TP-Link TL-WA7210N adalah sebuah Access Point yang berfungsi sebagai penguat signal WIFI

Aplikasi pengunaan alat ini misalnya memberikan jangkauan penerimaan WIFI lebih jauh.

Memiliki kekuatan 500mW dengan antena 12dBi, dengan multi fungsi sebagai AP Router Mode, AP Client Router Mode (WISP Client)AP / Client / Bridge / Repeater Mode.

Kata sederhannya, dapat digunakan sebagai pengirim / menerima signal WIFI, atau kata ekstrem untuk menerima signal WIFI yang jauh mencapai ratusan meter.

Untuk apa Access Point TP-Link TL-WA7210N.
  • Fungsi utama alat ini untuk menerima signal WIFI hotspot / WIFI router lain yang jaraknya cukup jauh
  • Menjadi antena wifi jarak jauh yang mencapai jarak ratusan meter tanpa antena ekternal.
  • Sebagai perangkat penguat signal WIFI, atau untuk menembak signal WIFI yang lemah.
  • Mencapai beberapa km meter jauhnya bila ditambahkan antena ekternal yang dipasang lebih tinggi tanpa halangan.
  • Mengambil signal WIFI Hotspot / WIFI teman / WIFI tetangga yang jaraknya cukup jauh, dan merelai menjadi Hotpot atau Signal Wireless di rumah sendiri.
  • Alat ini memiliki multi fungsi, sebagai WAN / Wide Area Network, dan Local Wireless.
Dengan alat ini, di rumah dapat menerima signal WIFI jarak cukup jauh dan alat ini menyediakan jaringan WIFI bagi koneksi internet seperti smartphone , tablet dan notebook.

Atau dapat dimanfaatkan berbagi signal WIFI antar tetangga yang memiliki internet. Contohya satu rumah memiliki koneksi cukup baik dan dipasangkan antena tipe omni directional (memancar ke segala arah). Rumah lain dapat memasang TP-Link TL-WA7210N untuk memperkuat penerimaan signal di tiap rumah. Kata gaulnya saling nebeng internet.

Syaratnya, signal WIFI yang ditangkap oleh TP-Link TL-WA7210N cukup kuat. Atau langsung mengarah  tanpa halangan seperti adanya pohon dan tembok. Setidaknya signal yang diterima oleh alat ini mencapai 20dB bila jarak WIFI yang dituju cukup jauh.

Untuk awal artikel ini bisa dilihat spesifikasi perangkat Access Point TL-WA7210N.

Spesifikasi TP-Link TL-WA7210N

HARDWARE FEATURES
Interface 1 10/100Mbps Auto-Sensing RJ45 Port(Auto MDI/MDIX, PoE)
1 External Reverse SMA Connector
1 Grounding Terminal
Button Reset Button
External Power Supply 12VDC / 1.0A, Passvie Power over Ethernet (Supported Ethernet Cable Length > 60 meters)
Wireless Standards IEEE 802.11n,IEEE 802.11g, IEEE 802.11b
Antenna 12dBi Dual-Polarized Directional Antenna
Dimensions ( W x D x H ) 10.4 × 4.7 × 3.2 in. (265x120x83mm)
Antenna Beamwidth Horizontal: 60° Vertical: 30°
Protection 15KV ESD Protection
4000V Lightning Protection
Grounding Terminal Integrated
WIRELESS FEATURES
Frequency 2.4-2.4835GHz
Signal Rate 11n: Up to 150Mbps(dynamic)
11g: Up to 54Mbps(dynamic)
11b: Up to 11Mbps(dynamic)
Reception Sensitivity 802.11n
150M: -76dBm
121.5M: -78dBm
108M: -80dBm
81M: -84dBm
54M:-87dBm
40.5M:-91dBm
27M:-92dBm
13.5M:-95dBm
802.11g
54M: -79dBm
48M: -81dBm
36M: -85dBm
12M: -92dBm
6M:-95dBm
Wireless Modes AP Router Mode, AP Client Router Mode (WISP Client)
AP / Client / Bridge / Repeater Mode
Wireless Functions WDS Bridge, Wireless Statistics
Wireless Security SSID Enable/Disable
MAC Address Filter
64/128/152-bit WEP Encryption, WPA/WPA2, WPA-PSK/WPA2-PSK (AES/TKIP) Encryption
Advanced Functions Provides 4-level signal LED indicator
Transmission Power <20dBm (EIRP, For countries using CE Standards)
<27dBm (Peak Output Power, For countries using FCC Standards)
Package Contents TL-WA7210N
Power Supply Unit
PoE Injector
Pole Mounting Kits
Resource CD
Quick Installation Guide


Susunan jaringan network pada perangkat TP-Link TL-WA7210N. Peralatan ini memiliki multi fungsi, dan tempatkan di tengah perangkat lain.

Seperti dengan urutan Wireless Router, Access Point dan terakhir untuk beberapa perangkat wireless seperti smartphone atau tablet.
Sebagai contoh diambil 3 contoh gambar di manual TP-Link

  • Jaringan 1 dan 2. TP-Link TL-WA7210N digunakan untuk menerima signal Hotspot / WIFI dari luar rumah. Misalnya rumah anda berdekatan dengan sebuah hotspot WIFI atau ada tetangga yang ingin berbagi jaringan internet. Tetapi signal WIFI lemah ditangkap oleh smartphone dan tidak dapat ditangkap dirumah anda. Seandainya bisa diterima, mungkin anda harus bediri di lantai dua rumah anda dan mendapatkan signal 1 bar di smartphone. Solusinya bisa diperkuat penerimaan signal WIFI dengan alat ini agar signal WIFI internet dari sebuah hotspot, diterma oleh alat Access Point dan di distribusikan kembali ke tablet atau smartphone.
  • Jaringan 3. Alat ini dapat disambung dengan kabel UTP atau dibiarkan bekerja independen dan dipasang di luar ruangan. Berbeda dari jaringan 1 dan 2 sebagai alat penerima signal, sedangkan jaringan ke 3 digunakan sebagai WIFI hotspot / Access Point / Local Wireless untuk mengirim WIFI ke perangkat lain.



Informasi diatas hanya sebagian dari fungsi TP-Link TL-WA7210N sebagai Access Point. Manfaat alat ini dapat berbeda beda. Contoh menghubungkan jaringan internet ke antar gedung, lebih mudah menghubungkan jaringan dengan 2 perangkat TP-Link TL-WA7210N sebagai penghubung penguat signal WIFI. Dibanding harus memasang kabel puluhan meter yang melintas antar gedung.

Solusi cukup murah, Memasang TL-WA7210N dan dipasang di 2 tempat seperti dipasang di dinding gedung dan mengarahkan kedua alat secara point to point.
Atau menyediakan WIFI di sebuah lokasi dimana banyak orang dapat mengakses internet dengan satu perangkat TP-Link TL-WA7210N.

Atau di dekat rumah ada signal WIFI gratis, tapi terlalu lemah ditangkap oleh perangkat di dalam rumah. Bisa memanfaatkan TP-Link TL-WA7210N sebagai penguat signal. Tinggal di pasang di lantai 2 rumah anda, dan arahkan ke sumber signal. Nantinya alat ini bekerja hanya diberikan power dari adaptor, sedangkan signal WIFI yang jauh diterima oleh perangkat tersebut.

Dan di distribusikan kembali menjadi local WIFI atau Local Wireless bagi perangkat smartphone / tablet. Anda juga dapat melihat signal WIFI dari tablet, apakah ada jaringan WIFI gratis. Bila ada, bisa dipasangkan alat ini untuk menarik signal WIFI tersebut untuk akses internet di rumah.

Disain TP-Link TL-WA7210N

Memiliki ukuran 265x120x83mm, cukup besar dengan tinggi 26cm dan lebar 12cm. Bagian depan terdapat antena tertutup oleh bodi plastik. Antena mengunakan sistem Directional atau ke satu arah.

Untuk pemasangan disediakan 2 tempat braket, pada paket TP-Link TL-WA7210N sudah disertakan Zip Tide untuk pengingat. Paket perangkat ini lengkap, hanya menyediakan tempat untuk pemasangan.

Perangkat ini dapat dipasang di atap rumah untuk menangkap signal WIFI lain. Dari signal WIFI kembali di sebarkan kembali sebagai Local Wireless di sekitar alat tersebut.



Dibelakang perangkat terdapat lampu LED sebagai indikator, dari Power, koneksi LAN via UTP, dan kekuatan signal wireless.



Dalam paket.CD manual book, kabel UTP untuk menghubungkan alat PoE Injector (maksimum kabel UTP dari Injector PoE ke TP-Link TL-WA7210N sepanjang 60 meter). Adaptor 12V 1A, POE Injector.



Dibawah ini adalah bentuk PoE Injector untuk menyatukan power DC dari adaptor + UTP kabel ethernet ke perangkat TP-Link TL-WA7210N. Alat ini untuk menyatukan power dan kabel data ethernet untuk terhubung ke satu kabel saja.

Karena kabel UTP hanya mengunakan 4 dari 8 kabel, sisa kabel dimanfaatkan untuk arus power ke perangkat TP-Link TL-WA7210N.



Konektor dalam TP-Link TL-WA7210N
  • Penangkap petir, nantinya dihubungkan ke jalur penangkal petir di rumah atau gedung.
  • Tombol reset, berguna bila ingin melakukan setting ulang ke default factory setting.
  • Kabel dari PoE Injector berupa colokan UTP ethernet.
  • Terakhir connector untuk ekternal antena atau dipasangkan dengan antena luar.

Disain TPLINK WA7210N

Susunan kabel pemasangan TP-Link TL-WA7210N. PoE adalah kabel ethernet yang menghubungkan dari unit TP-Link TL-WA7210N ke PoE Injector.

Untuk lebih jelas dapat dilihat via dibawah gambar ini. Maksimum jarak dari perangkat TP-Link TL-WA7210N ke POE mencapai 60 meter maksimum.



Dibagian penutup terdapat informasi setting IP perangkat TP-Link TL-WA7210N. Untuk setting default, mengunakan IP 192.168.0.254 dengan login default ke perangkat Access Point : User admin + Password admin.



Next - Setting TP-Link TL-WA7210N dari computer.


Page

Spesifikasi TP-Link TL-WA7210N Wireless Access Point
Konfigurasi dan setting TP-Link TL-WA7210N dengan computer
Fitur TP-Link TL-WA7210N sebagai Access Point