Internet Speed Meter Android cara mengetahui kecepatan internet yang berjalan


   Software | 1 January 2018

Cara mengetahu kecepatan internet

Mereka yang suka mendownload atau upload dari internet mengunakan smartphone Android.

Tentu ingin mengetahui seberapa cepat kecepatan internet yang sedang berjalan.



Setidaknya mengetahui koneksi internet memang baik dan stabil. Atau malah naik turun karena beban trafik internet sedang tinggi.

Bagaimana kita mengetahui kecepatan internet yang sedang berjalan, apakah smartphone Android sedang mendownload / upload cukup cepat.



Smartphone Android hanya menampilkan tanda di koneksi WIFI atau icon jaringan. Seperti aktivitas tanda panah yang naik dan turun atas aktivitas trafik internet dan data.

Tapi tidak memberikan informasi seberapa cepat internet bekerja, dan berapa kecepatan internet dalam angka sebenarnya misalnya kB atau mB. Kecuali kita mengunakan aplikasi seperti download manager, yang dilengkapi informasi kecepatan download.

Atau ingin mengetahui kecepatan upload, ketika membackup data ke cloud.

Beberapa aplikasi dibawah ini dapat memberikan informasi seberapa cepat kecepatan download dan upload dari smartphone.

Angka kecepatan download dan upload di layar smartphone dapat ditampilkan. Serta aplikasi yang menampilkan informasi dalam grafik kecepatan internet.

ke 4 aplikasi dibawah ini tanpa Nag Ad, tanpa mengambil data yang tidak perlu seperti Permission nakal lain. Hanya aplikasi yang menyediakan informasi kecepatan trafik internet di smartphone Android.


Internet Speed Meter Lite

Ukuran 960KB
Menyediakan icon kecil diatas layar smartphone, untuk kecepatan download dan upload internet dan network.
Ditambah fitur merekam data harian pemakaian trafik data.
Tetapi versi Internet Speed Lite tidak menampilkan gambar grafik. Informasi paling berguna ketika kita ingin mengetahui, apakah smartphone sedang terhubung ke jaringan LAN WIFI maupun internet.
Versi Internet Speed (Non Lite) yang memberikan tambahan dalam bentuk grafik.
Fitur merekam trafik data harian mungkin kurang bermanfaat, bila kita hanya ingin melihat kecepatan saja.

Internet Speed Monitor

862KB

Menampilkan icon dan grafik.
Terma

suk data upload dan download, serta memonitor total pemakaian trafik internet / data dalam harian dan bulanan.
Aplikasi Internet Speed Monitor dapat di Exit bila tidak diperlukan.

Network Speed

36kb

Aplikasi paling kecil.
Memberikan informasi dalam bentuk grafik yang sederhana. Tapi tidak memiliki icon di atas task bar Android.
Cocok untuk kita yang membutuhkan data kecepatan internet yang sedang berjalan. Dengan melihat grafik yang ditampilkan dari aplikasi.
Sejak tahun 2012, aplikasi Network Speed tidak diperbaharui dan sudah keluar dari daftar.

Netwidth

243KB



Mengunakan RAM kecil, dan tidak mengumpulkan data pemakaian internet.
Aplikasi ini nyaris terselip dan tidak terlihat, sehingga tidak banyak yang mengunakan.
Hanya angka yang menunjukan kecepatan download dan upload dari smartphone Android.
Pada layar, icon angka dapat digeser, dikecilkan atau diperbesar.
Fungsi sederhana walau minus fitur lain seperti grafik. Dan penempatan icon tidak dapat di garis Task Bar Android.

Glasswire Data Usage Monitor
Aplikasi memeriksa kecepatan ini diluar dari 4 diatas. Karena memerlukan space 2,5MB dan berbayar untuk item yang dibutuhkan.
Memerlukan Device ID dan Call Information Permission. Bagi yang ingin mengetahui berapa trafik internet yang digunakan setiap aplikasi, termasuk pemakaian internet harian dan bulanan. Terlihat Glasswire lebih tepat.
Tapi untuk penguna yang ingin melihat kecepatan internet saja, terlihat Glasswire dan aplikasi dengan fitur sejenis terlalu lengkap.

Dibawah ini tampilan 4 aplikasi yang dicoba untuk mengetahui kecepatan trafik internet.



Network Monitor Mini
Disain indikator Network Monitor Mini Pro lebih menarik. Angka kecepatan dapat di kecil atau di perbesar.
Peletakan dapat ditempatkan di mana saja di bagian layar.
Tapi yang menarik pada angka yang benar benar dapat dikecilkan agar tidak menganggu layar.
Tambahan background pada angka kecepatan dapat memblok gambar di petunjuk kecepatan aplikasi Network Monitor Mini Pro terlihat lebih jelas.

Network Monitor Mini memiliki 2 versi, satu gratis tapi terpasang tayangan ads, dan versi berbayar.
Ukuran file hanya 1,9MB.

Mengetahui kecepatan download upload internet di smartphone Android

Artikel Lain

Cloudflare DNS 1.1.1.1 Android dan iPhone aplikasi bersamaan tanggal 11-11. DNS Google 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Quad9 cepat tapi tidak memiliki pengaman. OpenDNS dengan DNS khusus. Alternative DNS di Indonesia posisi kedua tercepat, tanpa pengaman. DNS Changer memindahkan DNS dan tes

Google akan membuka paket internet sampai 8Gbps. Menjadi layanan tercepat disana, mengalahkan paket internet provider lain. Paket lain 5G atau 5Gbps, dan semua perangkat disediakan termasuk instalasi dari teknisi profesional. Karena pesaing provider lain meningkat ke paket internet Gigabit



Browser Internet Explorer pernah mendominasi browser tertinggi sampai 95%. Microsoft hentikan IE sejak tampil hampir 27 tahun lalu. IE digantikan Edge berbasis Chromium seperti pengembangan Chrome Google.

Intel Graphic Driver  27.20.100.9316 Maret 2021. Perbaikian driver yang bikin CRASH. Tidak lagi di pisahkan antara driver OEM dan versi download. Perbaikan Handbrake error di Iris Xe Max, dukungan Halo3 ODST dan PES 2021

Tik Tok nomor 1 paling banyak di download. Disusul aplikasi dari Meta seperti Instagram, Facebook dan Whatsapp. Telegram paling besar di install dalam 2022. Yang baru aplikasi Ai, apakah dapat mengambil posisi 100 besar di install smartphone.

AutomateIt dan MacroDroid Tool untuk menugaskan smartphone Android. Diaktifkan dengan waktu, SMS, kondisi baterai, bluetooth, jack audio, lokasi, WIFI, koneksi data, panggilan telepon. Kirim SMS , smartphone bisa diperintah mengambil foto. Atau mengirim ke email. Mengirim lokasi smartphone dengan pesan SMS tertentu

Cara membatasi pemakaian kuota internet. Agar tidak melewati batas kuota, dan otomatis network / koneksi ke internet di nonaktifkan otomatis. Fungsinya agar smartphone dapat menentukan kapan batas kuota internet habis, dan smartphone memutuskan koneksi paket data.



Skyline - Live Wallpaper With Global 3D Terrain. Wallpaper di depan layar Android ini seperti langsung menampilkan posisi keberadaan pemilik smartphone. Menampilkan peta kontur 3D melalui gambar MapBox

Aplikasi Imo Messenger Android telah di download setengah miliar kali di Play Store. Ada yang menarik dari aplikasi ini. Permission yang dibutuhkan juga tidak banyak dan realtif umum. Hanya 6MB saja, stiker dan grup. Indonesia sudah rangking 10

Selfissimo Android adalah aplikasi foto selfie. Yang ini aplikasi camera dari Google. Selfissimo sebuah aplikasi eksperiman dengan teknologi penelitian. Akan mengambil foto otomatis setiap kali anda berpose di depan smartphone.

Aplikasai Haven seperti aplikasi mata mata. Memanfaatkan smartphone menjadi perangkat security. Mendeteksi dari getaran, suara, cahaya, dan aktif untuk merekam mengambil gambar bila sensor aktif. Target penguna adalah ancaman terhadap jurnalis, bagi masyarakat dapat mengamankan ruangan atau tempat kantor.

Apakah VoLTE mengunakan jalur 4G LTE untuk panggilan telepon dan mengaktifkan VoLTE pada smartphone. Suara telepon VoLTE tidak menurun kualitasnya dibanding panggilan dengan 3G atau 2G. Bahkan dengan panggilan melalui jaringan VoLTE hanya membutuhkan 4 detik. Dibutuhkan perangkat yang mendukung jaringan VoLTE.

Droid Over Wifi Pro untuk tranfer download dan upload file dari smartphone Android ke computer via browser. Versi gratis dapat di install untuk OS Android 2,3+, sedangkan versi Pro hanya OS Android 4.0. Yang menarik dari aplikasi ini dapat melihat ukuran file



Youtube Obengplus

Trend