Membuat jaringan LAN dan WIFI dapat memanfaatkan kabel listrik di rumah. Kabel listrik di rumah biasanya tersedia di berbagai tempat.

Bagaimana solusi dengan sinyal WIFI, dan tidak mampu mencapai di satu tempat alias blank-spot. Tapi kita tidak mengambil alternatif dengan kabel LAN, karena harus membuat instalasi tambahan.

Mengapa tidak mengambil kabel listrik dirumah sebagai jaringan internet. Solusi lain membuat jaringan adalah jaringan Powerline. Kabel listrik di rumah sudah terinstall dengan baik, dan menjangkau ke seluruh ruangan. Kita dapat memanfaatkan kabel listrik dirumah dan dijadikan tumpangan jalur network untuk internet.

Sebagai contoh, rumah atau geung 3 lantai umumnya lantai paling atas kesulitan mendapatkan sinyal WIFI.

Pengembangan Powerline sudah ada beberapa tahun lalu, tapi di standarsasi 5-6 tahun lalu. Di awal pengembangan disebut AV sampai AV2.

Perangkat untuk internet seperti WIFI Router, cable modem router, ADSL router atau Fiber Optic Router. Dapat dihubungkan dengan kabel UTO ke alat Powerline untuk menjangkau  koneksi internet lebih jauh di dalam rumah. Dimana tempat memiliki aliran listrik dan masih berada di satu jalur kabel. Memungkinkan pemasangan internet dengan sistem Powerline.

Cara kerja jaringan network internet dengan kabel listrik Powerline
Mengambarakannya seperti ini. Menghubungkan computer dengan kabel ke unit Router untuk internet disebut LAN. Atau menghubungkan computer ke unit Network HUB dengan kabel UTP disebut LAN HUB.
Ada kata kabel sebagai penghubung, dan kata kabel tersebut diganti menjadi kabel listrik.
Cara kerja Powerline, mengunakan kabel listrik mengantikan kabel network UTP. Karena mengunakan kabel listrik, dibutuhkan sebuah alat khusus untuk pengirim data dan penerima data menjadi Powerline  (walau prakteknya ada komunikasi 2 arah).

Sederhananya disini disebut seperti ini, adanya Point A dan Point B.
Jaringan Powerline membutuhkan koneksi 2 titik terpisah.
Point A sebagai pusat distribusi data Poweline melalui kabel listrik untuk mengirim data internet. Point A ditempakan ke satu unit disamping Router. Atau dipasangkan dengan kabel ethernet bila tempat yang dipasang berbeda.
Point B disebut juga Stasion, alat yang menerima sinyal dari Point A Jumlahnya Point B dapat lebih dari satu. Dari Point B terhubung kembali ke sinyal WIFI atau LAN. Dan diterima oleh perangkat seperti computer, smartphone, HUB networking, WIFI Extender atau Access Point.

Penempatan dari Point A dan Point B seperti gambar dibawah ini.

Unit TP-Link
TL-WPA4220KIT diagram gambar pemasangan Powerline

Beberapa alternatif jaringan networking yang dapat dibuat di rumah seperti dibawah ini :
  • LAN networking mengunakan kabel UTP dari satu point ke point lain. Koneksi paling baik, tapi membutuhkan kabel dan instalasi.
  • WIFI mengunakan ruang terbuka untuk sinyal radio. Jarak sinyal tergantung disain ruangan sampai mencapai Point B. Bila terhalang maka sinyal WIFI akan hilang.
  • Powerline mengunakan kabel listrik, atau jaringan LAN menumpang ke kabel listrik rumah dan mencapai ke seluruh ruangan. Kendala semakin jauh jalur kabel dapat memperlambat kecepatan tranfer data.
Untuk kecepatan. TP-Link memiliki beberapa varian produk Powerline adaptor. Dari model AV2000, AV1200, AV1000 dan yang diulas kali ini model AV500 versi budget.
Mengikuti standar HomePlug AV500Mbps Powerline dan kecepatan 500Mbps di jalur kabel listrik.

Paket TP-Link TL-WPA4220KIT diberikan 2 unit untuk Starter Kit (unit instalasi awal). TL-PA4010 sebagai Point A (LAN) dan TL-WPA4220 (LAN+WIFI) sebagai Point B.
  1. Unit kiri adalah TL-PA4010 yang menerima sinyal dari LAN router dan meneruskan ke kabel listrik dirumah (Point A)
  2. Unit kanan TL-WPA4220 yang menerima sinyal dari jaringan listrik dan diteruskan menjadi sinyal WIFI dan LAN (Point B)

Satu paket ini sudah lengkap untuk awal, tinggal dipasang sebagai alat Poweline Extender. Tinggal colok, tekan dan jalan. Apakah nantinya akan ditambah dengan Point B lain, untuk ditempatkan di tempat berbeda tentu tidak masalah. Selama di rumah memiliki panel konektor power listrik dan unit standar yang sama. Minimal dibutuhkan 2 alat sebagai 1 Point A dan 1 Point B.

Unit TP-Link TL-WPA4220KIT jaringan intenet dengan kabel listrik

Spesifikasi TP-Link WPA4220KIT


Plug Type EU, UK, US, AR
Standards and Protocols HomePlug AV, IEEE802.3, IEEE802.3u, IEEE802.11b/g/n
Interface 2*10/100Mbps Ethernet Port
Button Pair, Reset, Wi-Fi/Wi-Fi Clone
Power Consumption Maximum: 7.608W (220V/50Hz)
Typical: 7.216W (220V/50Hz)
Standby: 4.610W (220V/50Hz)
LED Indicator PWR, PLC, ETH, Wi-Fi/Wi-Fi Clone
Dimensions ( W x D x H ) 3.7 x 2.1 x 1.6 in. (94×54×40mm)
Range 300 Meters over electrical circuit
WIRELESS FEATURES
Frequency 2.4-2.4835GHz
Signal Rate 11n: Up to 300Mbps(dynamic)
11g: Up to 54Mbps(dynamic)
11b: Up to 11Mbps(dynamic)
Reception Sensitivity 270M: -68dBm@10% PER
130M: -68dBm@10% PER
108M: -68dBm@10% PER
54M: -68dBm@10% PER
11M: -85dBm@8% PER
6M: -88dBm@10% PER
1M: -90dBm@8% PER
Wireless Security 64/128-bit WEP / WPA / WPA2,WPA-PSK / WPA2-PSK
Advanced Functions Enable/DisableWireless Radio,WMM, Wireless Statistics
Transmission Power CE:<20dBm(2.4GHz)
FCC:<30dBm
SOFTWARE FEATURES
Modulation Technology OFDM (PLC)
Encryption Powerline Security:
128-bit AES
Wireless Security:
WEP, WPA/WPA2, WPA-PSK/WPA2-PSK Encryption


Diagram pemasangan Powerline Adaptor
Bagaimana sistem koneksi Powerline, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
  • Unit TP-Link TL-PA4010 dipasangkan dekat Router Modem / Router WIFI atau Router FO. Dihubungkan dengan kabel LAN UTP dan TL-PA4010 dipasang ke konektor listrik dirumah.
  • Sinyal dari TL-PA410 akan menyebar ke seluruh jalur kabel listrik. Dan ditangkap / diterima oleh alat TL-WPA4220. Dari alat ini sinyal Powerline dirubah menjadi sinyal LAN atau WIFI , agar memberi akses internet ke notebook, computer, dan smartphone melalui WIFI

Jalur kabel Powerline seperti gambar dibawah ini dimana semua kabel listrik dapat menjadi penghubung ke perangkat Powerline.
Unit TP-Link
TL-WPA4220KIT diagram instalasi internet dengan kabel listrik

Dari informasi diatas. Sekarang dapat di mengerti bagaimana cara kerja jaringan Powerline TP-Link WPA4220KIT. Dimana tranfer data network dan internet dapat melintas di kabel listrik rumah.

Sebelum lebih jauh membahas TP-Link TL-WPA4220KIT Powerline Adaptor. Perlu diketahui teknologi Powerline memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelemahan jaringan Powerline
  • Powerline dapat dimanfaatkan untuk membuat jaringan internet / LAN di rumah. Tapi bukan untuk kecepatan, melainkan solusi membuat jaringan network internet di rumah..
  • Mengunakan kabel listrik di rumah memungkinkan terjadi gangguan kecepatan tranfer data.
  • Jaringan listrik yang menjadi tumpangan sistem LAN Powerline bisa terganggu alat listrik lain. Hindari memasang perangkat Powerline yang terhubung ke pemakaian arus besar dan menimbulkan noise. Contoh konektro listrik yang dekat dengan peralatan pompa air, kipas angin, mesin cuci, pendingin ruangan, power supply tipe switching, adaptor charger dan lainnya.
  • Perangkat Powerline disarankan dipasang langsung ke konektor listrik.
  • Dampak Noise di jalur listrik dirumah dapat menurunkan jangkauan dan keccpatan jaringan powerline.
  • Tidak disarankan untuk jaringan listrik rumah 3 phase. Kendala  lain, jalur kabel yang dilalui harus melintas di beberapa circuit breaker belum tentu terjangkau dengan baik oleh sinyal Powerline. Kecuali anda mengetahui blue-print instalasi kabel. Alat Circuit breaker (sekring) dapat menurunkan kecepatan data yang dikirim antara 2 perangkat. Contoh sederhana, jaringan listrik lantai 1 dan 2 kemungkinan harus melalui 2 atau 3 Circuit Breaker.
  • Kualitas kabel listrik dapat mempengaruhi kinerja Powerline
  • Jarak kabel, semakin jauh menyebabkan tranfer Point A ke Point B di sistem powerline semakin lambat.
  • Disarankan penguna jaringan Powerline hanya mengunakan satu merek.
  • Jangan berharap dapat menghubungkan antar 2 perangkat Powerline ke sebelah atau seberang rumah anda. Sudah kami coba dan jaringan Powerline tidak dapat ditangkap oleh perangkat bila sinyal harus melewati tiang listrik.

Kelebihan jaringan Powerline
  • Perangkat Powerline sangat mudah disetup.
  • Pemasangan sangat mudah, tekan tombol dan sistem sudah berjalan dengan mode Default (model TP-LINK WPA4220).
  • Powerline dapat dipindahkan, asalkan tersedia konektor listrik dengan jalur kabel yang sama.
  • Idealnya koneksi antar perangkat terhubung langsung ke kabel yang sama antara point A dan B untuk kecepatan tranfer maksimum
  • Jarak teori mencapai 300 meter panjang kabel, prakteknya antara 100 meter atau kurang. Tetapi memungkinkan jarak tambahan ketika dibantu oleh WIFI Extender
  • Jalur kabel listrik dirumah dapat mencapai ke pelosok ruangan, kemungkinan alat dapat menjangkau area yang tidak dapat dicapai sinyal WIFI.
  • Koneksi standar AV tipe 500 dengan kecepatan 500Mbps bukan untuk kecepatan. Karena separuh paket data digunakan untuk Fisik Data (internet), dan gangguan pada kabel listrik.
  • Powerline Network dapat menjadi solusi ketika WIFI dan LAN tidak mungkin digunakan.
  • Bila membutuhkan kecepatan tranfer lebih tinggi, dapat mengunakan standar Powerline lebih tinggi seperti model AV1200+ yang lebih cepat.

Dibawah ini perbandingan kelebihan Power Line vs WIFI Range Extender


Powerline
Wifi Range Extender
Pengantar Sinyal Kabel listrik di rumah Sinyal WIFI
Halangan Hanya dibatasi oleh konektor listrik yang tersedia, dan kualitas kabel listrik. Bila kualitas kabel listrik baik, jarak dapat dijangkau semakin jauh
Dinding beton rumah, tembok, jarak dan pintu sebagai penghalang
Penempatan Dimana saja selama tersedia konektor listrik dan sinyal dapat diterima oleh perangkat Powerline
Harus diatur berdasarkan jangkauan sinyal WIFI untuk ditangkap oleh perangkat WIFI lain dan tidak terjadi Blank Spot.
Diagram instalasi Tidak memiliki urutan sehingga memudahkan. Apakah diawali dari perangkat A atau perangkat B atau dibalik dari perangkat B ke A dengan pola Star Memiliki urutan dari point perangkat A ke perangkat B dengan garis lurus
Jarak jangkauan Mencapai 100 meter dari panjang kabel (teori mencapai 300 meter)
Hanya 20-30 meter pada kondisi tertentu, tergantung kekuatan antena dan sinyal WIFI yang diterima di setiap perangkat
Koneksi ke Router Modem Diperlukan satu alat Powerline tambahan sebagai pusat awal yang ditempatkan dekat Router modem dengan kabel Ethernet/UTP
Memerlukan perangkat WIFI sebagai pusat awal untuk diterima oleh perangkat lain.
Installasi Sangat mudah, seluruh perangkat dapat menjadi satu nama WIFI secara bersamaan Harus di setting di setiap perangkat
Standar yang digunakan Bebas sesuai standar AV Bebas dengan standar 802.11 a/b/g/n/ac
Merek produk yang dapat terhubung Tidak terikat merek, berbeda merek tidak masalah tapi perangkat yang terhubung memiliki standar yang sama AV HomePlug Tidak terikat merek, berbeda merek tidak masalah selama perangkat memiliki sinyal WIFI

Selanjutnya Setting cepat dengan WPA4220KIT