Banyak penguna smartphone ingin handphone mereka dapat memberikan nilai tambah. Bukan hanya alat komunikasi, tetapi dapat dimanfaatkan untuk fungsi lain. Smartphone untuk chatting, browsing internet atau sekedar membuka situs jejaring sosial.

Bagaimana bila anda memang aktif diluar, seperti suka berolahraga bersama kelompok teman atau komunitas. Atau sekedar hang-out , nongkrong, makan, naik sepeda atau motor bareng, mengunakan kereta listrik, busway dan lainnya. Setiap hari sibuk, bahkan tidak tahu bila teman anda juga naik kereta dan busway di jam yang sama, suka makan disebuah restoran yang sama. Atau banyak teman di kampus dan sekolah, tetapi sulit untuk pernah bertemu karena kesibukan.

Mengapa tidak ada sebuah aplikasi untuk komunikasi yang mendukung sebuah komunitas. Sehingga keberadaan antar member bisa terlihat posisinya. Aplikasi GPS Tracker Pro dapat dimanfaatkan mencari lokasi keluarga atau teman dengan teknologi GPS. Aplikasi ini menjadi solusi mengetahui letak seseorang dengan Android smartphone atau tablet, keberadaan orang lain, keluarga atau teman dapat dimonitor via smartphone lengkap dengan peta.

Manfaat GPS Tracker Pro bisa diulas seperti dibawah ini.

  • Aplikasi ini sebenarnya ditujukan untuk keluarga seperti teman teman, rekan kerja, komunitas kecil, ayah, ibu, anak anak atau paman, om, bibi dan tante. Semua yang di daftar menjadi member bisa dilihat dari smartphone.
  • Untuk teman kerja, teman nongkrong, teman yang memiliki kegiatan yang sama. Bisa melihat posisi keberadaan teman secara langsung via GPS.
  • Sistem GPS Tracker Pro memiliki Panic Button dan Chat yang ditujukan bagi keluarga.

GPS Tracker Pro mengunakan trigger atau pengiriman secara berkala. Smartphone dapat mengirim lokasi dalam durasi minimum 15 menit sampai setengah hari (12 jam) ke semua member. Dan memberitahukan posisi dan lokasi keberadaannya yang terlihat pada peta. Untuk posisi dibutuhkan sebuah smartphone dengan GPS, sedangkan koneksi bisa memanfaatkan 3G/GPRS atau WIFI baik dirumah, kantor atau WIFI gratis disebuah restoran dan Mall.

Bagaimana cara kerja GPS Tracker Pro. Satu orang menginstall dan membuat sebuah grup. Yang lain menginstall aplikasi, nantinya di undang ke grup yang sudah dibuat. Bila sudah dibuat grup, kepala Admin dapat memberikan hak ke orang lain sebagai Admin kedua, dan bisa mengundang orang lain masuk ke dalam grup. Bila semua sudah terhubung, maka akan tampil di layar smartphone, dimana saja keberadaan teman, rekan kerja, atau keluarga.

Masing masing grup dapat dibuat terpisah. Misalnya anda di undang masuk ke satu grup teman teman. Lalu anda membuat grup sendiri untuk keluarga. Bisa ditangani oleh satu aplikasi ini. Karena sistem kerja GPS Tracker Pro tidak terus menerus mengirim lokasi keberadaan si pemilik smartphone. Ada kelebihan dan kekurangannya.

  • Kekurangan dari sistem trigger, lokasi keberadaan si pemilik smartphone tidak realtime. Karena GPS Tracker Pro awalnya dirancang untuk faktor keamanan.
  • Keuntungan dengan sistem trigger, baterai handphone akan lebih hemat dengan minimum waktu setiap 15 menit sekali.
  • Untuk kekurangan durasi pengiriman lokasi, ada opsi untuk ping Check-In. Sehingga posisi si pemilik smartphone bisa mengupdate posisi terakhir.
  • Kekurangan lain , tidak semua OS dan perangkat di dukung oleh GPS Tracker Pro.
  • Keuntungan lain, bisa login via computer. Jadi bisa melihat keberadaan teman teman atau semua anggota grup dari computer melalui browser (tanpa menginstall software di computer)
Cara mendaftar dengan email

Author : R.Sutedja

Download GPS Tracker Pro via Google Play

 

Cara mengunakan GPS Tracker Pro dibawah ini

1

Untuk tahap awal, dibutuhkan satu smartphone untuk menginstall aplikasi GPS Tracker Pro. Dan difungsikan sebagai Admin untuk merubah nama pada daftar member

Setelah di Install, yang pertama menginstall dapat menambah daftar dengan menekan tombol kanan bawah pada icon +

2

Setelah icon + ditekan, muncul daftar nama kontak. Masukan nama yang ada sebagai member.

Bila nama yang ingin dimasukan tidak ada pada daftar, bisa menambah pada icon paling bawah "Enter Information Manually"

3

Seperti tampilan dibawah ini, untuk memasukan nama teman atau keluarga secara manual. Dan undangan akan dikirim ke pemilik smartphone.

4

Ada 3 tombol di aplikasi GPS Tracker Pro. Tombol merah (!) untuk mengirim pesan darurat. Biru untuk chatting, dan hijau untuk pesan kondisi aman. Sayangnya fitur tersebut tidak bisa diganti, karena disain aplikasi tersebut adalah untuk keluarga.

Bila tombol Merah dan Hijau ditekan, semua member pada daftar akan menerima pesan.

5

Setting lain seperti dibawah ini. Bagian Map untuk melihat peta dan posisi dari member. Messages untuk mengirim pesan dan Setting.

6

Bagian Setting

Family Members - untuk melihat posisi si pengirim dan posisi terakhir keberadaannya. Disini bisa di edit seperti nama email dan telepon. Dan data histori selama 3 hari

Tracking Option untuk mengatur trigger update dari 15 menit sampai 12 jam. Bila aplikasi tidak ingin berjalan terus, bisa di matikan pada bagian Run in background


Selanjutnya untuk memonitor lokasi teman, saudara atau keluarga dari computer atau tablet.