Green | 3 December 2019

Perubahan iklim manusia sudah kalah dan akan tercatat dalam sejarah

Ketika ilmuwan memberikan data tentang perubahan iklim.
Masyrakat mulai melihat apa dampak yang diberikan Bumi terhadap manusia.

Polusi, asap, tingkat gas CO meningkat, naiknya air laut, es mulai menghilang di puncak gunung tertinggi, gagal panen dan sebagainya.

Semua orang tahu, semua orang melihat, tapi ?.

Oktober 2021 International Climate Summit Glasgow COP26
Kecanduan kita pada bahan bakar fosil mendorong umat manusia ke jurang, António Guterres, sekretaris jenderal PBB dalam Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26).
“Kami menghadapi pilihan: Apakah kami menghentikannya atau (alam) menghentikan kita,” lanjut Guterres.
“Dan inilah saatnya untuk mengatakan cukup, cukup untuk membantai keanekaragaman hayati, cukup membunuh diri kita sendiri dengan karbon, cukup memperlakukan alam seperti toilet, cukup membakar dan mengebor dan menambang jalan kita lebih dalam. Kita sedang menggali kuburan kami sendiri.”

“Pengumuman aksi iklim baru-baru ini mungkin memberi kesan bahwa kita berada di jalur yang tepat untuk membalikkan keadaan. Ini adalah ilusi,” kata Guterres.

“Anak-anak muda tahu itu,” katanya. “Setiap negara melihatnya. Negara-negara berkembang pulau kecil, dan yang rentan lainnya, sudah mengalami. Dan bagi mereka, kegagalan bukanlah pilihan. Kegagalan adalah hukuman mati.”


Satu-satunya jalan ke depan, Guterres berpendapat, mengurangi gas rumah kaca secara lebih drastis, mengakhiri subsidi bahan bakar fosil, menghapus batu bara, dan berinvestasi dalam ekonomi rendah karbon.

2 Desember 2019 dimulai konferensi tingkat tinggi COP25.
Di seluruh dunia, kampanye seperti Pemogokan Iklim Global yang dipimpin oleh kaum muda telah memberi perhatian besar terhadap perubahan iklim, dan meminta pemerintah dunia untuk mengambil tindakan yang berarti untuk memperlambat. Pada hari Senin, perwakilan dari hampir 200 negara berkumpul untuk COP25 di Madrid untuk mengatasi pemanasan global. Di sana, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa António Guterres memperingatkan hadirin tentang "titik tidak bisa kembali".
"Spesies manusia telah berperang dengan planet ini. Sekarang planet ini melawan," Guterres mentweet pada hari yang sama. "Perubahan iklim telah meningkat menjadi darurat iklim global."

Bahkan satu negara terbesar, menyumbang gas CO terbesar keluar dari perjanjian Paris.
Beberapa negara besar lain berusaha menurunkan pengunaan bahan bakar fosil dan beralih ke energi terbarukan. Yang lain mengatakan telah mengambil langkah, tapi masih melirik ekonomi.

Beberapa upaya telah dilakukan untuk memperbaiki iklim dunia yang konon dapat menurunkan kualitas hidup di Bumi.

Pertanyaan dari para ilmuwan, apakah semua akan berdampak baik dan dapat mengembalikan bumi seperti waktu lalu.
Apakah gas CO2 yang dihasilkan di permukaan bumi dari manusia dan alam dapat diturunkan kembali.
Faktanya, para ilmuwan sekarang memperingatkan bahwa kita mungkin telah memasuki "keadaan darurat planet".
Kesimpulan ini selanjutnya didukung oleh laporan bulan pada November 2019 yang menemukan bahwa tingkat gas rumah kaca mencapai ketinggian baru. Dan, pengurangan emisi yang digariskan dalam Perjanjian Iklim Paris 2015 tidak cukup.

Katanya agak terlambat, tahun 2019 suhu panas bumi kembali mencapai rekor tertinggi.
Indonesia kembali mengalami kebakaran hutan, kali ini tercatat meningkat 2x lipat melepas gas CO2 dibanding catatan tahun tahun sebelummya.
Dahulu hanya terjadi di satu pulau Sumatra, sekarang menyebar di beberapa gunung. Kekeringan sudah hal rutin di negara kepulauan ini.

Kota Sydney dan Melbourne yang relatif memiliki suhu subtropis. Pada akhir abad ini akan sering mendapatkan suhu 50 derajat celcius, bila emisi gas rumah kaca terus meningkat.
Suhu panas yang luar biasa, nantinya akan menjadi suhu biasa yang terjadi di musim panas Australia.
Pendesaan di NSW Bourke memiliki 21 hari berturut turut dengan suhu diatas 40 deg.C, Canbera 35 deg.C selama 24 hari.
Tidak heran negara Australia sempat dilanda kebakaran hebat di tahun 2019.

Mungkin kita lupa dengan berita kemarin, atau melihat hari ini masih aman saja. Dan tontonan tersebut akan kembali tayang , mungkin tahun depan.

Kutipan dari Washington Post, kita kehilangan perang terhadap iklim bumi kita. kita tidak memiliki siapa pun selain diri kita sendiri untuk disalahkan.

Seorang anak memegang plakat selama protes flashmob atas perubahan iklim pada hari Jumat Nov 2019 di Taman Lumpini di Bangkok, Thailand.
Seperti menyatakan, jangan dirusak bumi kami. Yang lain membuat pengumuman, hanya satu planet A dan bukan planet B.

a placard during a flashmob protest over climate change

Ketika Perserikatan Bangsa-Bangsa membuka pertemuan tingkat tinggi tentang perubahan iklim ke-25 di Madrid, para pemimpin berusaha menunjukkan wajah berani di situasi yang suram.
 "Pesan saya di sini, hari ini adalah salah satu harapan, bukan putus asa," Sekretaris Jenderal AS António Guterres mengatakan kepada media,.

Sekali lagi hanya harapan, sayangnya, bukan rencana besar yang diucapkan.
"Lima tahun terakhir tercatat bumi terpanas" kata Guterres". "Permukaan laut tertinggi dalam sejarah manusia."

Seperti sebuah perang untuk menjaga pemanasan global tetap dibawah tingkat bencana total, Guterres melaporkan bahwa "titik dimana manusia tidak bisa kembali dari garis di cakrawala. Itu sudah terlihat dan sedang meluncur ke arah kita. ”

Sejarah akan mengutuk sejumlah petinggi, dimulai dari Presiden Trump. Amerika Serikat, sebagai kekuatan ekonomi terkemuka dunia, diposisikan secara unik untuk memimpin dunia menuju solusi iklim. Tapi sikap dia berbeda.

Bahkan, Trump sengaja memperburuk masalah dengan menarik diri dari kesepakatan iklim Paris dan secara aktif mendorong peningkatan pembakaran bahan bakar fosil, termasuk batubara.

Kutipan dari Washington Post - Despite what Trump and other ignoramuses might say, there is essentially no scientific disagreement about the fact that climate change is occurring or the fact that humankind is the cause.
Terlepas dari apa yang Trump dan orang orang bebal lainnya mungkin katakan, pada dasarnya tidak ada ketidaksepakatan ilmiah tentang fakta bahwa perubahan iklim sedang terjadi atau fakta bahwa manusia adalah penyebabnya.

Beberapa dekade dari sekarang, kita mungkin sudah melihat ini sebagai warisan terburuk pemerintahan Trump.

Presiden China Xi Jinping, tidak seperti Trump, memahami dan menerima konsensus ilmiah tentang perubahan iklim.
Tetapi di China, emisi gas rumah kaca terus melambung dan sekarang hampir dua kali lipat dari Amerika Serikat.

Karena di sisi berbeda, presiden Xi terus mengharapkan pertumbuhan ekonomi yang cepat dan sebagian di dorong denga pembangkit listrik tenaga batu bara yang baru.
Industri disana masih di topang oleh bahan bakar fosil dibanding pengunaan bahan bakar terbarukan.
Ekonomi menjadi penyebab pengunaan energi yang besar. Dan mengesampingkan sementara waktu tujuan yang baik.

Perdana Menteri India Narendra Modi juga dengan tajam meningkatkan emisi karbon bangsanya. Memiliki pembangkit sinar surya, tapi jauh dari kata cukup.
Uni Eropa telah melihat penurunan emisi di India tetapi hanya sedikit.
Walau di negara tersebut setiap tahun berselimut asap, akibat dampak industri dan kendaraan bermotor.

Setidaknya China, India dan Eropa diproyeksikan untuk memenuhi target emisi di awal mereka di bawah kesepakatan Paris.
Amerika Serikat tidak.


Data emisi CO2 tahun 2016 di setiap negara

Rank Country CO2 emissions (total)
1 China 9056.8MT
2 United States 4833.1MT
3 India 2076.8MT
4 Russian 1438.6MT
5 Japan 1147.1MT
6 Germany 731.6MT
7 South Korea 589.2MT
8 Islamic Republic of Iran 563.4MT
9 Canada 540.8MT
10 Saudi Arabia 527.2MT
11 Indonesia 454.9MT
12 Mexico 445.5MT
13 Brazil 416.7MT
14 South Africa 414.4MT
15 Australia 392.4MT
16 United Kingdom 371.1MT
17 Turkey 338.8MT
18 Italy 325.7MT
19 Poland 293.1MT
20 France 292.9MT




Negara penghasil emisi gas CO2 terbesar


Memerangi Perubahan Iklim, Melihat Hutan untuk Pohon
Ketika dunia berjuang untuk memerangi deforestasi, para ahli memperingatkan manfaat yang jauh lebih sedikit daripada yang kita pikirkan

Ketika kebanyakan orang menyulap hutan, mereka membayangkan jaringan pohon yang lebat, mahkota pohon sampai melengkung tinggi di atas, dengan bintik-bintik sinar matahari yang berkelip di antara dedaunan. Beberapa mungkin juga berpikir tentang kicau burung dan serangga, atau pemikiran dedaunan tebal di ruang bawah tanah, dedaunan daun atau jarum pinus di bawah kaki, atau jalan setapak yang tumbuh berkelok-kelok ke belukar.

Suatu area yang lebih besar dari 1,25 hektar, dihuni pohon-pohon dengan tinggi 5 meter lebih, 10 persen menjadi tutup kanopi.
Penelitian terbaru menunjukkan, tidak semua dapat diciptakan sama.

Dari perspektif iklim, hutan sangat penting karena dipenuhi dengan vegetasi, jamur, dan mikroorganisme yang menarik karbon dioksida dari udara dan menyimpannya. Meskipun seberapa banyak CO2 yang dapat mereka serap mungkin telah disebut terlalu tinggi, tidak ada keraguan dengan banyak hutan yang sehat dapat menyediakan teknologi rendah untuk membantu mengimbangi emisi gas rumah kaca dan memerangi perubahan iklim.

PBB mengakui nilai itu ketika meluncurkan program REDD +-nya, yang memberi uang ke negara-negara berkembang untuk melindungi hutan daripada menebangnya, tapi mengabadikan skema dalam Perjanjian Paris tentang perubahan iklim pada tahun 2015. Ini diikuti dengan Tantangan Bonn. , diluncurkan oleh Jerman dan Uni Internasional untuk Konservasi Alam pada tahun 2011, yang bertujuan untuk mengembalikan lebih dari 750 ribu km persegi tanah gundul dan terdegradasi di seluruh dunia pada tahun 2020 dan lebih dari dua kali lipat pada tahun 2030.

Pada bulan April, raksasa minyak Shell menjanjikan $ 300 juta untuk mengimbangi emisi karbon pelanggannya melalui proyek restorasi hutan di negara-negara seperti Belanda dan Spanyol.

Masalahnya: Beberapa ahli khawatir bahwa inisiatif ini bergantung pada definisi anemia hutan yang pada akhirnya menghasilkan manfaat yang jauh lebih sedikit daripada yang dibayangkan para penasihat.

Dalam komentar yang dipublikasikan di Nature pada bulan April, Simon Lewis, seorang profesor ilmu perubahan global di University College London, Charlotte Wheeler, peneliti hutan di Universitas Edinburgh, dan rekan penulis mereka mencatat bahwa hampir setengah dari area yang dijanjikan di bawah perjanjian Bonn. Tantangan sebenarnya adalah perkebunan yang direncanakan yang memelihara jenis pohon tunggal — biasanya untuk kayu atau tanaman pangan. Meskipun hal ini dapat meningkatkan penghitungan global "kawasan berhutan" di seluruh dunia, para peneliti menyarankan bahwa perkebunan seperti itu tidak akan membantu memenuhi tujuan lingkungan inisiatif.

"Meskipun ini dapat mendukung ekonomi lokal, perkebunan jauh lebih miskin dalam menyerap karbon daripada hutan alam, yang berkembang sedikit atau hutan yang tidak diganggu dari manusia," catat mereka. “Pemanenan dan pembukaan perkebunan secara teratur melepaskan CO2 yang disimpan kembali ke atmosfer setiap 10 hingga 20 tahun. Sebaliknya, hutan alam akan terus menyerap karbon selama beberapa dekade. ”

Dan ini bukan hanya karbon. Hutan yang sehat dan dewasa mendukung berbagai bentuk kehidupan, memberi dan mengambil nutrisi, habitat, dan naungan. Mereka menangkap, menyimpan, dan menyaring air. Mereka meningkatkan kualitas udara dengan menghilangkan polutan. Dan dampaknya meluas di luar perbatasan mereka; hutan yang berfungsi mencegah lahan dari degradasi dan membuatnya produktif, dapat mengurangi risiko banjir di dataran rendah, dan menyediakan sumber kayu, makanan, obat-obatan, dan pekerjaan bagi masyarakat.

Bagi para ilmuwan seperti Lewis dan Wheeler, pertanyaannya apakah pembuat kebijakan dapat menyeimbangkan kepentingan dengan mendorong upaya konservasi dan reboisasi yang benar-benar terbaik dalam waktu sesingkat mungkin.

Gambaran hutan global saat ini beragam. Menurut sebuah surat yang diterbitkan tahun lalu di Nature, tutupan pohon secara keseluruhan meningkat sekitar 7 persen antara 1982 dan 2016, dengan kerugian di daerah tropis diimbangi manfaat di tempat lain.

Namun, jumlah total hutan di seluruh dunia juga turun sekitar 3 persen antara tahun 1990 dan 2015.
Pada tahun 2015, hanya 9 persen dari tanah bebas es ditutupi hutan primer .
22 persen lainnya terdiri dari hutan yang ditanam atau dikelola yang digunakan untuk kayu, pulp, atau keperluan lainnya.

IPCC menekankan bahwa penggundulan hutan, khususnya di daerah tropis, merupakan sumber utama emisi karbon dan menyimpulkan ini harus dihentikan untuk menjaga dunia dari pemanasan lebih dari 1,5 derajat Celcius.

Mendapatkan campuran yang tepat akan menjadi kunci, menurut para ahli yang menekankan upaya reboisasi dan penghijauan seharusnya tidak menggantikan pekerjaan untuk melindungi hutan yang ada.
Meskipun pohon menyedot karbon lebih cepat pada tahun-tahun awalnya, Lewis dan Wheeler mencatat bahwa hutan alam dewasa 40 kali lebih baik daripada perkebunan dalam menyimpan karbon dan enam kali lebih baik dari agroforestri (di mana tanaman dan pohon berguna ditanam bersama).

Ini penting karena upaya penanaman pohon dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan.
Sebuah studi terhadap empat negara berkembang yang beralih dari deforestasi bersih menjadi reboisasi bersih antara 1961 dan 2007 menemukan sebagian besar akhirnya mengimpor lebih banyak kayu dan produk pertanian dari luar negeri yang berpotensi mengarah pada dampak atau degradasi hutan di tempat lain.

Di China, rencana penghijauan nasional yang ambisius telah berhasil meningkatkan jumlah pohon. Tetapi hutan asli secara efektif dipindahkan menjadi pohon perkebunan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biological Conservation, dan penambahan spesies yang bukan asli dapat memiliki dampak jangka panjang dari sumber daya air negara.

“Prioritas nomor satu adalah melindungi apa yang kita miliki,” kata Marie Noelle Keijzer, salah satu pendiri dan CEO WeForest nirlaba yang berbasis di Belgia.
“Prioritas nomor dua adalah memulihkan, pohon membutuhkan waktu 10 tahun sampai signifikan, kemudian 30 tahun untuk benar-benar menyerap semua karbon yang dapat diserap, jadi anda tidak ingin membandingkan pohon baru dengan pohon alami yang ada atau hutan yang ada dengan semua keanekaragaman hayati dan semua yang ada di sana. ”

Selain mempertimbangkan bagaimana skema ini diterapkan, para ahli berpendapat bahwa upaya reboisasi mungkin paling tepat sasaran di wilayah tertentu di dunia.
Pohon tumbuh dan mengambil karbon lebih cepat di dekat khatulistiwa, misalnya, di tempat yang hangat dan lembab, dan tanah relatif murah dan tersedia.
Sebuah studi yang diterbitkan awal tahun ini di Science Advances menemukan bahwa lebih dari 3,3 juta mil persegi hutan hujan tropis yang hilang berada di wilayah Afrika, Asia Tenggara, dan Amerika dapat dipulihkan kembali.

Keijzer menyebut reboisasi tropis sebagai "buah yang tergantung rendah" karena dua alasan:
Pertama, karena benar-benar menciptakan nilai ekonomi untuk negara-negara yang paling membutuhkannya, jadi ini kesempatan untuk mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan ekstrem.
Kedua, dia menunjuk jika ingin menanam pohon di Belgia, misalnya, mungkin akan menghabiskan lebih dari 10 euro per pohon atau 15. Tetapi di daerah tropis hanya 0.5 euro.

Tetapi reboisasi tropis dapat membutuhkan penelitian yang signifikan sehingga proyek harus realistis tentang apa yang dapat mereka capai. “Ada sangat sedikit bagian dari daerah tropis di mana cukup keahlian dan pengetahuan untuk membawa kembali hutan asli dalam skala besar,” kata Andrew Marshall, kepala organisasi restorasi ekologi nirlaba Reforest Afrika.

Bagaimana tepatnya lahan hutan dipulihkan tergantung pada dua faktor utama: seperti apa saat ini dan apa tujuan akhir reboisasi.

Dalam kasus-kasus yang paling ekstrem, tanah itu bahkan mungkin tidak dapat menampung kehidupan, walau Keijzer mengatakan dia tidak pernah menemukan tempat yang tidak dapat dipulihkan.

Di seberang Gurun Sahel di Afrika utara, petani berhasil menggunakan teknik regenerasi alami yang dikelola dengan hati-hati memelihara sisa-sisa akar pohon tua di bawah tanah untuk menghidupkan pohon kembali.

Afforestt, sebuah perusahaan berbasis di India beroperasi secara global, telah mengembangkan formula tanah buatan yang melibatkan pembuatan kompos 'teh' yang diisi dengan mikroorganisme.

Dan di tempat lain, teknologi yang lebih maju berperan.
Pohon bakau di Myanmar telah ditanam menggunakan drone yang dirancang startup Dendra Systems berbasis di Inggris (sebelumnya dikenal sebagai Rekayasa Biokarbon) untuk menembakkan benih langsung ke ladang.

Pendiri Afforestt Shubhendu Sharma melihat nilai dalam keragaman pendekatan ini: “Ada 100 cara untuk mengembalikan hutan yang hilang,” katanya. "Seperti agama, ada satu dewa dengan jalan yang berbeda untuk mencapai itu."

Para ahli sepakat bahwa tujuan utamanya adalah membuat hutan lestari dalam jangka panjang, yang berarti mempertimbangkan kepentingan global, nasional, dan lokal.

Marshall menekankan reboisasi harus dilakukan bekerja sama dengan mereka yang terkena dampak langsung.
Setelah semua, biasanya alasan manusia menebang hutan atau hutan menjadi terdegradasi.

Jika orang perlu memberi makan keluarga mereka lebih penting, dibanding monyet di pohon tidak memiliki tempat untuk tidur malam itu," katanya.

Di tingkat lokal, kata Keijzer, menanam pohon saja tidak cukup. Ekonomi hutan harus dirancang untuk memberi manfaat bagi penduduk. Ini mungkin berarti membangun banyak kayu untuk penggunaan lokal, menanam spesies eksotis yang tumbuh lebih cepat dan bernilai lebih banyak uang di samping pohon asli, atau menciptakan cagar alam dengan pekerjaan pariwisata terkait.

Organisasi Keijzer, WeForest, sekarang bekerja dengan Organisasi Pangan dan Pertanian AS untuk menciptakan standar formal dalam restorasi bentang alam hutan, yang  mencakup pertimbangan seperti kehutanan dan mata pencaharian masyarakat lokal.

Melibatkan masyarakat dalam pekerjaan ini dapat memberikan lebih banyak dari manfaat material, menurut Andrew Heald, direktur teknis Konfederasi Industri Hutan, atau Confor, sebuah asosiasi industri kehutanan Inggris.
Skema reboisasi yang melibatkan komunitas lokal dapat membantu menghubungkan kembali orang-orang dengan alam, katanya, menggambarkan penanaman pohon sebagai “pernyataan optimisme nyata di masa depan tentang sesuatu.”

Terlepas dari bagaimana pendanaan internasional dan sumber daya lokal ditanggung, fokus yang jelas pada reboisasi pintar yang menyeimbangkan manfaat bagi manusia dan lingkungan yang lebih luas sangat penting karena masa depan hutan-hutan besar di seluruh dunia terlihat semakin suram.

Amazon Rainforest, menyerap sekitar 2,2 miliar ton CO2 per tahun, sekitar 5 persen dari seluruh emisi karbon global

Sekarang telah kehilangan 17 persen dari wilayahnya selama 50 tahun terakhir karena perambahan hutan.

Komentar tentang solusi iklim berbasis alam yang diterbitkan pada bulan Juni di Nature Climate Change memperingatkan bahwa setengah dari spesies pohon Lembah Amazon akan hilang pada tahun 2050 karena kombinasi beberapa faktor dari perubahan iklim dan deforestasi untuk penggembalaan ternak, pertanian kedelai, dan kayu.
Itupun tidak memperhitungkan hampir 5 juta hektar yang terbakar musim panas 2019

Palmieri optimis, menunjukkan bahwa ada proyek restorasi yang berhasil di Amazon, baik proyek nasional yang memprioritaskan agroforestri dan yang didanai internasional yang berupaya memulihkan keanekaragaman hayati. “Apa yang baik adalah kita memiliki banyak kekhawatiran sekarang.
Kami juga memiliki banyak teknologi. Anda tahu cara memulihkan daerah itu, Anda memiliki banyak bantuan untuk melakukannya, ”katanya. "Saya pikir seluruh planet melihat."

Jika pemanasan global akhirnya harus mencapai tingkat 2 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri di akhir abad ini.
Peningkatan itu dianggap para ilmuwan sangat mengkhawatirkan, walau sekarang seharusnya dapat diperbaiki secepatnya- seperti emisi karbon di seluruh dunia harus diturunkan dengan cepat. Dalam arti mulai menghilangkan penghasil gas karbon.

Namun emisi tahun 2018 saja sudah mencapai rekor tertinggi sepanjang masa.

Sebuah buletin pekan lalu dari Organisasi Meteorologi Dunia, dari badan WMO AS, melaporkan bahwa konsentrasi karbon dioksida yang memerangkap panas di atmosfer telah meningkat sebesar 147 persen sejak era Revolusi Industri.

Dengan memeriksa tingkat berbagai isotop karbon di udara, para ilmuwan WMO mampu menunjukkan bahwa karbon tambahan di atmofer adalah jenis yang dipancarkan dari batubara dan bahan bakar fosil lainnya. Artinya ada pembakaran yang dilakukan manusia.
Dengan kata lain, kita sudah menemukan dan berdiri di atas korban dengan bukti di tangan kita.

Pada konferensi tingkat tinggi Iklim Madrid - di mana Ketua Nancy Pelosi (D-Calif.) menjadi peserta tertinggi dari AS - para pemimpin yang berkumpul akan mendengar bahwa penilaian sebelumnya terhadap bencana perubahan iklim terlalu sedikit.

Pemanasan global yang terjadi sebenarnya lebih cepat dari yang diperkirakan, dengan konsekuensi sangat dramatis daripada yang dibayangkan sebelumnya.

Gletser mencair. Laut meningkat. Pola cuaca telah bergeser dengan cara yang tidak terduga, membuat hujan di permukaan bumi tidak dapat diandalkan, badai supercharged (badai lebih kuat sering muncul) dan mengekspos daerah yang dulu beriklim sejuk seperti Eropa Utara harus mendapatkan gelombang panas mematikan.

Bumi sangat besar, sementara kita sangat kecil. Mungkin sulit membayangkan bahwa kita sudah melakukan masalah terbesar pada lingkungan planet ini.

Atmofer bumi dari ruang angkasa

Lihat saja foto-foto planet yang diambil para astronot di stasiun ruang angkasa. Dan perhatikan betapa tipisnya foto yang dibuat dengan atmosfer Bumi ini.

Nitrogen - 78 persen
Oksigen - 21 persen
Argon - 0,93 persen
Karbon dioksida - 0,04 persen
Sebagian lainnya neon, helium, metana, kripton, dan hidrogen, serta uap air

Atmosfer adalah bagian keseluruhan gas di planet Bumi. Gas karbon dioksida yang hanya 0,04% dengan konsentrasi terlihat sangat kecil.
Tetapi sedikit saja terjadi peningkatan, dampaknya sangat luas. Gas CO2 dan gas Metana memiliki sifat menyerap panas, sehingga membentuk efek rumah kaca dan membuat bumi lebih hangat.

Udara yang kita hirup meluas ke atas hanya sekitar 16km dari permukaan Bumi. Ketinggian tersebut hanya sejauh perjalanan sebuah kendaraan setiap hari.

Masalah skala itu adalah satu penghambat untuk memperbaiki iklim yang sangat kita butuhkan. Masalah lebih besar adalah masalah waktu. Bisa lebih cepat atau hanya memperlambat.
Dampak lingkungan dengan perubahan iklim sejauh ini hanya tontonan di media sampai jurnal sain.

Manusia yang hidup saat ini masih dapat bertahan. Lalu bagaimana dengan anak-anak yang akan merasakannya, dan cucu-cucu akan menderita dari cara yang bisa kita pahami hari ini tapi tidak melakukan apapun.

Generasi masa depan akan menjadi bingung dan marah terhadap leluhur mereka.
Mereka akan melihat dari catatan sejarah bahwa manusia hari ini tahu apa yang terjadi, tahu cara menangani, atau setidaknya memperlambatnya.
Tetapi upaya yang dilakukan tidak cukup, bahkan kita hampir tidak melakukan apa-apa untuk mereka.

Artikel Lain

Perusahaan Coca-cola terbesar, dan nama Indonesia masuk nomor 1 penghasil sampah plastik global. Berapa banyak sampah plastik digunakan manusia. 44,8% digunakan untuk kemasan, termasuk botol minuman dan tas plastik. Penyumbang sampah plastik ada di layanan pemesanan makanan online.

Tahun 2022 kecelakaan fatal melibatkan sepeda listrik atau eBike meningkat. 2024 Belanda menyiapkan pemeriksaan kendaraan di jalan. Memeriksa berbagai jenis kendaraan listrik ilegal. Bila di uji ternyata melewati batas 25km akan di denda sampai penyitaan.

Apa yang pilih agar rumah lebih sejuk. Gunakan atap dengan warna putih. Lebih efisien memantulkan panas dari cahaya matahari, bahan cat penolak panas matahari mulai dikembangkan. Tapi tidak salah bila mengunakan warna hijau atau mengunakan tanaman di atap rumah

Perusahaan minyak mulai bermain untuk mempromosikan bahan bakar minyak itu baik. Dulu para peneliti yang membuat sanggahan. Sekarang influencer dan game mulai dimasuki marketing buruk dari perusahaan minyak.

Jakarta 10 11 12 Agustus tingkat 199+. Masuk kota nomor 4 paling berpolusi. Dibawah Ghana, Dubai dan Qatar. Sementara menduduki kota dengan tingkat polusi ke 11 pada 22 April 2021. Tingkat polusi tercatat dari Aqicn pada hari Jumat konstan naik di garis merah dengan nilai teratas 182 untuk PM2.5.

Ketika energi terbarukan dengan panel surya digunakan, dan pemerintah memberi insetif. Warga mulai memasang solar cell di rumah, karena lebih hemat biaya listrik. Tetapi hampir 20 tahun, panel surya yang usang harus diganti. Kemana sampah energi hijau tersebut pergi.

Kota Los Angeles sekarang melapisi jalan dengan cat abu abu atau disebut CoolSeal. Menjaga trotoar dan jalan lebih dingin. Perubahaan iklim menjadi fakta kehidupan di kota seluruh dunia. Satu kota lagi di uji coba tahun 2021 yang terkenal panas, menurunkan panas jalan sampai 5 d.C.

Olahraga berjalan dapat menurunkan berat badan. Tidak perlu menjadi seorang atletis, tapi bertahap. Tidak instan, butuh waktu beberapa tahun untuk mencapai. 20 menit saja sudah berdampak pada tubuh kita.

2 ahli mengatakan mengurangi mengunakan sabun setiap hari. Banyak yang hilang dari tubuh akibat sabun. Sabun adalah penemuan ajaib yang berfungsi mengikat kotoran dan lemak, tetapi dampak samping membuat kulit kering dan menghilangkan bagian penting pada tubuh.

Peneliti mendapatkan formula cat yang memantulkan panas matahari. Membuat suhu di sekitar yang dilapisi cat dapat lebih dingin mengembalikan cahaya infra merah dan ultraviolet 95,5%. Cat untuk atap rumah, jalan akan lebih dingin, pemakaian AC yang mengunakan listrik besar dapat dihemat.

Seperti apa Bumi di tahun 2040. Tidak semua buruk, kita dapat melihat seperti apa yang terjadi di masa depan. Pengembangan teknologi, perubahan iklim bisa dikendalikan bila manusia ingin merubah.

Produsen kendaraan Ford menemukan teknik untuk membersihkan kendaraan dari pategen. Tahap awal masih di uji coba dengan pemanas di kabin kendaraan. Kedepan bisa saja digunakan untuk kendaraan taksi online sebagai satinasi dari sistem pemanas mesin mobil.

Manusia tidak selamanya tua. Setidaknya satu penelitian tentang variasi protein membagi antara 3 periode berbeda. Jadi manusia tidak terus tua sepanjang masa, dan mengalami degradasi terus menerus. Pertanyaannya kapan dan di usia berapa kita secara bertahap berubah, ini yang menarik.

Pabrik semen memerlukan pemanas, dimana campuran dipanaskan sampai 1400 derajat Celcius. Membuat emisi karbon nomor 3 dibanding emisi 2 negara terbesar penyumbang emisi karbon terbesar. Sekarang ada alternatif membuat semen lebih ramah lingkungan, tidak total menghilangkan emisi karbon. Beberapa inovasi teknologi sudah ditampilkan. Solusi lain dari MIT dengan sinar matahari.

Bumi mendapatkan suhu dari matahari. Tanpa cahaya yang cukup, bumi akan membeku. Bagaimana suhu bumi menjadi ideal, setidaknya sementara. Tetapi mengapa Bumi semakin panas, apa penyebabnya penjelasan dalam sain yang mudah di mengerti.

Dahulu seseorang yang berpergian harus memesan tikat jauh hari. Hari ini tinggal tekan dan tiket akan muncul. Salah satu kecepatan teknologi ternyata membuat efek negatif dengan perasaan kesal. Sisi buruknya hampir terjadi di sebuah aktivitas masyarakat. Untuk itu dapat kita pelajari, mengapa orang menjadi tidak sabaran.

Pernah mendengar negara Bhutan yang menyandang negara minus gas carbon pertama di dunia. Mungkin upaya negara ini tidak pernah dilihat di siaran TV Indonesia. Mungkin kita sendiri tidak tahu dimana letak negara Bhutan. Mengapa negara ini tidak memiliki polusi dan disebut minus carbo

Sebuah desa kecil di India, dalam 20 tahun terakhir telah 350 orang meninggal. Sekitar 320 keluarga tinggal disana, dimana satu keluarga telah kehilangan satu orang keluarganya. Mengapa penduduk disana begitu banyak yang meninggal. Mereka menyebut ada setan, ilmu pengetahuan menyebut dampak pestisida.



Youtube Obengplus


Trend