Malware Loapi Android hati hati dapat merusak smartphone


   Security | 17 December 2017

Malware Loapi  tampil sebagai iklan, dan mengarahkan trafik web. Lalu meluncurkan serangan DDOS dengan memanfaatkan smartphone Android, mengirim SMS, mendownload aplikasi lain. Sampai dimanfaatkana menjadi mesin penambang.

Karena malware Loapi mengunakaan banyak sumber daya di smartphone. Membuat smartphone mengalamai overheating, bila sistem smartphone gagal meredam beban dari malware bisa saja baterai menjadi sangat panas dan merusak smartphone.

Penjahat dibelakang malware Loapi menyebarkan aplikasinya melalui iklan online. Dan menyusup di dalam aplikasi seperti app Porn atau antivirus gratis.
Ketika di click, smartphone akan mendownload malware berbahaya.

Agar terhindar dari serangan malware Loapi. Kuncu smarphone dari Unknown sources dapat di off, agar smartphone tidak menginstall aplikasi langsung. Dan gunakan antivirus yang di download resmi di Google Play.



Penyebaran malware Android Loapi, sengaja dibuat dengan aplikasi berbeda-beda. Dari aplikasi palsu dengan nama AVG, Psafe, DFNDR, KasperskyLabs, Norton, Avira, Dr.Web, CM Security dan lusinan aplikasi lain berbau konten dewasa. Tentu saja aplikasi yang ditawarkan dari iklan pembuat malware Loapi adalah aplikasi palsu.

Bagaimana bila menginstall aplikasi tersebut.

Aplikasi akan meminta otoritas permisi, sama seperti aplikasi antivirus yang meminta ijin untuk menghapus malware atau trojan di smartphone secara langsung untuk mengamankan data.
Bila penguna menyetujui, aplikasi malware Loapi akan mendownload aplikasi lain yang berbahaya serta mengunci layar smartphone.

Kaspersky tidak menjelaskan penemuan, bagaimana smartphone yang mendownload aplikasi palsu seperti icon yang disamarkan dibawah ini.
Bila aplikasi dibiarkan. Setidaknya dalam 2 hari smartphone terlihat bagian cover mengalami kerusakan, akibat overheating dari beban aplikasi malware dan baterai yang kepanasan mengembung..




+ Info securitylist

Artikel Lain

Security Akamai menyebut Malware KmsdBot mengincar perangkat IoT. Umum perangkat pintar seperti sistem IoT di rumah dikendalikan satu perangkat smart control. Perangkat tersebut dijadikan mesin Botnet Malware KmsdBot. Menanggulanginya mudah, karena yang di cari adalah Password.

Curigai bila folder Antivirus hilang. Malware Crackonosh menyusup di crack game populer. Di install 800 unit computer setiap hari, terlihat lambat tapi berhenti. Hati hati dengan crack game, computer dimanfaatkan untuk menambang Manero Kripto. Sulit di hapus karena menginfeksi file penting di Windows



Ada baiknya berhati hati membeli smartphone murah, bahkan harganya terlalu murah. Kadang jalur distribusi terdapat pelaku kejahatan yang memasukan malware. Karena dari distribusi smartphone sampai ke tanggan penguna dapat di install malware yang menguntungkan pihak tertentu.

Hati hati menganti Wallpaper smartphone dengan foto format tertentu dapat mengunci smartphone dan tidak dapat digunakan lagi. Tidak semua model terkena masalah, tapi beberapa penguna smartphone telah melaporkan smartphone bootloop. Gunakan format sRGB untuk wallpaper di smartphone lebih aman.

Aplikasi untuk memata-matai smartphone di tendang lagi oleh Google. Dapat memata-matai keberadaan lokasi teman, pacar, anak anak atau karyawan. Setelah mendapat laporan dari Avast yang menemukan 4 aplikasi untuk memata-matai smartphone. Aplikasi sangat mudah di install,.Di smartphone akan berjalan tersembunyi tanpa diketahui pemilik ponsel.

Windows 10 dengan procesor Skylake, Kaby Lake dan procesor terbaru. Microsoft Windows Update for Windows (KB4088875,  KB4088876, KB4088877). Mei 2018 Patch untuk Sandy Bridge sampai Coffee Lake procesor



Youtube Obengplus

Trend