Cooler Cryorig M.2 heatpipe untuk storage chip SSD


   Hardware | 23 May 2018

Transisi teknologi storage chip seperti SSD. Terbaru adalah NV.Me atau dalam bentuk M.2

Chip storage dalam bentuk lempeng board dan di kemas praktis. Memiliki kecepatan 2x lebih cepat dibanding SSD dengan jalur SATA.

M.2 membutuhkan koneksi ke jalur PCIe langsung. Kecepatan tranfer rata rata diatas 1GB/s dibanding SSD mencapai 500MB/s.


Kendalanya, ketika chip bekerja akan terjadi panas. Ditambah lingkungan dari chip di sekitar board seperti CPU dan VGA akan meningkatkan panas dari chip M.2
Ketika chip M.2 storage bekerja dan terjadi overheating, kecepatan tranfer akan drop signifikan.

Beberapa produsen telah mengemas dengan bundle cooler seperti heatsink pasif.

Cryorg menawarkan disain cooler tapi tidak berbentuk lempeng aluminium. Menambahkan satu heatpipe untuk mentranfer panas dari chip dan di dinginkan pada radiator di bagian atas.

Disain Cryorg M.2 adalah tipe heatsink pasif, tidak memerlukan fan.

Teknologi canggih masih menjadi kendala adalah panas. Chip yang kepanasan akhirnya memperlambat kinerja. Dan dibutuhkan pendingin khusus.

Sistem pendingin dapat menahan panas sampai TDP 12W. Dibanding konvensional SSD kurang dari TDP 6W karena ditutup dengan case sendiri. PCIe umumnya menunjukan suhu lebih tinggi ditambah suhu ekstrem di dalam case computer.

Cooler Cryorig M.2 heatpipe untuk storage chip SSD

Artikel Lain

Pendingin SSD ini mengunakan fan aktif. Memiliki tinggi 7 cm menutup bagian bawah SSD untuk bekerja lebih dingin. Pendingin SSD JuiShark 4 dibuat 3 model, hitam, silver dengan fan RGB, atau model standar. Bentuk JuiShark M.2 terlihat tlebih kompak, dapat digunakan untuk SSD ukuran 2280.

Xiaomi kembangkan Loop LiquidCool pendingin CPU smartphone dengan sistem pasif cairan. Mempertahankan suhu CPU bekerja lebih rendah 8 deg.C dari lain. Prinsip kerja meniru pendingin di dunia penerbangan. Mengabungkan evaporator, kondensor dan ruang pengisian.

Cooler Master MasterAir MA620M heatsink dengan 6 heatpipe, disain untuk modder PC. Pendingin procesor Intel atau AMD, lampu RGB, dan single fan saja. Heatsink dirancang lebih tengah dan bodi tertutup case cooler yang menjadi bagian lampu. Berat heatsink sendiri mencapai 1,6kg

Bila seorang gamer dan profesional editing akan galau melihat 2 produk ini. Mengambil kendaraan listrik Tesla 3 atau sebuah computer untuk dirumah. Spesifikasi hardware computer high end ini memang tidak tanggung, bahkan komponen sudah di overclock untuk meningkatkan performa.

Cougar Panzer EVO RGB tampil dengan warna warni lampu. Menambahan pada disain fan Vortex RGB, dan panel IO untuk controller fan dan tempat USB port. Panjang VGA dapat dipasang sampai 390mm, dan 2x 3,5 inci harddisk serta 5 2,5 inci storage SSD atau Harddisk

Corsair Hydro H60 hanya memerlukan tempat 120mm fan, ukuran radiator seperti ukuran fan 120mm. Tidak berisik, dilengkapi lampu LED pada bagian waterblock CPU. Harganya sama seperti cooler heatsink premium. Update video

Cougar Glass Clad Panzer-G case mid tower mengunakan panel kaca transparan. Selain sisi depan, dari samping terdapat jendela case transparan untuk melihat komponen. 6 storage, VGA maksimum 40cm, dan radiator watercooler dapat masuk di dalamnya.

Gelid Phantom cooler untuk procesor dengan disain tower. Mengunakan heatpipe besar di beberapa bagian dengan ukuran 8mm. Total 7 heatpipe untuk menghantar panas procesor ke bagian sirip pendingin. 5 heatpipe terhubung bagian kontak di bagian tembaga ke bagian kepala procesor

Case computer desktop Cougar Conquer  dirancang dengan sistem cooler fan atau watercooler.  Mengunakan bahan aluminium, bagian dinding case dapat dilepas, termasuk komponen  untuk hardware.

Corsair tampilkan fan untuk builder computer. Mengunakan teknologi Maglev atau Magnetic Levitation fan. Memiliki ukuran fan 120mm dan 140mm. Keunggulan fan ada di teknologi performa fan tapi rendah noise.



Youtube Obengplus


Trend