G.Skill Ripjaws KM780 MX Mechanic Keyboard dibuat dalam 3 tipe key switch.

Dari Cherrry MX Red, Blue dan Brown, ketika model memiliki fungsi berbeda. Cherry MX Red yang dicoba dirancang untuk gaming.

Tapi penguna keyboard G.Skill Ripjaws KM780 MX tidak terbatas untuk game saja. Bisa digunakan bagi mereka yang membutuhkan kenyamanan untuk mengetik. Seperti programmer yang membutuhkan ketikan program lebih akurat. Dapat mengunakan tipe Switch Blue dan Brown.

G.Skill Ripjaws KM780 MX disebut sebagai keyboard mekanik, mengunakan switch mekanik dengan tombol Cherry MX. Produk keyboard premium lebih umum mengunakan switch Cherry MX. Komponen utama ini yang membedakan antara keyboard standar, dengan keyboard premium.

Perbedaan keyboard mekanik saat ini tidak dibuat seperti keyboard biasa, tapi dikembangkan dalam disain yang menarik. Ada yang membuat keyboard standar, yang lain memasangkan sistem lampu LED satu warna agar lebih menarik, dan terakhir mengunakan lampu LED RGB Tampilan keyboard di meja akan menyala dengan warna. Dengan tampilan warna lampu LED, membuat suasana depan computer tidak membosankan, atau terlihat lebih EyeCacthing

Perbedaan lain keyboard mekanik dan keyboard biasa. Keyboard mekanik mengunakan teknologi berbeda. Sistem kontrol chip dan software, seperti G.Skill Ripjaws KM780 MX. dengan  fitur NKRO dan anti ghosting.

N-Key Roll (NKRO). Ketika mengetik satu tombol dilepas dan pindah ke tombol lain. Dengan fitur NKRO, keyboard tidak melakukan kesalahan input, dan mengisolasi kesalahan ketikan urutan pada tombol keyboard. Fitur kesalahan mengetik keyboard paling umum terjadi pada game, dimana pergerakan karakter perlu menekan 2 tombol atau lebih secara bersamaan. Anti Ghosting menjadi fitur keyboard gaming, ketika keyboard menekan 3 tombol bersamaan seperti Alt-Shiftdan karakter.

G.Skill Ripjaws KM780 MX dikembangkan sampai ke fitur software. Setiap tombol dapat diganti sesuai fungsi key yang kita butuhkan. Dan tambahan 6 macro key di sisi kiri membuat keyboard ini memiliki nilai tambah dibanding disain keyboard mekanik biasa.

Spesifikasi G.Skill Ripjaws KM780 MX

Keyboard Type Mechanical
Keyswitch Red, Brown, Blue
Backlighting Red LED
Anti-Ghosting Yes
Full n-Key Rollover Yes
Gaming Mode Option Yes
On-board Profile 3
Additional Macro Keys 6
Dedicated Media Control Panel Yes
Line-Out and Mic-In Yes
USB Passthrough Yes
Mouse Cable Holder Yes
Detachable Palm Rest Yes
Dimensions 518 x 172 x 48 mm
Dimensions w/ Palm Rest 518 x 228 x 48 mm
Weight 1.36 kg
Weight w/ Palm Rest 1.54 kg
Warranty 2-Year Limited Warranty


Tampilan G.Skill Ripjaws KM780 MX memiliki layout seperti keyboard biasa. Penguna tidak perlu menyesuaikan layout keyboard, karena disain tombol keyboard identik dengan standar keyboard pada umumnya.

Keyboard terhubung dengan kabel cukup panjang agar sampai 2 meter, nanti akan dijelaskan pada bagian kabel.
Tapi tampilan keyboard ini sebenarnya hitam, benar benar hitam. Mengunakan bahan Black anodized aluminium finish dan cap keyboard yang sama


G.Skill Ripjaws KM780 front detail

Keyboard mekanik dirancang dengan bahan aluminium untuk menahan tekanan key keyboard. Maklum penguna keyboard ini biasanya untuk programmer dan gamer yang begitu cepat menekan key keyboard bahkan lebih kuat. Keyboard  biasa dengan bahan plastik, kadang tidak membuat ketukan jari tidak stabil.

G.Skill Ripjaws KM780 MX memberikan penahan dari plat aluminium, agar lebih kuat dan tahan lama. Karena switch keyboard mekanik memiliki daya tahan lebih baik dan ketikan pada switch harus lebih stabil dibanding keyboard standar.

G.Skill Ripjaws KM780 side view detail
G.Skill Ripjaws KM780 MX juga dilengkapi dengan tombol multimedia. Akses volume dan mute, musik play, back dan forward diatur secara langsung dari tombol ini. Kita tidak perlu mencari volume untuk memperkuat atau mengecilkan suara. Volume dibuat dengan sistem scroll button di bagian mouse untuk menurunkan dan menaikan volume suara. Ditambahkan lampu LED volume kiri dan kanan sebagai level volume

G.Skill Ripjaws KM780 Multimedia Button

Sisi kiri keyboard, ada beberapa tombol dari fungsi

3 tombol kanan atas.
Untuk tombol pertama untuk mematikan tombol home yang ada sisi tombol CTRL dan ALT bagian kiri keyboard. Bagi penguna biasa tombol home tersebut tidak banyak berpengaruh. Tapi bagi programmer, disainer, dan gamer. Fungsi tombol Home paling menjengkelkan. Karena dekat dengan tombol ALT dan CTRL yang kadang ikut tertekan membuat menu Home aktif. Untuk game misalnya, tombol tersebut dapat menutup tampilan game dari layar monitor. Tombol di G.Skill Ripjaws KM780 MX dapat mematikan (dikunci / lock off) tombol Home agar tidak aktif untuk sementara waktu.
Bagian kedua untuk pengaturan LED, seperti terang dan mode yang ditampilkan. Kontrol profile lampu tidak perlu di setting dari software, cukup dari 2 tombol tersebut.

4 tombol dengan simbol MR-M1-M2-M3.
Adalah tombol program untuk mengaktifkan profile, kita dapat menyimpan 3 profile dari sistem keyboard yang kita butuhkan. Tombol ini di program dari software, dan di simpan ke memory keyboard. Membuat 3 profile yang sudah di Save dapat di aktifkan dengan pilihan tombol M.

Tombol G1-G6
Tombol G adalah tambahan tombol keyboard macro. Kita lebih mudah mengatur ke 6 tombol tambahan tersebut sesuai yang fungsi yang kita inginkan.
Untuk gaming, tombol ini dibutuhkan untuk kecepatan dibanding harus mengatur dari macro-key melalui software atau mengunakan tombol F di bagian atas. Karena berada disisi kiri , bagian ini lebih mudah dijangkau oleh tangan.
Atau dijadikan key macro untuk program yang bisa dipakai. Contoh sederhana, tombol Save biasanya aplikasi menempatkan dengan kunci CTRL-S, kita bisa memindahkan ke salah satu tombol dibagian tombol G

G.Skill Ripjaws KM780 Macro Key

Perbedaan disain G.Skill Ripjaws KM780 MX terletak pada Cap. Dapat dilihat pada foto, komponen plastik yang dipakai adalah cap (topi keyboard). Permukaan tombol dibuat agar jari tangan lebih terasa di setiap tombol keyboard. Walau tidak semua orang mengalami hal yang sama, mereka yang sudah biasa mengetik dengan cepat akan merasakan tombol keyboard terasa licin dan sering salah menekan. Demikian juga dengan gamer, membutuhkan kecepatan jari tangan mereka yang sangat presisi. Hal ini menganggu kecepatan kerja atau membuang waktu untuk mengoreksi hasil ketikan ketika mengunakan computer.

G.Skill Ripjaws KM780 Skin Key

G.Skill Ripjaws KM780 MX

Ukuran Tut switch mekanik keyboard lebih tinggi. Rata rata ukuran keyboard mekanik lebih tebal dari keyboard biasa. Disain keyboard G.Skill Ripjaws KM780 MX ditambahkan sebuah sandaran tangan. Agar jari tangan lebih dekat ke arah keyboard, khususnya  untuk menjangkau keyboard di bagian atas.
Bagian ini dilapisi bahan karet agar lengan tangan dapat bersandar lebih nyaman. Penahan bagian tangan ini dapat dilepas pasang

Extra Gaming Keypad.
Salah satu bagian dari paket keyboard mekanik G.Skill Ripjaws KM780 MX, diberikan ektra cap atau kepala keyboard tmabahan. Diberikan 10 key cap, bagian ini ditempatkan di sisi kiri keyboard. Key paling umum digunakan dalam permainan game. Seperti game FPS - First Person Strategy, atau game lain dimana pemain mengerakan karakter game untuk maju mundur dengan tombol A, W dan D.

Gskill memberikan alat penarik keyboard agar memudahkan penguna melepas salah satu tombol yang dibutuhkan dan diganti dengan Cap tambahan.

Hanya Cap A dan D dibuat dengan lekukan miring. Cap lain diberikan garis agar jari tangan bisa merasakan posisi sudah berada diatas di setiap cap.

G.Skill Ripjaws KM780 Stand
Extra Gaming Caps
Bagian stand keyboard ada di belakang, dapat di buka tutup sesuai kebutuhan. Bila keyboard terasa terlalu rendah, bagian ini berguna untuk menaikan sisi belakang agar lebih tinggi.

G.Skill Ripjaws KM780 Stand

Terakhir bagian panel belakang dan kabel keyboard

Disediakan 2 USB yang menghubungkan ke bagian computer. Satu memiliki tanda keyboard untuk penghubung ke keyboard, satu kabel USB untuk extension atau perpanjangan kabel terhubung ke port di belakang panel keyboard.
Port USB tersebut memiliki fungsi utama sebagai port kabel mouse atau dapat digunakan untuk perangkat lain.

G.Skill Ripjaws KM780 Back Panel port

Kabel terintegrasi

Ketika memasang perlengkapan pada computer, dari keyboard, mouse dan headphone. Ketiga kabel tersebut mungkin menjadi terlalu pendek bila computer ditempatkan agak jauh.
Disain keyboard ini menjadi menarik. G.Skill Ripjaws KM780 MX mendisain ke 4 bagian dalam satu kabel utama sepanjang 2 meter.

Penguna cukup memasang 3 kabel di bagian belakang panel keyboard. Jadi tidak repot memasang sampai ke bagian belakang CPU. Bila headphone tidak digunakan dan ingin disimpan, dapat dicabut saja dari belakang keyboard.

G.Skill Ripjaws KM780 kabel keyboard
Setelah mengetahui bentuk fisik keyboard ini. Selanjutnya Software dan tampilan lampu LED Gskill KM780 MX