekan anda di Internet menjadi mudah.

Cukup memilih bagian Link dan Paste nama HTTP://...... dan kirim ke rekan anda. Atau anda bisa juga memasukan ke halaman web dengan mengcopy past link Iframe yang diberikan oleh Google Maps dan memasukan ke lembaran email, news group dan lainnya.

Untuk contoh dapat dicoba link


View Telaga Warna, Rindu Alam, Kondangan Kampung Goesbike.com by Indra Uno in a larger map