Timelapse Mauna Kea Heavens 4 dari Sean Goebel foto indah galaksi di atas langit


   Digital | 30 November 2018

Mauna Kea adalah tempat dimana langit gelap menjadi tempat utama.

Dengan keuntungan tempat yang sangat gelap, di puncak sebuah gunung di Hawai tersebut berdiri salah satu teleskop pengamatan bintang.
Disebut teleskop Subaru ditempatkan di pulau besar Hawai.



Sean Goebel membuat video timelapse ke 4nya yang disebut Mauna Kea Heavens 4.
Kali ini tidak hanya malam hari tapi siang hari diabadikan dengan camera.

Mengunakan 3 model camera, dari Nikon, Canon dan Sony, lensa Rokinon, Sigma dan stablizer DJI Ronin. Salah satu target membuat foto ini untuk melihat garis galaksi yang selalu muncul diatas bumi.

Camera andalannya adalah Canon 7D mkII, mengunakan adaptor dengan lensa Nikon 1000mm. Mencapai fokus 35mm 1600mm.
Panjang zoom lensa membuat camera menjadi sensitif, bahkan dengan getaran kecil atau angin. Sean membuat sebuah stablizer lensa untuk mengamankan camera selama pengambilan gambar.

Foto dibawah ini diabadikan pada jarak 45km dari posisi teleskop. Dibutuhkan kecepatan 2 foto perdetik untuk mengabadikan pergerakan bulan naik sangat cepat dengan lensa super telezoom.

timelapse galaksi

Salah satu foto yang dibuat ketika teleskop besar disana sedang bekerja.

Cahaya sinar laser untuk menghasilkan efek optik adaptif. M<engunakan kekuatan 10-40 wat kekuatan laser natrium. Difokuskan ke arah atmofer sampai ketinggian 100km.

timelapse galaksi

Sean ikut mengabadikan cahaya laser ketika ditembakan oleh teleskop ke langit. Dan mendapatkan garis galaksi Bima Sakti dan cahaya laser.

Objek teleskop dengan optik adaptif digunakan untuk mengamati langit berbeda. Namun target yang menarik adalah pusat galaksi Bima Sakti kita. Diaman terdapat sebuah lubang hitam supermasif yang massanya mencapai jutaan kali dari massa matahari.

Dibawah ini hasil video Mauna Kea di Hawai


Artikel Lain

Hasil foto di protes klien, katanya hasil foto ada distorsi. Maksudnya belakang mengapa kabur, bahkan di posting ke Facebook. Kekesalan pelanggan berbalik, komunitas fotografer mengatakan fotonya bagus sekali, bahkan semua orang ingin seperti itu. Hasilnya malah layanan fotografer menjadi terkenal

Jika ingin belajar lebih ahli dengan software edit foto Adobe Lightroom CC dan Lightroom Mobile. Adobe membuat cara belajar editing foto dengan singkat dan jelas dalam durasi 60 detik. Rata rata video tutorial tersebut tidak akan membuang waktu anda. Tinggal menyiapkan software bagi pemula dan ikuti beberapa teknik yang diberikan



Foto selama 3 tahun menghasilkan sebuah video Justland II. Melewati 12 musim dibelakang rumah seorang fotografer di Denmark. Dia mengabadikan 3 tahun untuk melihat perubahan dari setiap musim, dan kembali ke musim yang sama tahun depan.

Seringkali kita menelusuri foto Instagram dari fotografer lain, dan bertanya-tanya, "Bagaimana mereka bisa mengambil gambar itu?". Foto yang tampak menggunakan sangat sedikit pencahayaan (strobo) buatan, dan jarang menggunakan pengubah pencahayaan dari tampilannya. Tekniknya sangat sederhana, tapi apakah anda berpikir seperti dia.

Fotografer Jerman Martin Heck membuat sebuah video pendek selama 6 menit dari hasil rekaman rekannya di observasi CMB. Video yang dibuat ini mengabungkan penampakan garis galaksi Bima Sakti bersama Aurora bersamaan. Karena salah satu tempat terdingin, dan sulit dijangkau, jarang manusia yang menentap disana

Astronom amatir mendapatkan foto langka ketika stasiun ruang angkasa lewat di depan bulan. Kesulitan mendapatkan stasiun ruang angkasa tepat lewat di depan bulan adalah kecepatan dan lokasi. Stasiun hanya tampak dalam waktu 0,3 detik, setelah itu lenyap dari bidang bulan.

Fotografer Morten Rustad membuat video timelapse dan resolusinya mencapai 8K. Gambar yang sangat tajam tentang video pemandangan alam dengan Amerika Selatan. Tujuannya liburan setahun untuk video timelapse. Setidaknya film yang dibuat meliputi 7 negara. Paling menakjubkan bentuk galaksi yang seharusnya terlihat diatas kita.Sayang dia belum mampir ke Indonesia.



Bayangkan bila ada tim fotografer Indonesia bisa membuat video seperti ini. Mungkin akan menampilkan citra Indonesia lebih indah. Tapi yang ini dibuat oleh tim fotografer dari Shanghai China. Tekniknya lengkap, hasil videonya sempurna.

Sebuah pulau di Atlantik utara menjadi tempat paling menakjubkan kalangan fotografer. Nick Kontostavlakis membuat video timelapse, dan diberi nama Whispering Iceland. Direkam mentok dengan resolusi 4K, dan camera Sony serta lensa premium Zeiss.

Sebuah video dengan judul Once Upon a Time in Cappadocia, mengunakan teknik Hyperlapse. Tapi kali beda. Rob Whitworth kembali memukai dengan produksi video Timelapsenya untuk Turkish Airlines. Mengunakan beraneka teknik dari pemandangan Turki.

Tim Uncaged mencoba mengabadikan galaksi Bima Sakti dengan teknik video Timelapse. Hasilnya sangat menarik, dan diambil pada bulan Agustus 2016 lalu. Dimana beberapa anak sekolah dan sekitar 600 astronom berkumpul untuk mengabadikan hujan meteor Perseids.

Fotografer edan ini bernama Mike Olbinski, dia membuat video time lapse dimana badai sedang berlangsung. Awal videonya sih cuma awan saja, tapi lama kelamaan makin mengila. sampai di menit ke 79 detik mulai terlihat apa isi video yang dibuatnya. Yaitu Super Cell atau sumber dimana badai mulai terbentuk.

Video time lapse awan kumulonimbus di Jakarta terus memunculkan kilatan petir dibuat dalam bentuk video. Awan muncul di pagi hari, sekitar jam 1 pagi. Karena petir terlihat terus menerus, dicoba dibuat video timelapse. Hasilnya dalam durasi 25 menit di dapat beberapa foto kilatan petir yang menarik



Youtube Obengplus

Trend