Cara kerja smartphone untuk memeriksa detak jantung

Cara kerja smartphone memeriksa denyut nadi atau detak jantung dengan mengunakan sensor camera dan lampu flash. Sensor camera akan mengukur perubahan dari gambar  /  cahaya pada jari yang diterangi oleh cahaya lampu LED Flash.

Untuk memeriksa seberapa akurat, kami mengunakan sebuah alat tensimeter atau pengukur tekanan darah yang dilengkapi pengukur denyut nadi. Dan di test secara bersamaan.



Setelah diperiksa, hasilnya cukup akurat. Kedua alat menunjukan angka detak jantung rata rata yang sama.



Bagaimana cara mengunakan aplikasi Android untuk memeriksa detak jantung degan  Instant Heart Rate di smartphone.
  • Cukup menempelkan jari di depan camera.
  • Ketika aplikasi Instant Heart Rate diaktif, lampu LED akan menyala dan menerangi jari.
  • Sensor camera akan menditeksi perubahan warna pada darah yang berubah karena aliran darah dari jantung.
  • Aplikasi akan mencatat perubahan gambar dari sensor camera dan mulai menghitung rata rata detak jantung anda.



Selama 10 detik akan tertera ukuran detak jantung anda, dan hasil akhirnya akan tampil dilayar smartphone.

Untuk memeriksa akurasi aplikasi Instant Heart Rate bisa dilihat video dibawah ini. Test dilakukan dengan Omron Blood Pressure Monitor dan smartphone Android dan cara menempelkan jari di camera smartphone untuk menditeksi denyut jantung.



Bagaimana cara mengukur detak jantung mengunakan smartphone. Dan cara menempelkan jari tangan kita. Serta hasil test akurasinya, dapat dilihat dibawah ini.


Aplikasi detak jantung penting bagi mereka yang suka berolahraga.

  • Software Android untuk mengukur detak jantung ini sangat berguna bagi kegiatan olahraga. Khususnya bagi mereka yang peduli dengan kesehatan jantung, terlebih bagi mereka yang memiliki keturunan sakit jantung. Banyak orang yang berolahraga mengalami gangguan jantung, walau selama ini tidak mengalami masalah pada jantung atau tidak memiliki catatan riwayat sakit jantung. Masalahnya banyak dari mereka yang berolahraga lupa, ketika jantung sudah melewati batas dan terlalu cepat perdenyut. Tidak peduli berapa usia seseorang, bila jantung terus di pacu akan berakibat fatal.
  • Olahraga terlalu ekstrim dan memicu detak jantung, sangat berbahaya baik mereka yang sudah berumur. Khususnya memacu jantung terlalu cepat dalam waktu lama.
  • Untuk mengetahui berapa batas kecepatan jantung seseorang, sangat disarankan untuk memeriksa ke dokter atau lab khusus penyakit jantung. Dari sana seseorang bisa mengetahui berapa kecepatan detak jantung maksimum yang dianjurkan. Aplikasi ini dapat membantu kebiasaan anda apakah detak jantung anda sudah terlalu sering melewati batas yang disarankan.
  • Untuk aplikasi Instant Heart Rate adalah aplikasi Free, kecuali ingin mendapatkan layanan khusus dari Azumio diperlukan aplikasi versi Pro.
  • Untuk test aplikasi Instant Heart Rate bekerja dengan baik. Mungkin tidak bekerja bagi mereka yang memiliki jari tangan terlalu tebal.
Author  Edoardo
S4 , Wonder, iPhone, Segway