Powerbank Nissan xStorage baterai mobil listrik bekas menjadi baterai listrik di rumah


Green | 4 April 2018

Baterai bekas mobil listrk masih memiliki kapasitas penyimpan sampaia 75%

Produsen mobil listrik Nissan menawarkan ide cemerlang dalam pengantian komponen baterai mobil listrik lama.

Baterai lama yang mulai lemah di daur ulang menjadi power bank di rumah.

Ide yang sama dengan Powerwall Tesla, sebuah kotak besar berisi baterai. Untuk menyimpan energi dari panel surya dan turbin angin di siang hari.
Dari energi yang disimpan di dalam baterai, dapat digunakan untuk malam hari oleh pemilik rumah.
Memberi solusi keseimbangan kebutuhan energi listrik.

Nissan menawarkan 2 produk power bank untuk menyimpan listrik.
Satu model mengunakan baterai lithium baru. Model lain dinamakan Second Life, mengunakan baterai dari kendaraan mobil listrik Leaf bekas.

Mengapa Nissan mau mendaur ulang baterai menjadi baterai power bank.

Ketika baterai kendaraan mulai lemah, kapasitasnya akan menyediakan power sampai 75% saja. Bagi penguna mobil listrik, melemahnya baterai akan memperpendek jarak tempuh. Tetapi baterai dengan kapasitas 75% masih dapat dimanfaatkan.
Karena pengisian baterai untuk rumah belum tentu membutuhkan kapasitas 100%, sehingga masih mencukupi untuk di charger dengan kapasitas baterai 75% saja.

Ide xStorage tersebut menjadi menarik, dan Nissan telah bermitra dengan perusahaan Eaton yang berpengalaman dengan sistem listrik.

Kapasitas baterai baru untuk xStorage menyediakan listrik sampai 9,6kWh, dijual $5.950.
Bila mengunakan baterai yang sudah digunakan tapi masih baik dapat memberikan power 6kWh


Dengan baterai bekas, dapat menyimpan power sampai 4,2kWh lebih murah $3.700.

Harga baterai

Atau versi stackable untuk gedung komersil.


Nissan xStorage baterai mobil listrik bekas menjadi baterai listrik di rumah

+ Nissan UK

Artikel Lain

Penurunan panel surya sampai 25%, perkotaan 15%. Peneliti NREL melakukan uji coba agar memberikan masukan industri faktor X. Ketika panel surya terpasang, debu yang tidak dapat diperhitungan dengan pasti. Terlalu sering dibersihkan akan memakan biaya, tidak dibersihkan dapat menurunkan panel memberi listrik.

Bluetti EP7600 memiliki kapasitas baterai 19,8kWh dengan 4 baterai modular. Pengalihan ketika listrik padam hanya 10ms, membuat perangkat rumah tidak terganggu dengan jedah waktu sangat singkat. Sistem power backup dapat memindahkan listrik ke sistem baterai.



Power Station EcoFlow Delta Pro Ultra dapat dipasang sampai 5 tumpuk baterai. Baterai dapat di isi dari listrik AC dan panel surya. Dengan Smart Home Panel 2 ketika listrik padam, sistem panel akan memindahkan arus dari baterai.

Tesla memiliki baterai Powerwall. Teknologi baterai backup untuk sistem listrik di rumah, menyimpan energi ke baterai dari panel surya. Tetapi September 2022, Tesla tidak menjual baterai Powerwall dalam unit. Harus beli satu paket, masalahnya masih kekurangan chip.

Bila suatu hari memiliki kendaraan mobil listrik, jangan khawatir dengan baterai. Data yang diambil dari kapasitas baterai mobil listrik 4 tahun lalu, masih mencapai 88%. Bahkan produsen membuat kapasitas baterai tidak sampai 100% penuh, untuk menjaga kondisi baterai tetap baik dan umur panjang. Apa yang menarik dari data kendaraan listrik.

Bila mampir ke kota Shenzhen. Mungkin tidak banyak suara bis yang terdengar, bahkan ada permintaan bis dipasang suara agar penumpang tahu bis sudah datang. Pemerintah kota telah menganti semua biskota dengan power listrik di tahun 2018. Kota telah berbenah jauh hari sebelum menjadi pusat bisnis global

Baterai NantEnergy dengan bahan seng atau zinc mamberikan media penyimpan baterai di  beberapa desa di Asia dan Afrika. Termasuk digunakan untuk menara ponsel di Amerika dalam 6 tahun terakhir. Biayanya hanya $100 per kWh untuk baterai solar cell atau panel surya. Harga tersebut sudah cukup rendah untuk mengubah energi listrik dapat disimpan



Philip sebagai produsen lampu ternama memiliki model Deco. Lampu untuk dekorasi dari disain vintage atau seperti lampu pijar tapi hemat energi dengan LED. Yang baru Philips Deco ini memiliki ukuran sebesar kepala kita.

Mercedez Benz Energy penyimpan energi dari baterai buatan Mercedez dengan kapasitas 2,5kWh dan dapat dipasang modular sampai 20kWh. Baterai untuk solar cell dan turbin angin, energi listrik akan disimpan ketika tidak dipakai

Philips memiliki lampu LED Scene Switch, lampu yang dapat berubah kecerahannya dari 9W, 3,5W dan 1,5W. Pengunaan lampu ini lebih hemat power, dan dapat digunakan untuk beberapa keperluan. Lampu Scene Switch bukan lampu pintar seperti di kontrol dengan smartphone. Hanya mengunakan sistem manual untuk merubah kecerahan cahaya lampu

Fayez al-Hindi seorang warga Palestina menciptakan alat penyulingan air bertenaga surya, dan menghasilkan air sehat yang dapat di minum. Fayez bisa membantu warga disekitar agar mereka bisa membuat air minum sendiri dengan bantuan cahaya matahari.

Sebuah produsen panel surya atau solar cell membuat rancangan unik, dengan panel surya yang tidak perlu peralatan untuk pemasangan. Beamreach membuat modul panel surya untuk menghasilkan listrik yang dapat disambung

Apa yang terjadi di Bumi, bila seluruh manusia pergi meninggalkan. Apa yang tersisa dari sejarah manusia. Apakah Bumi akan hancur, atau kembali seperti peradaban ratusan ribu tahun lalu. Mungkin akan muncul spesies baru penganti manusia.



Youtube Obengplus

Trend