Transisi teknologi storage Camcorder cukup lama mengunakan disc DVD. Transisi pada tahun 1990an masih mengunakan kaset mini, pindah ke DVD atau harddisk, lalu pindah ke memory card. Produk camcorder dengan disc DVD cukup bertahan lama. Seperti dari Sony, Canon, Panasonic mengeluarkan beberapa model dengan storage mini DVD, dan kapasitas disc dapat menampung 1.4GB untuk merekam video dari 25-30 menit.




Sekarang Camcorder dengan media DVD sudah ketinggalan jaman dan digantikan dengan chip memory, tapi masih dapat dipakai walau resolusi gambar tidak secanggih camcorder modern.

Bila ada yang memiliki camcorder DVD seperti DVD 8cm, pasti agak repot mengambil file dari Camcorder untuk di tranfer ke PC. Sebelumnya masih mengunakan tranfer dari Camcorder ke computer mengunakan kabel Firewire dan USB. Interface Firewire mungkin sudah jarang ditemukan, USB lebih mungkin digunakan untuk tranfer file Camcorder lama ke PC.

Ada cari lain untuk memindahkan file camcorder miniDVD ke computer untuk di convert ke format DVD, tanpa harus melewati kabel. Cukup memindahkan DVD Mini ke DVD-drive lalu di tranfer ke computer, simpan file di harddisk dan gunakan software AVStoDVD.

Untuk konversi dapat mengunakan software AVStoDVD

Software AVStoDVD bisa di download via sourceforge.net/projects/avstodvd


Software ini dapat membuat konversi file camcorder ke format DVD

Cara mengunakan AVStoDVD, hanya perlu sedikit tip mengunakan software ini. Sebagai contoh mengunakan hasil file rekaman camcorder Canon DVD. Canon membuat file dengan nama VRO.

Langkah memindahkan file camcorder ke computer, dimulai dari mengcopy file VRO dari mini DVD ke harddisk computer.
Ganti nama belakang .VRO yang dicopy, di rename / diganti namanya menjadi .MPG.



Buka software AVStoDVD. Cukup di Drag dan Drop ke kotak kosong software AVStoDVD.
AVStoDVD akan meminta konfirmasi, kalau file Video perlu dilakukan perubahan. Misalnya untuk sinkronisasi dari video dan suara. Proses akan memisahkan dengan meng-Index video dan proses Demux untuk suara. Click saja Yes



Sementara waktu akan tampil sebuah Windows kecil disamping AVStoDVD seperti dibawah ini. Biarkan beberapa saat selama proses konversi berjalan.



Selesai proses, aplikasi AVStoDVD mungkin akan memberitahu ada file AC3 (misalnya Camcorder merekam dalam format suara AC3). Bila ada 2 pilihan, dipilih salah satu. Bila hanya satu, tutup pertanyaan di bagian kanan X



Proses diatas sudah selesai, dan video siap dikonversi ke format DVD. Proses Start akan tampil pada gambar dibawah



Bila proses Start dimulai, AVStoDVD akan mulai memproses file VRO menjadi DVD seperti tampilan ini.



Proses lain merubah file camcorder menjadi format DVD dan suara otomatis



Dan terakhir format final setelah proses diatas.



Hasil konversi dari AVStoDVD akan membuat sebuah folder yang berisi file DVD
DVD_0, AUDIO_TS dan VIDEO_TS

File DVD dari AVStoDVD dapat digunakan untuk diedit ulang, digabungkan dengan file DVD lain, atau langsung di tulis ke DVD.


Selanjutnya beberapa setting yang mungkin diperlukan