Mengunakan stabilizer pada video gambar goyang agar lebih stabil


Video yang diambil dalam keadaan bergerak terkadang terlihat goyang dan tidak enak dilihat. Untuk meminimalkan gambar goyang, fitur Sony Vegas memiliki stabilizer untuk menurunkan efek gambar goyang.
Stabilizer biasanya digunakan untuk camcorder sport dimana camera terlalu banyak bergerak ketika di rekam. Atau sumber video agak sering goyang ketika di rekam dalam posisi berpindah. Untuk membuat gambar lebih stabil dan nyaman dilihat dapat mengunakan fitur Stabilizer.

Note untuk Sony Vegas versi 12 Built 670 terbaru mengunakan teknik perbeda dari teknik stabilizer dibawah ini

Cara mengunakan fitur Stabilizer video
  • Click kanan di mouse pada video yang dituju dan keluar menu pilihan lain
  • Lalu pilih Stabilize media
  • Akan keluar menu untuk mengukur tingkat stabilizer, click ok dan gambar akan di proses untuk di stabilkan
Setting Stabilizer di Sony Vegas bisa di coba dengan setting sendiri sesuai kebutuhan. Khususnya bila gambar memang terlalu banyak bergerak dan tidak stabil. Bisa diperbaiki dengan fitur Stabilizer.



Dibawah ini cara setting gambar video goyang agar tampil lebih baik. Dengan Sony Vegas Stabilize.

Beberapa saran untuk mengunakan Stabilize di Sony Vegas Pro
  • Karena proses video Stabilize dilakukan untuk seluruh bagian video yang akan dibuat stabil. Ada baiknya memotong video terlebih dahulu agar hanya bagian yang perlu saja untuk di proses dengan Stabilize. Misalnya dengan software MPEG Streamclip yang dapat memotong bagian video tanpa proses encoding video. Jadi videonya hanya dipotong dan tidak merubah kualitas gambar video
  • Bila gambar video memang sangat bergoyang dan video bergetar berlebihan. Sebaiknya mengunakan teknik Downsize video. Karena Sony Vegas Pro akan membuat Crop video, sehingga video yang tampil terlihat lebih maju untuk mengambil bagian yang distabilkan. Misalnya merekam dengan 4K dapat di downgrade menjadi 2K atau 1080p. Atau video yang direkam dengan 1080p Full HD, proses akhir dibuat untuk 720p.



Tip lain
Teknologi video recording umumnya sudah mengunakan format HD atau Full HD yang memerlukan space besar.
Sejauh pengalaman kami, software Sony Vegas Pro misalnya memiliki kelemahan dalam proses rendering bila mengunakan harddisk yang lambat. Disarankan mengunakan SSD untuk membantu software dalam kecepatan mengambil file untuk di render.
Dengan storage SSD, crash pada aplikasi dapat di minimalisasi. Khususnya pada gambar yang komplek seperti memasukan 4 gambar lebih dengan format HD 720p atau resolusi lebih besar.

Demikian pelajaran singkat bagaimana membuat video di Sony Vegas. Teknik ini adalah cara belajar paling singkat untuk mengenal fitur Sony Vegas video editing. Masih banyak fitur lain yang dapat dipelajari. Tetapi teknik ini adalah teknik dasar dalam mengenal video editing. Dari memasukan gambar video dan suara sampai membuat video final.
Inti dasar sudah dipelajari, tinggal belajar untuk lebih sering membuat video. Semakin banyak berlatih akan semakin trampil. Bila sudah terbiasa mengunakan aplikasi editing video, tinggal meningkat lagi ke tingkat animasi seperti Adobe After Effect dan software lain.

Salah satu contoh video yang di edit oleh Sony Vegas Pro dibawah ini