Aplikasi Real Time GPS Tracker yang memberikan lokasi dari teman atau keluarga secara langsung dan realtime ketika berpergian. Sementara banyak aplikasi lain hanya memberikan tracking keberadaan teman dan keluar secara semi online.

Real Time GPS Tracker memiliki kemampuan lebih dimana anda bisa memanfaatkan handphone sebagai alat navigasi. Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi bisa berbagi kepada orang lain. Kemana arah anda atau rekan / keluarga bergerak dapat dilihat atau di monitor langsung di setiap handphone.

Tampilan Real Time GPS Tracker seperti gambar dibawah ini. Dimana ada 2 titik kuning dari 2 posisi berbeda, tetapi satu titik bergerak secara realtime Tracking dilayar handphone. Dan handphone lain bisa melihat pergerakan dari pemilik handphone lain

 

Manfaat Real Time GPS Tracker bisa diulas seperti dibawah ini.

  • Sebagai alat navigasi sederhana atau bisa menghubungkan teman atas posisi pemilik smartphone.
  • Sebagai contoh ada kelompok keluarga atau teman sedang menuju sebuah tempat. Tetapi hanya satu pengendara yang mengetahui arah jalan dari lokasi yang dituju. Pengendara pertama dapat memberikan jejak atau tracking di handphone secara realtime. Sedangkan pengemudi lain bisa mengikuti jejak yang diberikan oleh pemilik handphone di depan.
  • Atau anda sedang tersesat sementara teman anda sudah sampai di tujuan. Dengan aplikasi Real Time GPS Tracker, teman anda bisa membantu memberikan arahan kemana tujuan dan jalan yang harus diambil.
  • 2 kutipan diatas adalah contoh sederhana dalam memanfaatkan aplikasi Real Time GPS Tracker

Yang dibutuhkan dari GPS Tracker.

  • Smartphone yang mengunakan Real Time GPS Tracker memerlukan koneksi GPRS atau 3G. Karena aplikasi tersebut akan mengirim dan menerima data kepada sesama penguna Real Time GPS Tracker.
  • Untuk menghubungkan antara 2 smartphone dengan Real Time GPS Tracker. Masing masing smartphone harus menginstall Real Time GPS Tracker.
  • Dibutuhkan koneksi GPS untuk menentukan lokasi.
  • Dibutuhkan koneksi aGPS bila signal GPS tidak dapat ditangkap oleh smartphone

 

Lebih lanjut tentang Real Time GPS Tracker

Author : R.Sutedja - 28 Juli 2012

Download Real Time GPS Tracker via Google Play

Cara mengunakan GPS Tracker Pro dibawah ini

1

Setelah mendaftar dan menginstall aplikasi Real Time GPS Tracker. Untuk mengaktifkan akan dimulai dari tombol Start dan Stop, untuk mulai merekam arah / tracker yang akan digambar pada map.

Fungsi tombol pada aplikasi bisa dilihat dibawah ini :

  1. GPS adalah tombol untuk mengaktifkan penerima signal GPS
  2. My Location untuk memindahkan peta ke posisi anda.
  3. Friend, ini bagian paling penting. Untuk meminta rekan atau keluarga yang mengunakan aplikasi tersebut sebagai teman dan terhubung bersama
  4. Share URL, untuk mengirim posisi lokasi kepada orang lain bila tidak memiliki aplikasi Real Time GPS Tracker. (No.4)

.

2

Contoh pada gambar dibawah ini. Satu rekan mencoba mengaktifkan tracker dari aplikasi Real Time GPS Tracker. Lalu berjalan keluar rumah untuk membuat tracking bagi penguna smartphone lain.

Pada smartphone lain yang sudah saling terhubung sebagai "Friend" akan langsung melihat posisi pergerakan lengkap gambar garis hijau dari arah pergerakan.

3

Real Time GPS Tracker mendukung beberapa model peta selain peta Google. Untuk melihat peta maka dibutuhkan koneksi data untuk mendownload peta via GPRS atau 3G.

4

Selain fitur tracker, Real Time GPS Tracker menyediakan pengiriman lokasi dari posisi pengirim.

Diberikan 2 opsi untuk mengirim posisi yaitu email dan SMS.

5

Bagian Setting :

Account Credential Nama user name anda dan password, serta untuk menganti username berbeda
Preferred units Ukuran antara mil dan km
Location update interval Setting GPS , dalam hitungan detik. Dalam kondisi tertentu, setting waktu dapat dimasukan angka minimal agar memberikan arahan lebih tepat.
GPS accuracy limit Dibagi 5 dari akurasi GPS paling tepat dan paling rendah
Minimum distance (meter) Catatan pergerakan dalam hitungan meter
Auto enable GPS Setting GPS auto dan non auto
Send Network location Untuk mengirim data ke website, bila diperlukan untuk tracking.
GPS Timeout Waktu tunggu untuk setting Max, Min dan counter GPS
Extra AGPS Diperlukan bila signal GPS satelit terganggu dengan mengandalkan lokasi aGPS dari BTS.
View Permission Memberikan password atau terbuka ke semua teman tentang keberadaan anda.

 

Kesimpulan untuk aplikasi Real Time GPS Tracker

Real Time GPS Tracker memberikan lokasi secara realtime via smartphone kepada 2 atau lebih penguna aplikasi Real Time GPS Tracker. Antara 2 smartphone atau lebih seakan terhubung dan bisa melihat keberadaan si pemilknya secara live.

Untuk menyajikan data navigasi langsung, aplikasi Real Time GPS Tracker membutuhkan koneksi data internet. Baik posisi dan mendownload map langsung ke internet. Dan pihak pembuat memberikan pesan sponsor iklan yang agak menganggu.

Real Time GPS Tracker cukup besar menguras baterai smartphone. Baik pemakain power untuk GPS dan tranmisi data akan menghabiskan baterai smartphone anda lebih cepat.

Aplikasi dibuat oleh Greenalp. Dan menyediakan web untuk melihat peta dari member Real Time GPS Tracker via www.greenalp.com

Untuk nilai, aplikasi Real Time GPS Tracker Android sangat baik karena menampilkan gambar dari keberadaan masing masing pemilik smartphone lebih detail dan cepat