Sebelum melihat masalah serangan malware di smartphone, dilihat dahulu masalah umum bagi perangkat smartphone Android.

Mungkin anda pernah mendownload aplikasi Android dari sumber tidak resmi.

Bahkan ketika membuka sebuah website sudah diberikan peringatan bahwa situs yang akan anda buka adalah situs berbahaya. Mungkin dari sana asal mula penyakit smartphone.

Tetapi tidak semua masalah smartphone berasal dari serangan trojan dan malware berbasis Android. Mungkin disebabkan salah setting, misalnya membuat smartphone

Android tidak bisa menerima telepon atau tidak bisa telepon keluar. Beberapa setting di ponsel anda mungkin mengalami kasus dibawah ini.

Bila tidak bisa menelpon keluar atau menerima telepon masuk di smartphone Android, solusi paling umum mungkin ada dibawah ini.

Coba cek di Call Barring dan Cal Forwarding, mungkin pernah dirubah atau salah tekan. Masuk ke bagian setting

  • Setting -> Device - Call Setting -> Addtional Settings
  • Dibagian Call Forwarding -> Voice Call-> Disable Always Forward
  • Kedua di setting Call Barring -> Deactive all options
  • Lalu test kembali apakah telepon bisa menerima dan keluar

Setting smartphone ke pencet ke Airplane Mode

  • Cek di bagian Bluetooth, apakah aktif. Coba matikan, karena telepon mungkin terhubung ke perangkat Bluetooth.

Telepon tidak ada suara

Pernah mengalami hal ini. Seperti telepon berdering tapi tidak ada suara. Coba periksa volume suara pada smartphone anda atau smartphone anda di setting Mute untuk semua suara.

Salah memilih jaringan di Network Mode atau jaringan kurang baik.
Coba anda aperiksa di menu Mobile Network -> Network Mode. Lihat dijaringan yang anda gunakan. Coba lihat dan pindahkan ke salah satu jaringan seperti GSM, 3G atau LTE untuk data. Dan pilih yang paling stabil.

Tip kedua mungkin membantu, tekan di setting -> Flight Mode, dan tunggu beberapa 10 detik. Dan Disable Flight Mode kembali agar smartphone kembali normal

Masalah lain, pada Sim Card rusak di smartphone Android menyebabkan tidak bisa telepon keluar atau menerima telepon masuk

  • Periksa SIM card apakah sudah terpasang dengan benar, bisa di lihat ada pesan gambar SIM card dan Bar BTS di atas layar smartphone. Bila tanda antena atau Bar hilang, coba cabut SIM card dan pasang kembali, atau coba bersihkan kontak tembaga dibagian SIM card. Bila tidak bekerja juga, gunakan smartphone lain untuk memeriksa apakah SIM Card memang baik atau sudah rusak.
  • Bila SIM card bekerja dengan baik di smartphone berbeda. Ada kemungkinan slot SIM card di smartphone anda bermasalah
  • Bila SIM card dipasang di smartphone lain juga tidak berfungsi, kemungkinan besar SIM card anda yang rusak.

Pastikan kartu anda masih berlaku dan tidak berada di waktu tenggang. Bila sudah memasuki masa tenggang tentunya tidak bisa menelpon keluar, siapa tahu anda lupa memeriksa kapan membeli perpanjangan pulsa (untuk pra-bayar)

Dan kartu tidak masalah , dengan melihat gambar penerimaan sinyal tetap aktif

Smartphone lambat, restart sendiri, kadang smartphone diam tidak bekerja.

  • Smartphone seperti computer, memiliki storage. Kadang storage penuh, corrupt atau ada aplikasi yang terganggu dengan masalah storage
  • Bisa ditangani dengan menghapus file yang bermasalah seperti Cleanner Android dari All in One Toolbox. Atau Un-install aplikasi penyebab Crash (restart) dan menginstall kembali

Smartphone mati ketika konek atau menerima telepon
Hal ini tidak terlalu jelas. Tapi ada kemungkinan di sistem baterai smartphone. Seandainya smartphone sudah lama, atau baterai yang digunakan mungkin lebih dari satu tahun. Kadang dibagian konektor smartphone terjadi gangguan. Dengan catatan, hal ini kadang terjadi di smarphone dengan baterai yang bisa dilepas. Coba bersihkan konektor pada bagian baterai, siapa tahu konektor sudah lemah ketika kontak dengan baterai.

Telepon putus atau Call End di Android

Baru telepon terputus dan tampil Call End di layar. Mungkin ada yang mengalami menelpon dan mendadak putus tidak di angkat.
Bisa di cek di Call ID / Call Waiting. Apakah setting Hide Number aktif, artinya anda bisa menghubungi seseorang tanpa nomor.
Beberapa provider telepon tidak mengijinkan telepon dengan nomor di sembunyikan. Bila aktif dan anda mencoba menghubungi seseorang dengan setting ini. Setelah telepon baru berbunyi akan diputus dari provider.

Hal lain yang perlu di periksa. Beberapa smartphone memiliki masalah pada kartu SIM card. Posisi standby terlihat bekerja, tapi ketika melakukan panggilan dapat terputus. Cabut SIM card dan pasang kembali.


Telepon mendadak putus tidak diangkat

Hati hati dengan link di browser

Bila browsing dengan smartphone atau tablet. Agak susah menutup pop Windows yang muncul, di computer jauh lebih mudah dengan menutup browser. Khususnya halaman di website abu abu. Hati hati ketika melihat tayangan, peringatan yang mengundang untuk di Click. Biasanya dapat menginfeksi smartphone dengan iklan yang tidak jelas.

  • Kadang muncul Pop di layar ketika browsing, pop dengan tanda peringatan bisa saja berbahaya karena  terkait dengan link malware. Jenis ini disebut Scareware, biasanya muncul di halaman situs aneh aneh seperti situs bajakan atau situs "semi"
  • Tidak berbahaya bila muncul pesan dalam tayangan iklan biasa sebagai promosi. Diabaikan saja pesan iklan tersebut.

Smartphone dan tablet Android tidak bisa terhubung ke WIFI Router

Satu lagi kebiasaan mengunakan smartphone di luar, seperti di kafe, restoran atau tempat lain. Kadang ketika smartphone di rumah menjadi susah konek, bahkan smartphone tidak mau terhubung ke WIFI di rumah. Atau koneksi sudah jalan tapi tidak bisa terhubung ke internet. Belum tentu smartphone terkena malware. Kemungkinan masalah di perangkat saja, cobalah konfigurasi setting WIFI di smartphone anda.

Penyelesaian smartphone tidak bisa terhubung ke WIFI Router, untuk sementara dilakukan dengan cara dibawah ini.

  • Matikan atau reset WIFI Router dirumah dan aktifkan kembali. Umumnya smartphone kembali mengenal WIFI rumah.
  • Buat Fix IP (dapat dibaca pada artikel link tersebut) di smartphone bila langkah diatas belum dapat menghubungkan smartphone ke internet.

Jaga smartphone Android  dengan memasang salah satu antivirus gratis dibawah ini

Bagaimana kita mengetahui smartphone terkena malware. Gampang, tinggal di install Antivirus atau Anti malware dibawah ini.

Bukan computer saja diserang malware. Tapi smartphone sudah menjadi target serangan malware. Khususnya ketika download aplikasi yang bukan dari situs resmi Google Play

HP Android saat menelpon suka merestart

Sebelum memastikan smartphone terkena Malware. Coba perhatikan berapa banyak aplikasi yang terinstall bila smartphone anda adalah tipe pemula / entry level. Bisa saja beban aplikasi yang ada menganggu panggilan telepon.

Dengan catatan masalah bukan dari jaringan operator, seperti area blank spot, jaringan terputus dari layanan aplikasi atau provider atau jaringan yang sibuk dapat membuat pembicaraan dapat terputus mendadak

Bila smartphone bekerja sangat lambat, bisa diperiksa dengan satu aplikasi ini. Fungsinya untuk membersihkan RAM bila terlalu banyak aplikasi di load dan sering melambat setelah membuka aplikasi. Aplikasi di smartphone kadang masih berada di RAM dapat dibersihkan dengan All In One Tool Box, atau Droid Optimizer. Dengan sekali click semua aplikasi yang membebankan di RAM dapat dikeluarkan. Dan smartphone akan bekerja normal kembali.

Computer PC lebih mudah dikenali bila sudah terserang malware. Umumnya performa computer akan melambat, browser membuka halaman website aneh, terkadang mendapat spam obat kuat pria. Yang diserang biasanya bagian svhost.exe dan diganti dari si pembuat malware dengan nama samaran svhost.exe.

Smartphone Android  sama saja, bisa saja terkena aplikasi malware karena smartphone adalah PC ukuran mini.
Infeksi bisa didapat dari program yang di download diluar Google Play atau dari Google Play sendiri. Pembuat aplikasi berbahaya sengaja menyerang smartphone dan tablet, karena begitu banyak perangkat digunakan oleh masyarakat. Siapa tahu pemilik smartphone pernah menginstall aplikasi atau salah click dari email dan link browser. Sampai smartphone terinfeksi aplikasi tidak diketahui.

Bila sering mendownload aplikasi game diluar Google Play, khususnya copian game berbayar tapi mendapatkan di tempat underground (istilah bajakan APK). Hati hati disana sering kali di kutak kutik untuk disusupi malware. Beberapa aplikasi bisa mencuri data dari smartphone atau tablet Android. Foto, video dan panggilan telepon bisa dicuri dan dikirim oleh si pembuat. Atau dijadikan mesin remote untuk mereka, dengan tujuan berbeda-beda.
Bagi penguna operator Indosat, sekarang sudah bisa membeli aplikasi dengan potong pulsa dari Indosat Bill Carrier

Selanjutnya - Apa ciri smartphone bila terkena malware.